Rabu, 05 November 2014

AKB48 38th Single: Kibouteki Refrain MV Review

Ceritanya akhir pekan kemaren temen aku ada yang nikah. Dan untuk pertama kalinya seumur hidup, aku ngerasain gimana jadi panitia pernikahan. Aye! Pas aku buka nyampe rumah dan buka lepi, uoh ternyata udah banyak banget yang terjadi di dunia 48/46 meskipun aku baru pergi meninggalkan koneksi internet selama beberapa puluh jam aja. Salah satunya adalah kehadiran MV ini, yang kayaknya dinanti banget sama segenap fans di seluruh penjuru dunia berhubung kehadiran graduated members sebagai cameo. Ayo kita mulai review-nya ~~


MV ini menggunakan wcenter, Mayu dan Sakura. Tapi pas ngeliat gambar di atas berasa kayak center-nya itu Sakura deh, karena dia yang pas ada di tengah-tengah formasi.


Sekelompok orang bertopeng mengejar beberapa member. Nggak sembarang member, karena yang dikejar itu adalah member yang pernah jadi center di single AKB. Konon konsep MV ini adalah tentang center relay itu. Diawali dengan Takamina yang ngebawa-bawa tas item, lalu tasnya dioper ke Acchan, lanjut ke Jurina, terus Paruru.




Paru yang udah kecapean gara-gara dikejar-kejar dibantu kabur sama Mariko. Di tengah jalan, ketemu sama Mayu-Tomochin-Yuko yang masing-masing dengan satu tas item untuk membingungkan para pengejar bertopeng. Tapi ujung-ujungnya malah mereka berempat yang dikejar-kejar. Mariko sama sekali nggak nyentuh tas itu dan cuma membantu pelarian member lainnya aja; beberapa fan berpendapat kalo center yang didapet dari Janken nggak pernah bener-bener dianggep.


Tiga dari empat tas yang beredar tentu aja isinya nggak sama kayak tas yang asli. Tas yang dipegang Yuko isinya lolipop, yang di Tomo isinya ular mainan, yang di Paru isinya apa gitu aku lupa, tapi jelas bukan barang yang dikejar-kejar sama orang-orang bertopeng itu. Oh ya, strategi yang dipake buat menghalangi para pengejar itu juga beda-beda, dan kayaknya sih sedikit diilhami dari kepribadian member yang bersangkutan juga.


Tas yang asli isinya tuh dua mik emas, dan ternyata dibawa sama Mayu. Pas sadar kalo dia mendadak dapet tanggung jawab yang besar, Mayu langsung keliatan gugup dan ketakutan. Apalagi para pengejar bertopeng udah mulai keliatan nyaris nyusul Mayu. Tapi tiba-tiba Sasshi dateng entah dari mana, dan langsung menawarkan diri buat bawain tas itu terlebih dulu.

Mungkin scene ini bisa dianggap kayak pas Mayu dikasih tanggung jawab sebagai center sepeninggal Acchan, tapi Mayu-nya sendiri sebenernya belum bener-bener siap. Jadi Sasshi-lah yang mengambil tanggung jawab itu untuk sementara, dengan cara memenangkan Sousenkyo 2013.



Sasshi cuma sempet bawa tas itu sebentar aja, karena para pengejar bertopeng keburu mengepung dia. Tapi Nyan dateng, dan tas itu dioper Sasshi ke dia. Dengan kata lain, ini bisa dianggap menggambarkan pergantian center dari KFC ke Heart Ereki. Tapi Nyan megang tas itu cuma sebentar doang, langsung dioper lagi ke Mayu yang keliatan udah lebih tenang dan siap untuk memikul tanggung jawab yang dateng bersama mik emas itu.


Sakura dateng dengan wajah keliatan ragu, tapi Mayu meyakinkan dia untuk bersama membawa mik emas itu. Selanjutnya, mereka perform di panggung dengan Mayu-Sakura sebagai center. 


Happy ending dong jadinya? Nggak juga tuh, tepat pas lagunya selesai orang-orang bertopeng itu muncul lagi dan kembali ngejar-ngejar para member. Tapi entah karena keberatan kostum apa, larinya member nggak super semangat kayak sebelumnya.


Sejak awal pas dibilang kalo ex-Kami 7 bakal jadi cameo di MV ini, sebagian besar fans kayaknya seneng banget dan berharap banyak tentang single ini. Walaupun ini win-win solution buat berbagai pihak, aku sebenernya nggak begitu seneng karena, eh, udah graduate mah ya graduate aja. Apalagi berhubung Yuko yang baru aja beberapa bulan yang lalu graduate, tapi nyatanya tetep aja nongol terus di berbagai hal terkait AKB--jadi berasa kayak dia nggak pernah bener-bener graduate. Selain itu, walaupun dibilang cameo nyatanya masing-masing dari mereka dapet screentime jauh lebih banyak dan peran yang jauh lebih berarti ketimbang sekitar 90% member yang jadi Senbatsu kali ini. 

Tentu aja ini berhubungan dengan konsep MV, money, sejarah, dan berbagai hal lain juga, tapi rasanya gimana gitu kalo Senbatsu-nya dibikin luar biasa banyak kayak gini tapi yang bener-bener berperan di storyline-nya kurang dari lima orang. Kasian deh buat banyak member yang udah seneng banget karena pertama kalinya jadi Senbatsu, eh taunya invisible di MV-nya. Emang ada versi live-nya juga sih, tapi rasanya dapet peran di storyline sama sekedar perform doang tentu aja nggak sama.


Storyline-nya lumayan, bikin bernostalgia sekaligus berpikir, tapi sama sekali tanpa twist atau kejutan apapun. Ngeliat preview atau full MV nggak begitu jauh bedanya, intinya mah cuma kejar-kejaran doang. Berpotensi buat bikin bosen kalo diliat berulang kali, kecuali kalo kamu cuma pingin ngeliat muka member doang. Poin positifnya, adegan kejar-kejaran ini bikin lagu yang udah upbeat kedengaran tambah menyenangkan.


Kostumnya dibedain, antara 16 member 'utama' dan 16 member lainnya. Jadi ceritanya dari 32 member Senbatsu ini ada 16 member yang nyanyi di bagian pertama lagu (yang aku sebut dengan member 'utama') dan 16 sisanya nyanyi di bagian kedua lagu. Member 'utama' dapet kostum yang lebih rumit, sementara 16 lainnya dapet kostum yang lebih sederhana. Tapi dua-duanya cukup bagus kok :)


Distribusi screentime-nya tentu aja nggak rata. Bisa dibilang cameo dan ex-center (selain Ucchi, tentu aja) dapet lebih banyak ketimbang member yang lainnya, frontgirls dan member itama dapet beberapa detik, frontgirls-nya member non-utama keliatan sedikit-sedikit, dan sisanya mungkin bakal keliatan sekelebat kalo kamu nyari dengan mata elang. Huhu.


Lagunya bagus, lumayan, dan menurut telinga beberapa fans lebih bagus dari semua yang dirilis AKB tahun ini. Chorus-nya juga gampang diinget, bahkan sampe nangkring di otak tanpa diizinkan :P


Ini adalah pertama kalinya Sakura jadi center untuk Senbatsu (bahkan di HKT-pun dia nggak pernah jadi center di title song, loh). Dibanding sama member-member veteran(?) di awal MV dia keliatan plain banget, tapi di versi live dia tampil jauh lebih baik. Cukup serasi buat jadi partner Mayu. Tapi sayang mata aku nggak bisa bener-bener ngeliat dia dengan baik, karena ternyata Jurina jadi himitsu center dan secara otomatis perhatian aku pun tembus langsung melewati Mayu dan Sakura. Ahoho~~


Secara umum MV ini lumayan. Nggak sangat bagus, tapi cukup, dan bener-bener membangkitkan kenangan lama. Tentu aja aku nggak akan muter ulang MV ini sering-sering (bosen, lagi) tapi lagunya punya kesempatan besar terus didengerin selama beberapa lama :D

Next project: review MV-nya NMB, Rashikunai dan Star ni--apalah itu, lagu Team BII aja pokoknya. Semoga bener-bener bisa diselesaikan, jangan kayak Akikaze no Answer-nya Flower deh (aku kehilangan mood jadinya batal nge-review MV itu deh). Nyum nyum :3

Jadi, gimana pendapatmu tentang MV ini?

8 komentar:

  1. hai tuttu chan.. menurut aku MV ini bagus banget storyline nya. karna emang pandangan orang beda2 ya jd pasti gak akan ada yg sehati ama kita *cielahapaansih*

    Emang ex-member menurutku pemeran utama dalam MV ini, tapi pasti manajemen AKB punya maksud tersendiri, kalo menurut aku manajemen ingin membuktikan pada fans bahwa ada center yg akan merepresentasikan AKB di masa depan setelah mayuyu, yaitu si sakura. dan cameo ex-member
    kan ada maksud tersendiri.

    yang benar2 jadi center AKB itu yg pakai baju putih, kalo hanya sebagai member populer tapi memiliki arti penting bagi AKB pake baju abu2 atau warna lain (mariko). jadi bisa diartikan bahwa Mariko dan Tomochin memiliki arti penting bagi AKB dan Sakura aja pake baju putih tapi ditutupi jaket, yang menandakan bahwa sakura akan dijadikan center oleh manajemen.

    menurutku sih itu tuttu chan,, aku pengen denger tanggapan yg lain yaa, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai juga! ^^

      Sekilas pandang sih MV ini bahkan sama sekali nggak keliatan kayak punya storyline, cuma orang yang dikejar-kejar (dengan para pengejar yang nggak jelas dari mana datengnya) dengan bawa tas yang entah berasal dari mana dan entah kenapa diincar sama para pengejar. Bingung ya bacanya? Hehe. Intinya sih menurut aku storyline MV ini antara ada dan tiada, cuma bakal keliatan kalo kamu fan yang ngerti maksud-maksud tersiratnya--tapi kalo kamu nggak tau maknanya jadi keliatan rada absurd :P

      Ex-member yang jadi 'cameo' kemungkinan akibat dari tiga hal; nostalgia menjelang anniversary ke-10, manajemen pingin narik perhatian publik dengan memunculkan lagi member yang familier dan berpengaruh di mata publik, atau manajemen pingin narik lagi fans lama yang pergi dari fandom seiring dengan graduate-nya oshimen mereka.

      Sakura dipilih jadi salah satu dari wcenter bagi single ini karena growth-nya yang signifikan di Sousenkyo kemaren. Tapi untuk jadi center AKB, itu urusan lain. Ada banyak dinding yang harus dia tembus, Jurina-Paruru-Sayanee plus Yukirin-Sasshi. Umur Jurina dan Sakura cuma beda setahun, jadi aku ragu Sakura bakal bisa bener-bener jadi center AKB mengalahkan Jurina (yang udah jadi rahasia umum kalo dia adaah oshimen-nya Aki-P). Dan tentunya fans AKB tentunya nggak akan terlalu seneng kalo center mereka aslinya non-AKB. Dia jadi frontgirl? Mungkin. Dia jadi center? Nah.

      Saran aku sih, nggak usah menafsirkan MV terlalu dalam. Paruru-oshi kemaren udah sakit hati gara-gara berharap banyak pas ngeliat MV Mae Shika Mukanee, jadi sebaiknya belajar dari pengalaman aja. Biarin aja masa depan jadi kejutan, toh 'rezim' Mayu ini pun keliatannya belum akan berakhir dalam waktu dekat ini :D

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Mbak Tuttu, kok gx ditampilin sih member² yg udh graduated.Macam Mariko, Tomochin.Mau liat mukanya.Kangen!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya di atas itu ada Mariko dan Yuko loh (gambar kedua dan ketiga), tapi kebetulan emang nggak pas mereka lagi nggak ngadep kamera :3

      Hapus
  4. min,, tas yang si faru fegang isinye afaan? :v


    waktu ane nonton nih mv orng yg fertama kali ane cari wajahnye ya,, si juju :v
    (kgk ade yg nanye :3 )

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan panggil 'Min' dong~ :P

      Nggak tau tuh tasnya Paru isinya apa, di Extended Ver. pun nggak disinggung-singgung :3

      Hapus
  5. kesian uchida mayumi, jadi center tapi gak dianggep. dia doang mantan center single yang gak masuk MV ini

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...