Jumat, 13 Juni 2014

JKT48 Gingham Check MV Review (and Comparison with AKB48 + SNH48 Ver.)

Sejujurnya aku bahkan nggak tau kapan JKT ngerilis single ini. Tentu aja aku tau kalo mereka bakal segera rilis single segera setelah Sousenkyo-nya JKT, tapi dengan kepala penuh dengan Sousenkyo AKB, skripsi, dan pindahan kosan, perlahan tapi pasti aku jadi lupa. Terlebih antusiasme pun berkurang sekitar 60% setelah tau lagu yang bakal dinyanyiin kali ini adalah Gingham Check. Maksudnya, belum lama ini SNH juga baru bikin GC lho~~ dari sekian banyak lagu yang ada, kenapa nggak pilih yang lainnya aja sih?
Tapi berhubung MV-nya udah keluar, ayo kita bahas sekarang.


 Mungkin Gingham Check ini adalah MV terbaik yang pernah JKT bikin. Pertama kali liat MV ini, aku langsung suka banget sama komposisi warna-nya. Enak diliat, manis dan cute dalam taraf yang nyaman tanpa bikin gatel-gatel. Set-nya juga bagus, diatur dengan rapi dan cantik ala K-Pop. Nyam, nyam.



Storyline-nya menarik, tentang member yang berusaha jadi mak comblang buat dua bocah. Mereka mengupayakan berbagai cara supaya kedua bocah itu bisa jadi lebih deket. Btw, ada yang tau siapa nama member di pict di atas yang paling kanan? Kok kayaknya rada mirip Savoki ya?


 Salah satu aspek paling menarik dari MV ini adalah storyline yang melibatkan dua bocah lucu. Mungkin ini juga yang bikin cute-nya MV ini berasa natural.


Tapi tentu aja ini sama sekali bukan pendidikan atau teladan yang baik buat anak kecil :P


Kayaknya banyak yang bilang kalo member keliatan cantik banget di MV ini ya? Menurutku sih nggak. Semua selain Shanju + Ve kayaknya keliatan lebih oke di Managuu deh (semua member yang juga nongol di Managuu tepatnya).


MV ini rasanya Melody-sentris banget. Nggak masalah sih kalo ini bukan MV dengan senbatsu hasil Sousenkyo--tapi karena rank member di sini udah jelas, tentu bakal lebih oke seandainya ada lebih banyak Ve (berhubung wajah apalagi namanya kayaknya bisa dibilang sama sekali nggak familier di hadapan publik). Terlebih karena dalam GC versi AKB juga menampilkan 2 top member kala itu; Yuko dan Mayuyu.


Liriknya kayaknya di-translate dengan lebih mendingan deh. Belakangan ini aku nggak pusing-pusing mikirin maksud lirik lagu JKT, karena kayaknya yang dirilis baru-baru ini liriknya lumayan nggak jelas, terutama di bagian chorus. Kata orang kualitas vokal-nya juga udah lebih bagus. Begitukah? Aku nggak terlalu perhatian sih, aku cuma koleksi MV JKT doang abisnya. Satu-satunya lagu JKT yang sering kuputer ulang pun cuma Bingo.


Salah satu poin negatif bagi MV ini adalah kostumnya yang nyaris identik (kalau bukan bener-bener identik) sama kostum GC-nya AKB versi Takahashi Eiki. Karena set-nya yang bagus dan mungkin mengeluarkan biaya gede, apa jangan-jangan JOT sengaja nggak bikin desain kostum baru tapi recycle aja? Atau, lebih parah lagi, kostum GC-nya AKB dikirim buat dipake JKT? Nah loh nah loh :P


Poin negatif lainnya adalah solo dance time-nya Melody. Awkward dalam taraf super adalah kata-kata yang aku pake untuk menggambarkannya. High kick-nya nggak ada, entah karena Melody nggak bisa ngelakuinnya atau mungkin inappropriate buat standar Indonesia berhubung celana pendeknya mungkin bakal keliatan sekilas pas ngelakuin gerakan itu. Pembawaannya juga kerasa buru-buru jadi kayak agak kurang stabil dan messy.



Kalo dibandingkan sama versi AKB dan SNH ...
  • Tentang storyline, aku masih lebih suka cerita tentang pembuatan robot dibanding semuanya. Dan aku nggak pernah beneran suka MV model trailer kayak GC AKB versi Joseph Kahn sementara versi Takahashi Eiki walaupun heartwarming tapi nggak terlalu berkesan di hati. Jadi, dalam hal ini, SNH > JKT > AKB. 
  • Mengenai visual, sejauh ini yang komposisi warnanya paling menarik itu yang versi JKT. AKB juga bagus--tapi yang versi Takahashi Eiki, kalo yang versi Joseph Kahn mah bikin sakit kepala. Singkat cerita, JKT > AKB > SNH.
  • Tentang kostum, tentu aja Motorgirls vs Car Devils lebih oke dari semuanya! Seragam mekanik-nya SNH juga fresh banget. Kalo dibandingin, jadinya AKB > SNH > JKT. Oh, walaupun suka seragam mekanik-nya, aku tetep nggak terlalu suka kostum yang dipake SNH buat nge-dance, sih. Tapi seenggaknya itu lebih ori dari versi JKT.
  • Dance! Yang paling kuperhitungkan di poin ini tentu aja solo dance yang dilakukan sama center menjelang akhir lagu. Aku pernah bilang kalo Chen Si nggak begitu shining sebagai center, tapi solo dance-nya dia kira-kira beberapa level di atas Melody. Yuko jelas lebih bagus dari keduanya. Jadi, untuk hal ini, AKB > SNH >>> JKT.

Tentu aja ini pendapat aku doang, dan kamu selalu bebas untuk punya pendapat yang 180 derajat bertolak belakang :P
Jadi, apa kamu setuju?


[Update]
Baru sadar kalo tulisan "Gingham Check"-nya JKT (di yang gambar kedua di atas) juga persis sama tulisan di cover album AKB--beneran deh tingkat ke-ori-an MV ini super parah.




42 komentar:

  1. Ujung kanan itu Tata gan. Thalia TeamKIII :)

    BalasHapus
  2. Ohya, mau nambahin, kenapa SNH terkesan ori kostumnya.. Karena liriknya "Hēisè báisè jiāocuò", kalau di Indonesia-in, mungkin "Hitam Putih Tercampur".. btw, minusnya kostum SNH. Di MV ini, kostum birunya di pake juga di Setlist A5-nya mereka u/ lagu SNH Sanjou -_- Buat JKT, mungkin daripada "fail" kayak Flying Get/ KFC di bagian rok, mereka milih niru AKB kali ya..

    BalasHapus
  3. Sebenernye jiper juga mo komen secara pengetahuan ane tentang 48Family ga sehebat ni Agan...
    Tapi secara keseluruhan menurut ane, emang MV yang ini bisa dibilang penggarapannya paling bagus (bahkan lebih bagus dari film Viva JKT48)...
    Tapi klo secara atmosfer, ane tetep masih paling demen ama Yuuhi wo Miteiruka..
    Mungkin secara ane lebih suka tempo lagunya yang slow n semi melankolis...

    Tapi klo dari segi lirik. IMHO, lagu ini liriknya justru kerasa sedikit mengganggu buat ane...
    Dilihat dari aspek koherensi jauh dari kata runtut...
    Trus diksi yang dipake juga kurang enak buat dilafalkan n rima-nya ga dapet...
    Di single laen, mungkin terjemahannya juga kacau, tapi seenggaknya masih bisa dapet rima dari liriknya. Jadi masih relatif enak...

    Itu klo menurut ane sih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga terhitung newbie lho, baru mulai sangat tertarik sama 48G kira-kira menjelang akhir 2013 kemaren :)

      Sebenernya aku nggak pernah bener-bener dengerin lirik lagu single JKT kecuali River, Yuuhi dan Bingo (dan aku beneran kapok merhatiin lirik setelah denger Junjou Shugi versi JKT). Yang lainnya cuma lewat-lewat aja pas aku lagi ngeliat MV-nya, paling cuma sekilas nangkep beberapa baris aja. Termasuk GC ini. Mungkin bagian yang aku denger itu kebetulan bagian lirik yang paling 'bener'? Entahlah .. :P

      Kata temen aku, dengerin JKT tuh paling aman dinikmati musiknya aja, jangan terlalu dipedulikan liriknya kalo nggak pingin malah pusing mikirin apa maksudnya. Aku nggak sampe segitunya sih, tapi karena aku sering berusaha translate lagu AKB/SKE (dari English kok bukan Jepang, aku nggak sehebat itu) dengan lirik yang diupayakan buat berima dan sesuai sama alunan lagu, aku jadi tau kalo ada beberapa lagu yang emang susah banget buat digituin. Satu, maknanya kadang rada sulit dipahami--atau mungkin itu gara-gara aku translate-nya dari English? Contoh, Flying Get. Dua, jumlah suku katanya kadang emang panjang banget dan nggak bisa dibikin pendek tanpa kemungkinan mengubah maknanya. Contoh, Mirai to wa.

      Solusi bagi aku, bikin aja lirik baru sekalian. Dan karena aku cuma amatir yang bikin cover, kadang tema cover lagu yang aku bikin bisa berubah dan melenceng super duper jauh dari aslinya. SNH juga melakukan hal kayak gini buat beberapa (atau mungkin banyak) lagu mereka, jadi mungkin akan lebih baik kalo JKT juga menerapkan hal yang sama terutama buat beberapa lagu yang rada ero supaya bisa lebih nyaman di telinga masyarakat Indonesia.

      Hapus
    2. Wah, ternyata nubie ya. Tapi referensinya 48Family-nya dah keren....
      Nah, klo aku baru mulai aktif ngikutin dari bulan kemaren sebenernya. jadi masih awam banget...:)

      Jujur, mengenai masalah alih bahasa ini sebenernya jadi hal pertama yang sempet bikin ga suka ma 48Family. Walaupun secara pembawaan musik, cukup enak didenger tapi absurditas liriknya ini terkadang jadi hal yang ngeganjel pas dengerin musiknya. Idealnya lagu yang mengena itu ya musik dan lirik ibaratnya cerminan yang saling melengkapi...

      Tapi setelah aku coba cek, aku sangat sepakat sama kamu tentang problem alih bahasa ini. Aku coba liat lirik Gingham Check dalam versi Inggris, Indonesia, dan Jawa. Dan di ketiga lirik itu, aku ngeliat emang semuanya ngalamin masalah yang sama. Ketika coba ngejar irama lagu sama rima nadanya, koherensi antar liriknya jadi agak kacau..

      Klo menurutku sih mungkin karena lagu" dari AKB48 sendiri banyak yang dibuat dalam pola "cerita/pernyataan yang dilagukan" sementara klo lagu barat/Indonesia, rata-rata aku ngeliat lebih mirip ke pola "puisi yang dilagukan". Jadi untuk penerjemahannya jadi jauh lebih susah. Contoh jelasnya di lagu GIngham Check. Dari tiga lirik tadi, aku nangkepnya klo lagu itu sebenernya adalah sebuah cerita tentang cewek yg suka ma cowok pake baju gingham di sebuah kafe di tepi pantai, tapi bingung buat ngungkapin. Nah d lirik itu, ada banyak banget kalimat/frasa yang menurutku lebih berfungsi sebagai penjelas setting tempat. Ini ni yang bikin lagunya jadi sulit dipahami. Kenapa? Karena dalam lagu, pasti ada pemenggalan" kalimat/frasa demi ngikutin nada..
      Beda klo dibaca sebagai satu kesatuan cerita. Gampang banget tu Gingham Check dipahami...

      Dan solusinya menurutku 1.) Buat MV yang merupakan refleksi dari lagu secara utuh buat ngebantu pemahaman penonton, ato 2.) Bikin lirik baru sekalian tapi dalam tema besar yang sama.
      Yap, tapi emang susah sih. Dan di video cover song-mu keliatan betapa susahnya nyari diksi yang sebisa mungkin berterima. Tapi overall, keren kok cover-mu. Sayang suaranya agak feedback ato menggema gitu...

      Thx

      Hapus
    3. Kalo aku emang pake 2-3 suara dijadiin satu, abisnya jadinya kurang seru aja kalo cuma 1 suara karena lagu 48G kan dinyanyiinnya emang rame-rame. Yang kayak agak menggema mungkin pas di awal-awal kali ya? Kalo belakangan ini sih (rasanya) udah lebih baik, hehe :P

      Anyway, makasih banyak udah ngasih masukan ^^

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. klo aku liat, MV JKT yg gingham check ini emang lebih baik dari MV JKT sebelum2nya. lebih niat sih bikinnya, haha. klo utk MV-nya SNH, aku blm liat, tp klo baca di blog lain, katanya seifukunya mirip sama seifuku RIVER-nya AKB, kotak2 putih item.
    soal seifuku gingham check JKT, semoga ada model lain deh, jangan yg ada di MV aja, terutama utk tampil live-nya.
    klo high kick-nya melody, bisa juga takut celana pendeknya keliatan. tp pas aku liat di MV-nya, gak disorot jelas (high kick-nya melody), tp diselingi scene lain, sayang sih. pdhl aku jg pengen liat high kick-nya melody. tp klo dibandingin sm Yuko, Melody emang beda jauh sih. inget di Heavy Rotation, kyknya juga ada high kick-nya. tp emang gak setinggi Yuko, yaa krn level dance-nya juga beda.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Susah emang buat nyaingin Yuko, hehe ^^

      Eeh, kostum Gingham Check-nya SNH mirip River-nya AKB?? Sungguh?

      Nggak tau ya seandainya ada kostum lain yang dipake buat tampil live dan ternyata kostum itu mirip. Tapi sejauh mata aku ngeliat di seluruh MV GC SNH yang ada di Youtube dari awal sampe akhir, satu-satunya kesamaan sama River-nya AKB itu ya warna kotak2-nya yang item-putih. Nggak ada yang lainnya, Ukuran motif kotak2-nya beda, variasi modelnya pun beda. Menurut aku sih itu sama sekali nggak menunjukkan unsur kemiripan sedikit pun..

      Hapus
    2. eh aku blm pernah liat MV-nya SNH yg Gingham Check juga sih. cuma liat review di blog orang lain.. mungkin kotak2 putih itemnya aja yg mirip RIVER AKB, klo ukuran dll. beda..

      Hapus
    3. coba diliat dulu aja mungkin? hehe ..

      Hapus
  6. wuahahaha seifukunya sih oke banget buat fans yang cuma tau JKT, tp yakin setelah tau AKB mereka bakal bilang itu sragamnya AKB di alih fungsikan buat JKT -..-
    dan yuko pake topi, melody pun juga pake topi :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak papa sih kalo seandainya cuma terinspirasi, tapi kalo kayak copy-paste gini terlebih kostum center-nya pun nyaris persis jadinya yaa... :3

      Hapus
    2. jadinya ya eng anu em kesanya malah minjem konstumnya kakak tertua hahahaha
      padahal JKT punya seifuku kotak ijo pas dipake di tokyo dome dulu, tp ya mungkin karena nggak feel dirasanya manajemen JKT yaudah nggak dipake deh :|

      Hapus
    3. Wah, kalo recycle kostum yang pernah JKT pake walopun buat live doang mungkin jadinya bakal tambah berabe ketimbang pake punya AKB.
      JKT wota (mungkin) selalu berburu dan inget kostum-kostum yang pernah dipake sama JKT. Kalo kostum yang udah pernah dipake sebelumnya dipake lagi buat di MV (pula!) justru mungkin malah bisa bikin protes. Tapi belum tentu JKT wota inget kostum AKB, apalgi yang fokus sama JKT doang. Jadinya mungkin kesempatan untuk 'lolos' tanpa ketauan sama-nya lebih besar. Mungkin siih~

      Hapus
    4. iya sih mungkin gitu ya hahaha tp kan ijo putihnya bisa dipake pas perform (tetep maksa) haha soalnya bagus wkwkwk

      Hapus
    5. seandainya JOT buka kotak kritik-saran ya~

      Hapus
    6. tapi serah sama manajemenya haha kotak nya wajar aja deh penting jangan pake seifuku kotak saran gitu aja deh wkwkwkwk

      Hapus
  7. kalau menurutku ya dr segi screen shot member kan harusnya porsinya sesuai sama ranking ya. tp di mv ini msh kurang adil. beby yg rankingny lbh tinggi dr nebilah tp lbh bnyk nabilahnya di mv ini. juga rica dan kinal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejujurnya perhatian aku nggak bisa terbagi adil buat semua member, terlebih buat yang nggak begitu menarik bagi aku. Nggak tau pasti tentang Beby dan Rica, tapi aku emang liat banyak Nabilah dan Kinal--mungkin bahkan lebih banyak dari Ve? Urggh ...

      Yah, nggak cuma di JKT doang sih, di AKB juga terkadang begini (kayak di Iiwake Maybe, aku bahkan nggak inget liat Sato Amina di MV ini padahal dia #8 waktu itu). Keadilan sempurna itu emang hal yang nyaris nggak ada di 48G.

      Hapus
    2. MV Iiwake Maybe, Sato Amina emang dikit. padahal doi masuk media senbatsu (12 member teratas). malah aku liat lebih banyak jurina, pdhl jurina #19 (walopun aku jurina oshi, tp rasanya gak adil aja liatnya -,-). trus disana juga, setau aku marioko sm takamina, rangkingnya lebih tinggi mariko (#3), klo takamina lupa berapa. tp fokus ceritanya malah antara acchan, yuko dan takamina..

      *oot, malah bahas iiwake maybe -__-"

      Hapus
    3. Iya sih, tapi seenggaknya Iiwake masih lebih rata distribusi screentime-nya ketimbang Gingham Check AKB yang versi Joseph Kahn. Meskipun Sashi/Mariko-sama masing-masing no 4 dan 5, butuh ketelitian super buat ngeliat mereka di MV itu (dan sejujurnya sampe sekarang aku nggak tau di mana Sashi di MV itu). Nggak banyak bedanya antara Kami7 sama Senbatsu lainnya. Kalo mau ngebahas ketidakadilan yang menjamur di seantero 48G mah emang nggak akan ada abisnya... :(

      Hapus
    4. iya, yang Gingham Check versi Joseph Kahn, fokus utamanya cuma 3, yuko, mayuyu sm yukirin. lainnya dikiitt banget, bener2 harus teliti liatnya. tp pas liat yg versi Takahashi Eiki, distribusi screen time-nya lebih merata. walopun gak liat Mariko pas di versi dance dan cerita sekolahnya.
      iya, emang gak ada habisnya klo ngomongin ketidakadilan di 48G.. huft

      Hapus
    5. Karena 48G itu emang ditujukan sebagai 'sekolah' menghadapi dunia dan bisnis hiburan, dan di dunia ini penuh ketidakadilan, jadinya baik member dan fans pun suka atau nggak dilatih untuk sabar menghadapi semuanya :)

      Tapi, dipikir-pikir lagi, seandainya bisa adil banget, Sousenkyo mungkin nggak akan terlalu seru deh--yang bikin seru tuh kan kadang-kadang butthurt fan, hoho ^^

      Hapus
    6. Sousenkyou menurutku lumayan adil sih. hehe. klo dibandingin sm Janken yah. entah knp, pas Janken taun 2013, yg menang Jurina, denger2 emang sengaja disetting yg menang dia. menurutku Janken yg paling adil tuh Janken 2010. stlh itu, kayaknya sih, banyak settingan. tp klo Janken yg pas Paruru menang, mungkin sih emang iya (anaknya gak suka sama paruru). haha

      *jadi ngomongin Janken*

      Hapus
    7. "tp klo Janken yg pas Paruru menang, mungkin sih emang iya (anaknya gak suka sama paruru)" maksudnya gimana ya? Aku kurang ngerti ni..

      Banyak yang ngomong begini/begitu soal Janken. Aku sih nggak mau mikirin, toh semuanya juga cuma spekulasi doang dan pada akhirnya teteup aja kebenarannya gimana nggak diketahui ^^

      Hapus
    8. eh maaf klo gak jelas mksdnya.. maksud aku, krn kebetulan aku emang gak suka sama paruu, jd pas dia menang janken (yg katanya settingan), aku jd rada percaya. walopun di blkgnya gak tau sih bener atau gak.

      Hapus
  8. Seifuku nya itu mirip banget sama seifuku nya AKB -,-

    BalasHapus
  9. Kalo MV lebih senang sama JKT48... soalnya kalo AKB kurang suka sama konsepnya, jadi selama ini klo nonton GC nya AKB nonton konsernya aja,...masalah High Kick nya, wajarlah SNH & JKT masih kalah, soalnya center lagu ini Yuko-San yang sdh memberi standar yang tinggi untuk perform lagu ini.. no one can do as good as Yuko-san...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hebat dong. Aku malah cuma liat MV Gingham Check AKB masing-masing versi sekitar 3-4 kali dan nggak pernah repot-repot liat versi live-nya.

      "No one can do as good as Yuko--" maaf ya, tapi aku nggak setuju banget sama pernyataan ini. Yuko emang great performer, tapi dia bukan dinding yang nggak bisa ditembus. Dengan banyak usaha dan kerja keras, beberapa member bisa jadi sebaik Yuko dan mungkin malah lebih baik lagi. Member kayak Jurina/Milky menurut aku udah nggak begitu jauh dari level Yuko juga, mungkin beberapa tahun ke depan mungkin mereka bisa jadi lebih baik lagi. Seandainya GC bakal ditampilkan nanti dengan center Jurina/Milky, mungkin jadinya bagus-bagus aja :)

      Chen Si sebenernya cukup bagus kok ngebawain GC berikut high kick-nya (setelah dipikir ulang dia keliatan awkward gara-gara roknya yang pendek dan terkesan tipis jadi efeknya kurang greget--karena kostumnya, bukan orangnya). Paling masalahnya dia nggak (atau belum) punya aura center aja.
      Kalo Melody kebalikannya, punya aura center tapi lebih ke arah Acchan ketimbang Yuko. Tapi ini cuma menurut aku aja sih, dan beda kepala kemungkinan besar punya pendapat yang beda walaupun untuk satu hal yang sama :D

      Hapus
    2. siipp....maksud saya diantara center GC ini (Yuko,Melody dan Chen) .. kalo antar member AKB mah saya juga yakin Jurina,Yukirin ato mungkin Sayane bagus buat dijadikan center, cuman bisa menyamai ato bahkan melampaui Yuko-san, we will see....emang agak susah diprediksi, mereka selalu membuat kejutan2 tentang perkembangan mereka....
      Tapi mohon maaf sebelumnya, mungkin ini cuman pendapat saya.....saya hampir gak pernah puas dengan penampilan SNH kecuali perform flying get...bagi saya SNH itu cuman lucky d sponsor, tapi nggak pernah b'kembang2...GC-nya pun cuman menang kostum dan konsep MV, tapi coba lihat perform dancenya, mereka kyak nggak niat banget, lemah,letih, lesu, maksa...makanya d antara 48 family saya paling malas cari tau ttg SNH, kecuali klo mereka punya MV baru....

      Hapus
    3. Oh ya? Malah aku suka banget sama performance-nya SNH, apalagi setelah liat Kaze wa Fuiteiru sama Beginner-nya mereka. Kuroi Tenshi pas Guanhui jadi center juga oke banget, padahal biasanya aku nggak kuat liat itu sampe akhir gara-gara bosen duluan (yup, bahkan pas performer-nya Acchan-Mayuyu-Jurina). Bahkan aku jadi suka Heart Ereki setelah liat versi SNH, padahal aku nggak tahan liat MV/live AKB apalagi denger lagunya doang--sesuka apapun aku sama Nyan.

      Pas mereka perform tuh kesannya cantik dan gerakannya sharp. Kalo masih di awal-awal ngebawain lagu baru mungkin emang masih rada kacau sinkronisasinya, tapi kalo diliat per individu lumayan kok. Beberapa malah bilang kalo untuk beberapa lagu kualitas performance mereka malah di atas AKB. Jujur aja, aku lebih suka SNH daripada JKT--seenggaknya untuk sekarang ini. Apa mungkin kita liat video yang beda ya? Hehe.. ^^

      Hapus
  10. Halo halo! Salam kenal semuanya! Saya Yuko Oshi nih. Ikut nimbrung!
    Hahahah bener sih aku rasa no one can do good as Yuko (bukan karna dia oshi aku). Karna sampe sekarang sih belom ada yang bisa do dance heavy rotation yang awal yuko sendiri sebagus dan sesemangat yuko.
    High Kick di GC juga Yuko the best dah, kalo queen dance sih dia menang diantara semua.
    Milky? Watanabe Miyuki? Dia bisa high kick kayak Yuko? Kayaknya sih impossible banget. Dia lemah lembut gitu kok.
    Kemarin sempat nonton beberapa live (setelah Yuko grad), si Paruru ambe posisi Yuko. Astaga mau pingsan rasanya. Dia ambil posisi Yuko, lagu yang Yuko jd center langsung melankolis abis. Menurut aku member yang cocok gantiin Yuko ya semacam : Tano Yuka, Muto Tomu. Ini berdua paling pas ngisi kekosongan posisi Yuko. Karna mereka sangat energik dalam masalah dance.

    Mengenai MV, JKT selalu beda sendiri. Coba perhatiin deh, stiap Mv SNH dan AKB ataupun 48G lain selalu ada close up member sambil nyanyi kan (individual maupun 2-3org). Nah kalo di JKT beda sendiri, cuma ada beauty shot doank. Itu agak minus point sih ak rasa. Liat member close up jadinya dikit banget.
    MV SNH juga berantakan yang GC, dance dan lagunya ngga beraturan. Salah semua ngga pas lagu dan dancenya.
    Trus GC ini awalnya aku pikir dancenya yang bagian kedua itu misteri loh soalnya AKB ngga pernah bawain versi full live. Yang versi Takahashi Eiki juga beda dancenya. SNH juga ngga ada. Nah pas JKT ada, aku terkejut plus bangga. Ohh gini rupanya sambungan dance part 2nya. Atau jangan" ini yang buat korea orang Indo? Masih misteri sih. Secara di AKB ngga pernah dibawain sampe full ver.

    JKT juga masih kalah dalam hal live.
    Walau AKB kadang lipsync, tapi mereka ada siasat mengakalinya.
    Contoh hebirote.
    Bagian awal "1234!" dan bagian akhir "heavy rotation" off vocal. Sisanya lipsync. Jarang bgt ada yang tau. Fans bakalan berpikir live karna di akhir lagu "heavy rotation" kedengaran suara ngos2an yuko.
    Terus misalnya ada member ngga ikut, suara lipsync lgsg diganti 100%!
    JKT ada ganti, tapi cuma kalo part solo, kalo uda duo atau rame" ngga diganti.
    Contoh diganti : Gommen ne, Summer ada 2 versi (7 orang).
    Versi Melody-Shanju dan Melody-Stella (solo).
    Oogoe Diamond (Beby, Delima)
    Heavy Rotation (ada sempilan suara Haruka yang khas di bagian "yang meletup letup" dan ada suara akicha juga di "kuulang terus tanpa henti")

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku pernah liat hebirote dengan center haruppi dan kaget banget karena dia perform dengan bagus walaupun itu dulu banget pas hkt baru dibikin. hebirote dengan center jurina dan yukirin juga lumayan oke kok, walaupun dua-duanya nggak split (mungkin karena kondisi dan kostum nggak memungkinkan? entahlah) tapi energinya nyampe.

      milky walaupun tampilannya lembut gitu tapi dance-nya bagus loh, bahkan dance teacher-nya ske baru-baru ini bilang kalo milky itu teladan yang bagus dalam hal dance karena energinya nyampe, feel-nya kerasa, dan tetap ekspresif.

      aduh, kalo paruru vs yuko mah jangan ditanya. nggak usah dibandingin lah. paru dapet posisi yuko cuma karena statusnya sebagai frontgirl, bukan karena skill-nya yang mendekati yuko. nggak bisa banyak komentar soal muto karena sejauh yang aku tau sih dia standar aja. tano yuka performace-nya bagus, dance-nya keren, abs-nya wuiiii tapi auranya belum kuat. mending digantiin sama jurina atau milky atau sayanee deh.

      dance yang jadi misteri? wah aku nggak tau ya, GC ini salah satu lagu yang masuk dalam list "nggak terlalu diperhatikan" dalam daftar aku sih. pas di mv snh biasanya mata aku nyangkut di guanhui, tapi salah satu efek berantakan itu kayaknya gara-gara motif kostumnya yang kelewat gede jadi keliatan 'penuh'.

      dan sejauh aku melihat dan mendengar, nggak ada fans yang bener-bener berpikir akb nyanyi live kalo 'diakalin'-nya kayak yang kamu bilang itu. kalo pingin liat yang 100% live, biasanya sih di fns kayousai taun kemaren, bokura no ongaku, atau music fair :)

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo mau nyari yang teplokan sama sih mungkin nggak akan pernah ada, karena setiap member kan punya ke-khas-an masing-masing. Entah ya kalo di GC (aku nggak begitu suka lagu ini, jadinya nggak pernah repot ngeliat versi live-nya sering-sering) tapi kalo Hebirote aku udah pernah liat yang center-nya Yukirin, Jurina, sama Haruppi. Oh, Tang Min dan Melody buat yang versi kaigai. Mungkin ada yang lain lagi, tapi untuk sekarang ini aku nggak inget.

      Dan sejujurnya, aku sama sekali nggak ngerasa ada perbedaan yang mencolok antara Yuko sama Yuki/Jurina/Tang Min. Paling Yuki/Juri nggak ngelakuin split aja, entah karena faktor kostum yang dipake waktu itu atau ada yang lainnya, tapi mood-nya sih masih sama aja. Haruppi ngebawain Hebirote di awal HKT terbentuk, dan bagus aja apalagi mempertimbangkan kalo dia baru debut. Melody? Hmm... entah ya kalo dia, aku nggak terkesan juga sih sama penampilannya di Hebirote.

      Kalo tentang Flying Get, dia mah ditaro di depan bukan murni karena bagus dance-nya, tapi karena jadi #2 aja. Aku nggak kepikiran apa lagi dance yang rada susah selain Uza-Flying Get-River, tapi rasanya walaupun performance-nya bagus kayak apa juga seandainya dia nggak populer ya tetep aja nggak akan ditaro di depan. Hal begini berlaku buat semua member juga sih (selain member yang sengaja di-push karena dianggap berpotensi buat jadi populer), ada talent tapi nggak ada popularitas = tetaplah di belakang sampe bisa jadi lebih populer.

      Buat aku pribadi sih, dance-nya Yuko itu bagus, tapi untuk level 48G aja. Nggak sangat istimewa juga. Ekspresi itu standar frontgirl, tapi mungkin Yuko-oshi ngeliat sesuatu yang spesial? Pembawaan, dia menyenangkan tapi nggak berarti nggak ada yang bisa menyaingi juga. MC-skill? Aku nggak tau deh soal yang satu ini, biasanya sih tipe member yang bagus di variety biasanya ya bagus juga kalo jadi MC, tapi karena aku nggak peduli soal yang satu ini jadi nggak pernah mikirin juga.

      Yuko kan bukan nggak punya minus juga sebagai idol. Bakal ada member yang bisa jadi sama baiknya atau mungkin lebih baik dari Yuko dalam aspek-aspek yang kamu sebutin tadi, tapi mungkin nggak dalam satu package yang sama. Misalnya ada member yang dance-nya keren, jauh lebih bagus dari Yuko, ekspresinya bagus, pembawaannya oke, tapi kurang pinter ngomong. Tapi di sisi lain vokalnya bagus, satu hal yang nggak dimiliki Yuko. Atau ada yang dance-ekspresi-mc oke, tapi pembawaannya kurang. Di sisi lain, aktingnya bener-bener bagus, jauh di atas level Yuko. Dan mengingat sistem di 48G, mungkin aja ada member underdog yang sebenernya punya kapasitas kayak Yuko atau mungkin lebih tapi nggak ketauan karena nggak diekspos.

      Pasti lah bakal ada yang terasa beda kalo ngeliat member yang biasa jadi center tiba-tiba nggak jadi center lagi, apalagi kalo lagu itu diidentikkan dengan satu member tertentu. Ada perasaaan sentimentil tersendiri. Dan center itu emang berperan besar untuk ngebawa mood suatu performance. Tapi lagunya toh tetep lagu yang sama. Dulu banyak fans yang bilang kalo pas Yuko graduate Hebirote bakal jadi nggak sama lagi, tapi ternyata ya nggak juga. Nggak sedikit yang bilang kalo ternyata sama-sama aja, asal dibawakan dengan mood yang seharusnya. Oh, sejauh ini yang bilang 'nggak ada bedanya' itu kayaknya nggak ada yang Yuko-oshi sih, jadi mungkin bagi Yuko-oshi rasanya tetap aja hampa. Tapi, bukan nggak mungkin juga 'kehampaan' ini efek dari ketiadaan oshimen ketimbang kualitas performance member; kadang hati emang nggak bisa ngebedain.

      Menurut aku sih gini ...

      Hapus
  13. kalo kostum gingham check versi lokal menurut saya udah bagus kok, toh kalopun sama plek sama yang akb juga karena jeketi itu idol lokal cabang grup 48 jepang, gak masalah jadinya wkwk. Kalo overal buat saya Gingham check: Takahashi Eiki>JKT>Joseph Kahn=SNH. gak suka banget sama yang versi SNH karena yah gak logis aja, sama performance-nya masih bara-bara banget. Just my 2cent

    BalasHapus
  14. baca komen tmn2 dsni bikin sy ciut kasi komen. maklum, dulu sy ga tertarik ma konsep n lagu2 kluarga 48, trutama yg dibawakn dlm bhs.indonesia. Tp ada 1 moment yg mmbuat sy akhirnya jd fan jkt48. agak telat cie, tp gpp ya.
    Buat sy yg baru bgt, GC ver. Indonesia kawai bgt. kkurangan yg tmn2 bhas kykx buat org yg tdk mngenal dkt jkt48 lbh menarik. cocok buat mata indonesian. Y mmg harus disesuaikan dgn regionnya khan?

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...