Sabtu, 30 Agustus 2014

JKT48 Kokoro no Placard [Papan Penanda Isi Hati] MV Review (and Comparison with AKB48 Ver.)

Seperti biasa, aku baca beberapa komentar tentang MV ini sebelum aku liat dengan mata kepala sendiri. Seperti sewajarnya, komentar yang antusias dan positif juga mendatangkan ekspektasi yang tinggi (padahal tadinya aku sama sekali nggak ada ekspektasi tentang MV ini pas liat foto-fotonya). Kalo ekspektasi udah tinggi, terus ternyata nggak sesuai dengan harapan awal, biasanya jadi kecewa, kan?

Tenang aja, aku nggak kecewa atau apa kok :P
Nyaris semua hal pasti punya plus dan minus sendiri, begitu juga dengan MV ini. Tapi tentu aja mendingan ngejaga hati tetap plain dan netral, kalo perlu pesimis sekalian, supaya bisa jadi takjub beneran pas ngeliat hasil akhir yang lebih bagus dari ekspektasi awal >_<



Senbatsu member untuk single ini ...
Team J : Shania Junianatha, Melody Nurramdhani, Nakagawa Haruka, Nabilah Ratna, Jessica Veranda, Beby Chaesara, Devi Kinal, Jessica Vania, Rezky Wiranti, Thalia Ivanka
Team KIII : Cindy Yuvia, Ratu Vienny, Chikano Rina, Shinta Naomi, Thalia, Riskha Fairunissa

Aku baru ngeh belakangan, ternyata Ayana nggak terpilih jadi Senbatsu single ini. Kupikir dia banyak penggemar?


Meskipun KnP versi AKB kata banyak orang kayak copy-an KFC dalam versi lebih bagus, KnP versi JKT ini sama sekali nggak mirip sama KFC (versi JKT). Malah nggak sama sedikit juga, selain kenyataan kalo keduanya sama-sama melibatkan banyak orang. Konsepnya bagus, apa mungkin karena banyak kritikan yang melanda KnP-nya AKB jadi manajemen JKT memutuskan untuk bikin sesuatu yang beda? Bukan nggak mungkin sih, karena MV KnP-nya JKT kan dibikin setelah preview MV AKB di-publish.



Sejak di menit pertama aku ngeliat MV ini, visual member di sini bener-bener terasa ngeganjel. Aku udah terbiasa dengan penampilan girlgroup K-Pop yang nyaris perfect di MV mereka dan JPN48 yang seringnya oke banget juga, jadi ngeliat penampilan di MV ini bener-bener bikin alis aku naik tinggi dan bilang 'eeeh??'


Setelah diperhatikan lebih lanjut, kayaknya ada yang salah sama make up mereka deh. Atau mungkin masalah hairstyle dan warna rambut member (yang mendadak jadi pada berubah coklat)? Abisnya, Veranda yang biasanya keliatan oke aja tiba-tiba jadi shabby gitu. Nabilah juga jadi keliatan kayak umur 25-an. Bener-bener deh. Sekitar 4,3 dari 5 member keliatan nggak banget di MV ini. Yang keliatan rada mending paling cuma Viny-Dhike aja. Oh, mungkin sama Yupi-Shanju-Thalia-Kinal juga sedikit.


Warna MV ini keliatan agak kusam, jadinya kurang greget aja buat lagu macem begini. Placard-nya juga rata-rata keliatan cheap dan keplek-keplek, bentuknya pun biasa banget. Sayang deh. Coba placard-nya dibentuk rada unik dikit terus warnanya dibikin lebih cerah kayak Gingham Check, mungkin jadinya bakal lebih bagus :3


Ini placard favorit aku! xD
Ada placard yang isinya biasa banget, ada juga yang lumayan menarik. Mungkin bakal lebih seru kalo tulisan di placard-nya pake bumbu dialek atau bahasa daerah. Bisa jadi nilai tambah tersendiri tuh :)


Kostumnya copy-an dari punya AKB, tapi tanpa rok ala balerina. Beberapa fan pernah komplain karena katanya rok balerina ini bikin jelek, tapi ternyata tanpa itu kostum ini jadi kayak gaun pesta anak TK (ditilik dari kostum JKT sih). Hiasan rambutnya juga kelewat meriah, mungkin bakal lebih baik kalo pake yang rada sederhana biar balance sama atasannya yang udah heboh. Bisa dibilang kostumnya lumayan dari leher ke pinggang, tapi dari pinggang ke bawah dan leher ke atas itu nggak banget.


Ide utama MV ini adalah dance bareng fans, tapi beberapa member pas lagi bareng fans narinya jadi malah keliatan awkward dan saling tabrakan.


MV-nya diambil dengan angle yang lumayan bagus, dan salah satu faktor yang bikin MV ini lumayan banget. Tapi masih lack di mana-mana, terutama dalam hal editannya. Sebenernya MV ini bisa jadi lebih baik seandainya diedit dengan lebih bagus dan lebih rapi, tapi mungkin karena waktunya mepet jadi ya beginilah hasilnya.


Screentime di MV ini terdistribusi dengan sangat baik-adil-merata, bahkan kalo seandainya nggak ada dance scene dengan Shanju di depan mungkin nggak akan ketauan kalo sebenernya dia yang jadi center.


Vokal yang ngebawain lagu ini terkesan lebih berisi dan mature (kalo versi AKB-nya kan cute, tuh). Jadinya bagus, aku kaget karena sama sekali nggak nyangka hasilnya bisa kayak gitu. Sayangnya kemungkinan besar aku tetep nggak akan dengerin lagu ini lebih dari beberapa kali berhubung Nandome no Aozora ka? (single ke-10 Nogizaka46) udah bocor dan itu bagus banget-nget-nget. Jauh lebih bagus dari seluruh lagu di single KnP AKB dan JKT disatuin, tepatnya :P


Kesimpulannya? Atau mau sekalian perbandingannya sama versi AKB aja?

  • Kalo tentang lokasi syuting, AKB jelas menang dengan banyaknya lokasi yang ditampilkan di MV mereka (mulai dari balkon apartemen, sawah, kuil, pabrik, dsb dsb) sementara JKT cuma ada di lapangan, TMII, sama suatu tempat di dalam ruangan yang rada sulit buat diidentifikasi.
  • Tapi konsepnya sih lebih fresh JKT, seenggaknya nggak keliatan mirip kayak yang udah mereka bikin sebelumnya.
  • Kostumnya mungkin balik ke preferensi masing-masing, tapi dari segi model plus warnanya aku lebih suka versi AKB. Kuning-ijo, yah, sama sekali bukan favorit aku.
  • Dalam hal vokal, versi JKT terdengar lebih kaya terutama di bagian chorus. Ini jadi poin yang sangat positif loh, karena bikin lagunya jadi lebih nyaman didenger.
  • Mana yang lebih enak diliat mata? Kayaknya sih versi AKB, dengan warnanya yang lebih terang dan penampilan member yang oke banget. 

Jadi, mana yang lebih bagus? Kalo tentang masalah begini, biasanya sih bias punya andil tersendiri. Aku dan adekku yang kelas 2 SD sih lebih suka versi AKB (malah pas aku liatin versi JKT dia malah ngomel-ngomel dan pingin ganti versi AKB aja, pingin liat 'Kakak Mayuyu' katanya), kalo kamu lebih suka yang mana? ^^


19 komentar:

  1. Ralat:Yona gak masuk senbatsu ini, tapi Viny.
    Kalo aku lebih suka versi JKT, soalnya agak beda dari MV KFC(ver.JKT). Kalo AKB itu persiss kayak KFC(ver.AKB) paling tempatnya diperbeda dan dipertambah.
    Minusnya JKT itu, kostumnya lumayan bagus, sih... tapi warnanya kurang bagus.. seengaknya merah-orange tua. Kalau kuning-hijau aneh gitu..soalnya aku gak suka warna kuning. Yah, hijau lumayan, sih. Terus sepatunya yang terlihat 'Norak'.. gak tau kenapa waktu ada pengumuman JKT mau rilis single K'nP, aku langsung cari tahu dari kostum + member senbatsu.. pas dapet foto kostumnya, aku detail semua dari ujung kepala sampai ujung kaki. Pas, lihat sepatunya, ngeganjel banget. Biasanya, JKT sepatunya polos-polos(maksudnya gak terlalu keramean).. ini minusnya, sepatunya bisa dibilang aneh dan norak. Mendingan sepatunya polos kayak sneakers yang dipake AKB di K'nP, tapi, diperbeda sedikit+jangan terlalu norak.
    Lanjut, memang JKT mungkin membuat MV-ini lebih beda dari KFC, mungkin fans-nya gak terlalu banyak.. tapi, seengaknya mirip sedikitlah sama MV KFC, fans-nya lebih keliatan banyak kayak K'nP AKB yang katanya kurang lebih ada 1000 orang fans. Soalnya, biar nunjukkin JKT punya fans yang banyak kayak AKB.
    Terus, aku pengen liat MV JKT agak Colorful, maksudnya pas bareng fans di lap. Helikopter Balai Kartini diterbangin 1000 balon warna-warni gitu.. jadi, agak beda dari AKB yang pake balon Placard. Yup, sama banget tentang Placard yang keplek-keplek.. itu, placardnya gak menarik gak kayak versi AKB yang 'Wah'.. harusnya placardnya diperbanyak dan dibuat semenarik mungkin.
    Centre single ke-7 JKT ini, pas banget Shania orangnya periang + easy going. Memang MV nya lebih fresh dari AKB.. tapi, harusnya MV JKT K'nP ini harusnya lebih di ++ sin kayak yang aku bilang tadi. Biar orang yang lihat MV K'nP JKT, bisa bilang 'WAH' gitu.. kepanjangan commentnya hehe :D xD yah aku memang fans JKT48, tapi aku netral. Jadi, aku gak harus ambil postifnya aja.. tapi, sama negatifnya. Biar bisa jadi pelajaran.. #Cieee JKT48 harus lebih baik.. biar gak gagal kayak MV K'nP ini+MV yang mungkin gagal di sebelumnya. Mungkin MV K'nP JKT buru-buru karena dempetan sama hari rilisnya.. jadinya, berantakan.. MV kedepannya harus lebih baik dari sister group lainnya.. :* ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya. Aku suka ketuker tuh nama panjangnya Yona-Viny. Di kepala udah nyebutin 'Ratu Vienny', tapi tangannya tetep aja ngetik 'Viviyona'. Sekarang sih udah dibenerin xP

      Aku malah nggak terlalu ngeliatin bagian sepatunya loh, hehe. Kesalahan utama bagian kostumnya mungkin karena semua bagian dibikin mencolok jatohnya jadi keramean.
      Semoga kualitas dance-nya JKT meningkat dan manajemennya bisa bikin MV yang lebih baik lagi :)

      Hapus
  2. eh, tapi bagi kita yang sudah terbiasa melihat kota Jakarta yang agak kusam (langit dan gedung-gedungnya) mungkin MV ini agak biasa aja. Tapi setelah aku buka forum-forum luar, respon mereka jauh lebih baik. Mereka malah gak ada yang nyinggung beberapa fail di MV ini, yang ada mereka pada penasaran dengan rumah adat dan budaya Indonesia. Lalu mereka juga memuji tehnik pengambilan gambar yang dari berbagai sudut. Dari situ ada yang berkomentar yang membuat aku sadar bahwa ternyata sebagian besar MV yang di buat oleh AKB itu pergerakan kameranya selalu di dominasi dari kiri bergerak kanan, Maju-Mundur, bahkan cendrung kameranya diam. Sangat jarang pengambilan gambar yang variatif misalkan shoot dari atas.
    Satu-satunya MV AKB yang sudut pengambilan gambarnya benar-benar kaya dengan tehknik kamera yang banyak bergerak itu cuma Gingham Check versi Joseph Kahn namun sayangnya MV ini mendapat banyak kritik mengenai story linenya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Umm, maksud aku sih bukan masalah lokasinya, tapi masalah lighting pas ngambil gambar dan editan videonya itu yang kurang wah, jadinya terkesan kusam. Kalo diinget-inget lagi, warna MV ini rada mirip ManaGuu deh. Atau Musim Panas Sounds Good, itu deh pokoknya.

      Aku sebenernya nggak pernah terlalu perhatian sama angle sebuah MV, mau kiri-kanan depan-belakang atau apa, tapi seinget aku KnP-nya AKB itu ada gambar yang diambil dari atas-bawah-dsb dsb. Yah aku nggak begitu tertarik soal beginian juga sih sebenernya, jadi nggak terlalu mikirin selama MV-nya masih enak diliat. Anyway, percuma juga kalo cara nge-shoot-nya dibikin unik tapinya malah jadi nggak enak diliat (kayak pas Nogi perform Natsu no Free and Easy live di mana gitu, jadinya malah bikin pusing).

      Kenapa beberapa bagian minus di MV ini kentara banget di mata aku? Karena belakangan ini lagi banyak banget MV yang dirilis. Dari AKB aja ada 5, SKE ada 5, NMB juga, belom lagi HyunA, Orange Caramel, SECRET, KARA, dst dst. Rata-rata semuanya punya visual yang bagus banget, jadi wajar lah kalo visual JKT yang tiba-tiba minus sendiri jadi terkesan mengganggu banget (bagi mata aku). Bagus deh kalo banyak yang muji-muji dan penasaran sama budaya Indonesia, tapi kalo aku ngeliat ada suatu hal yang berasa minus ya aku bakal bilang dan nggak akan diem doang. Pujian itu emang menyenangkan, tapi kritikan yang membangun itu selalu dibutuhkan. Toh ini juga buat perkembangan JKT sendiri kaan :)

      Hapus
  3. Tepat sekali. Kalau aku perhatikan yah kayaknya hampir semua tulisan blog ini terlalu sudut pandang cewek deh. Aku gak bilang itu jelek atau salah yah, justru jadi seru bisa baca-baca review tentang MV 48 family dari sudut pandang cewek. Selama ini saya aktif baca dari berbagai blog dan forum kebanyakan komentar itu berasal dari sudut pandang cowok. Haha2014x. Btw, sepertinya di blog ini saya tidak menemukan satupun review tentang MV HKT48 yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya aku kan cewek jadinya sudut pandangnya begini, gimana dong? :P

      Emang belom ada review MV-nya HKT. Dulu pas Sakutabe rilis ada niatan pingin review, tapi berhasil nemu MV-nya telat jadi mood-nya ilang duluan. Nggak taunya mereka butuh waktu sekitar dua abad pula buat rilis MV baru. Tapi insya Allah MV mereka yang katanya keluar bulan September ini bakal aku review kok, doain aja ya~ ^^

      Hapus
  4. Udah bagus sih sebenernya... Tapi efek cahaya dan make up seperti yang kamu bilang tadi rada bikin ganggu... Yah overall semoga kedepannya lebih bagus lagi deh~

    DAN YA AMPUN LAGU NOGIZAKA46 EMANG BAGUS BANGET NGET NGET! Berharap kemampuan vokalnya lebih mendukung lagu ini sih, abis lagunya bagus banget, tapi ya gimana ya hehe~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emangnya vokal Nogi di lagu ini menurutmu minus ya? :3

      Kalo aku sih udah cukup puas ngedengernya, vokal Ikuchan kan emang beraroma opera gitu. Lead vocal-nya Nogi sejauh yang aku denger punya range yang cukup luas, power yang lumayan, feel-nya oke, paling rada minus di tone doang. Kalo menurutmu gimana?

      Hapus
    2. Bukan minus juga sih, mereka udah bagus. Cuma mungkin kurang 'uhhh' gitu.. Tapi selebihnya sih aku puas. Cuma kurang greget dikit. Tambahin garem kali ya -_-

      Hapus
    3. Hee~

      Tunggu presentasi lengkapnya aja mungkin? Kali kalo didenger sambil liat MV-nya jadinya bakal lebih 'uwaaoow' xP

      Hapus
  5. Setelah ada peningkatan pesan di GC kemaren, MV buat KnP buatku jadi kerasa kurang maksimal...
    Beberapa hal yang agak ngeganjel kurang lebih sama ma yang dibilang Tuttu, a.l.:

    > Pengaturan brightness ma contrastnya kurang maksimal. Jadi MV-nya terkesan agak kelabu gitu (terutama yang di outdoor). Jadi kesannya MV ini kayak produksi tahun 90-an....
    > Editingnya MV-nya juga masih kurang halus n rapi. Jadi perpaduan background di green screen sama membernya di MV terkadang keliatan agak kaku n kurang lembut....
    > Sudut pengambilan gambar dari atas waktu di helipad justru kurang menghasilkan visual yang bagus karna ada banyak space kosong di depan formasi member. Sementara fans di belakangnya posisinya ternyata juga acak, alias ga dibentuk formasi tertentu. IMHO, ini jadi kurang nyaman buat dilihat...
    > Plakat yang ada di MV juga keliatan ga maksimal banget karena bahannya yang keliatan minimalis. Sayang sih klo buat MV tapi bahan plakatnya kayak orang mau demo...:P
    > IMHO, ekspresi ma senyuman Chikarina pas dishoot close up dapetnya agak aneh. Entah kenapa, senyumnya kayak dipaksain. Kurang natural...

    Selebihnya sih oke. Masalah kualitas vokal, menurutku semakin kesini semakin meningkat kok. Trus tentang ide nampilin budaya Indonesia itu menurutku itu ide brilian. Tapi ya itu tadi, beberapa minus yang ada jadi bikin MV ini kurang menggigit buatku. Klo asumsiku sih, mungkin karna single Kokoro no Placard dikasihnya agak mendadak, jadi mungkin pematangan konsepnya belum maksimal...:)

    NB: Klo ga salah, susunan senbatsu KnP ini mutlak ditentuin sama manajemen. Jadi klo Ayana ga masuk, itu mungkin lebih ke kebijakan manajemen aja....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin beberapa minus MV ini bener-bener akibat diburu waktu, karena sebenernya kesalahannya itu cuma kesalahan-kesalahan minor tapi karena banyak jadinya besar juga efeknya kalo digabungin dalam satu MV.

      Senbatsu KnP-nya JKT ini emang pilihan manajemen sih, tapi member yang dipilih kan biasanya yang populer/berpotensi untuk jadi populer/berpotensi untuk mendatangkan fans baru. Sejauh yang aku tau Ayana lumayan populer (walaupun tentu aja nggak di level Melody-Nabilah) jadi rada kaget aja pas dia nggak jadi Senbatsu di sini.

      Tentang Chikarina, kayaknya dari dulu dia emang begitu deh. Tapi mungkin terasa kurang natural karena dia sangat jarang tampil di MV AKB, dan sekalinya tampil pun biasanya screentime-nya cuma sepersekian detik kalo solo atau sekitar 1-2 detik kalo bareng-bareng member lain--jadi dia belom terbiasa. Semoga di masa depan dia bisa jadi lebih baik lagi, walaupun entah kenapa kayaknya dia nggak akan melaju ke 1st row-nya JKT :)

      Hapus
    2. Emang susunan senbatsu KnP agak unik sih...
      Tapi klo menurutku, kejutan terbesarnya justru masuknya Chikarina ke senbatsu sih. Terus tersingkirnya member potensial kayak Hanna, Yona, ma Rona (Ayana juga sih...:P) juga jadi kejutan lain...
      Tapi ya itu tadi, pasti mereka punya pertimbangan tersendiri. Entah itu dari potensi member ato pertimbangan pemerataan peran....:)

      Hapus
    3. Di detik aku tau kalo Chikarina ditransfer ke JKT, aku langsung yakin dia bakal masuk Senbatsu (karena dia member AKB, tentu aja). Member kayak Hanna-Yona-Rona sih menurut aku posisinya emang sangat nggak aman, karena mereka termasuk member yang bisa out dari Senbatsu sewaktu-waktu, jadinya aku nggak heran juga ngeliat mereka nggak jadi Senbatsu di single ini.

      Ayana cenderung punya popularitas yang lebih stabil, jadi kupikir dia bakal dipertahankan. Kejutan paling besar bagi aku di single ini adalah kenyataan kalo Dhike masuk Senbatsu; mengingat dia nggak berhasil dapet rank di Sousenkyo kemaren. Seneng rasanya tau kalo manajemen masih percaya sama dia :)

      Manajemen pasti lah punya pertimbangan sendiri, dan sejauh ini mereka emang selalu bisa ngeliat potensi member (bahkan yang dulunya dianggap super useless sama sebagian besar fan pun) jauh lebih baik dari fans. Toh mereka juga yang tau gimana keseharian member sebenernya, nggak kayak fans yang cuma tau dari apa yang diperlihatkan doang :D

      Hapus
  6. Misalkan PV Nogizaka46 Nandome no Aozora ka udah rilis, tolong review ya :) Disini udah pernah review MV Nogi belum sih? kalo belum pernah, single single sebelumnya tolong review juga ya, terutama Girl's Rule :) Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah di-review kok, sekarang kan udah jadi Nogi-oshi :D

      Sebelumnya udah pernah review Natsu no Free and Easy sama Sono Saki no Deguchi kok, tapi kalo MV yang udah rada lama rilisnya aku males nulisnya, hehe. Maaf yaa ^^

      Hapus
  7. Eh? FG ini maksudnya MV-nya Future Girls; Seikaku ga Warui Onna no ko bukan? Emang ada kemiripannya ya?

    BalasHapus
  8. aku setuju sama yang bagian "kostum". Pas liat MV nya yang pertama aku pikirin itu "ko kuning ijo lagi ya?" menurutku JKT udah (menurut pengamatan aku) sering pakai kostum yang nuansa nya kuning ijo. Kalau secara konsep mv sih bisa dibilang lumayan, ya sedikit dibawah GC JKT.
    Kalau dari segi Make up aku setuju banget sama pendapat kaka, kata aku member keliatan lebih tua daripada aslinya. Selama ini sih, pendapat aku dari seluruh MV JKT48, baru MV GC yang bikin aku puas. Moga2 di single selanjutnya MV nya bisa lebih dari KnP ya ^^>.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang sering ber-kuning ijo ria ya? Aku nggak tau ~

      Semoga bisa lebih baik dari KnP yaa :D

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...