Minggu, 17 Agustus 2014

Di Mana Download-nya?

Apa kamu pernah kesulitan nyari MV atau lagu dari 48G atau Nogizaka46? Lain dengan JKT48 dan SNH48 yang MV-nya tersebar luas di Youtube, kamu nggak akan nemu MV terbaru AKB-SKE-NMB-HKT48 disajikan di Youtube kalo masih deket tanggal tayangnya. AKB biasanya bakal upload MV-nya beberapa bulan setelah rilis, tapi coupling-nya mah tetep aja nggak di-upload. SKE48 udah nggak pernah lagi upload MV penuh ke Youtube, nggak tau deh NMB dan HKT gimana. MV Nogizaka46 di-upload ke Youtube sih, tapi nggak bisa ditonton sama yang di luar Jepang. Sekarang ada VEVO-nya, tapi tetep aja nggak mengandung semua MV-nya.

Jadi, gimana dong kalo kepingin liat/denger MV/lagu mereka sebelum memutuskan buat beli CD tipe apa?   

MV

Setiap kali ada yang nanya di mana bisa ngeliat atau donlod suatu MV 48G (yang grup Jepang maksudnya) atau Nogizaka46, tanpa berpikir dua kali aku pasti bakal menyarankan JPopSuki. Kenapa? Karena kalo kamu nyari di google, misalnya "Nogizaka46 (judul MV-nya)" biasanya sih yang ada di result paling atas itu JPopSuki. Jadinya gampang dan nggak repot, kan?

Tapi, sebenarnya dan sesungguhnya, aku sendiri malah sebisa mungkin nggak donlod dari JPopSuki. Bukan apa-apa, tapi file dari JPopSuki ukurannya cenderung lebih gede daripada beberapa situs lain meskipun kualitasnya nggak jauh beda atau mungkin malah sama. Itu sama sekali bukan masalah sih seandainya hardisk lepi aku masih punya banyak ruang kosong, tapi sekarang ini aku bahkan harus ngehapus beberapa file sebelum masukin file baru hasil donlod. Tinut tinut tinut, warna indikatornya pun udah nyaris selalu merah.


Jadi, sebisa mungkin aku coba cari di Dailymotion, Facebook, atau Vimeo aja. Dulu. Belakangan ini sih aku lebih suka donlod dari Alive aja. Itu situs Thailand yang hurufnya pun aku nggak bisa baca, tapi toh kamu nggak perlu keahlian baca-ngerti bahasa Thailand buat sekedar donlod video doang. Kualitas videonya kayaknya sih sama aja sama JPopSuki, tapi dalam ukuran yang lebih kecil. Asiknya lagi, di Alive itu juga ada banyak koleksi live performance, variety show, dan banyak hal lain. Yuhuhu banget deh xD


Song

Nah, kalo pingin coba denger lagu baru 48G atau Nogizaka46, mungkin buat referensi sebelum kamu beli CD-nya atau buat donlod lagu dari CD tipe lain selain yang kamu beli, coba deh ke NhacCuaTui. Itu website Vietnam, seperti biasa aku nyaris nggak bisa baca tulisan di sana dan sama sekali nggak ngerti bahasanya. Di NhacCuaTui ini, kamu bisa dengerin atau donlod lagu bahkan yang baru aja keluar.

Kalo pingin denger lagu yang udah rada lama atau lagu teater, mendingan coba ke mp3.zing.vn aja. Lagi-lagi ini website Vietnam. Sekarang udah nggak bisa dengerin lagu lagi di website ini, jadi paling cuma bisa donlod aja. Positifnya, di website ini kamu kayaknya bisa nemu bisa nemu lagu 48 yang udah super jadul sekalipun.

Lagu JKT mah bertebaran di mana-mana, tapi kayaknya lagu SNH juga rada susah dicari ya? Aku nggak segitu tertariknya sama SNH sih, tapi kalo pingin denger atau donlod mendingan coba ke blog fansclub-nya SNH aja, di situ disediakan link-nya kok.


Setelah liat MV-nya dan denger lagunya, setelah dipertimbangkan dengan baik, jangan lupa beli CD aslinya ya~  kalo kamu punya cukup uang lebih :D
Seandainya kondisi finansial belum memungkinkan ya mau gimana lagi, tapi jangan dibiasakan pake yang ilegal gitu yaa, hohoho ^^

11 komentar:

  1. Kamu pernah beli CD ori nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum :P
      Belum punya penghasilan sendiri siih~

      Hapus
    2. Padahal mau nanya belinya dimana yang ori nya ._.
      Kira-kira tau gak beli yang ori nya dimana?

      Hapus
    3. Ijin bantu jawab ya....
      Klo mau beli SWAGS original, mendingan langsung ke situs belanja online. Ada macem-macem kok, kayak CDJapan, YesAsia, ato eBay yang bisa diakses.
      Ato klo ga mau repot ngurus semua prosesnya, jasa penitipan SWAGS juga dah mulai banyak kok di Indonesia. Coba aja cari di lama Facebook. Klo yang aku tau sih ada jasa penitipan SWAGS macam rVn-musikindo ato AKB48 Groups Official SWAGS di FB...

      Tapi inget, klo beli barang original impor dari Jepang, harus siap dana juga buat biaya kirim sama bea masuk ke Indonesia lho. Jadi jatohnya bisa jauh lebih mahal....

      Hapus
    4. makasih buat Robertus yang udah bantu jawab ^^

      mau nambahin aja, kalo pingin beli online katanya sih dibanding CD Japan/YesAsia lebih murah HMV.
      kalo nggak ada PayPal, mungkin mending ke yang lebih 'deket' aja. aku pernah jalan-jalan ke Indowebster, ada yang menerima pesanan juga. atau bisa juga coba di Jiaemi--ini yang punya orang Singapur kayaknya--dia juga menerima pesenan (dan kalo lagi masa Sousenkyo dia juga jual tiket voting tanpa CD). nggak CD doang, tapi juga foto dan merchandise yang lain.

      semoga bisa membantu :D

      Hapus
  2. Oya, malah baru tau klo di HMV juga ada CD/DVD Jepang n bisa lebih murah. Trims, bisa jadi referensi baru ni..:)

    Iya Tuttu (seriusan ni panggilannya Tuttu? :P), di laman FB yang aku sebutin tadi juga jual Photobook, Photopack, dll. juga. Pokoknya SWAG (istilah buat merchandise official di kalangan fans 48G) secara umum bisa dipesen kok. Kebetulan klo rVn basisnya sekota ma aku, jadi bisa hemat biaya kirim via JNE...:P
    Tapi ya itu tadi, klo pesen barang original dari Jepang ato Hongkong biasanya berat di ongkos kirim sama bea cukai. Bisa nembus 75% dari harga barang sendiri. Kemaren sempet coba beli Mini Photobooknya Yukirin, dan ongkir+bea cukainya justru lebih mahal dari harga barangnya :(. Jadi klo saranku klo mo beli original, mending lewat jasa penitipan aja biar biaya ongkirnya bisa ditekan...:)

    Ya, itu sedikit info n gambaran aja. Semoga membantu...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow. Jadi mending nitip beli ke temen yang lagi ke Jepang aja ya kalo mau super irit mah? Emangnya kamu pas beli mini photobook Yukirin jadi kena berapa (dan harga aslinya berapa)? Kalo harga CD single di jasa penitipan itu kira-kira jatohnya jadi berapa ya?

      Kata orang sih, kalo di CD Japan itu agak mahal tapi bagus packaging-nya, di HMV paling murah dibanding CD Japan/YesAsia, dan YesAsia itu yang paling nggak direkomendasikan. Benefit dari beli langsung ke sana tuh dapet bonus foto ekstra dari tokonya, dan beda toko biasanya beda juga stok fotonya :)


      btw ini nama Tuttu beneran potongan dari nama asli loh~ ' 3 ' ) /

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Klo ada temen yang pas lagi di Jepang ya jelas mendingan nitip skalian lah pas dia pulang ke Indonesia :). Jelas jauh lebih irit. Tapi sebenernya mahal ato murah tergantung jasa pengiriman yang dipilih sih. Tapi klo yang murah, resikonya ya sampenya lama (bisa dua bulan baru sampe) dan klo apes, barangnya jadi agak rusak (case CD retak, dsb.).

      Klo di jasa penitipan, biasanya CD di kisaran Rp. 150K s.d. 200K sih setauku. Tapi klo yang DVD biasanya Rp. 250K s.d. 300K (ilustrasi aja, kemaren liat di jasa penitipan, Kokoro no Placard Limited Edition dibanderol 1524 Yen (sekitar Rp. 170K) di Jepang, tapi dihargai Rp. 250K klo lewat jasa penitipan). Ga paham sih itung"annya gimana, tapi yang jelas kita tinggal terima beres kayaknya..
      Oya, tapi itu belum termasuk biaya kirim dari lokasi jasa penitipan ke alamat kamu loh. Klo kemaren sih pas beli Photobooknya, harga di web cuma sekitar Rp. 60K klo diubah ke rupiah. Tapi klo biaya bersih sampe ke Indonesia, bisa dikisaran Rp. 150K totalnya...:(

      Klo beli CD/DVD sih disaranin cari toko yang bagus di packagingnya biar aman. Iya, klo beli original emang kadang dapet benefit bonus dari tokonya (yang per toko beda bonusnya). Denger" klo lewat jasa penitipan juga tetep dapet kok. Karna mereka cuma ngebantu buat ngorderin secara massal ke toko di Jepang aja biar ongkirnyabisa lebih murah.

      Hhhm, unik juga ya namamu :). Btw maap nih long post lagi..:P

      Hapus
    4. Wah jadi banyak 'ilmu' ni jadinya. Makasih banyak yaa udah nge-share ^^

      Hapus
  3. Makasih Robertus, tuttu-chan, sangan membantu ^^

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...