Sabtu, 11 Oktober 2014

SNH48 Uza MV Review

Aku sejak dulu emang udah berniat nge-review Uza ini begitu MV-nya keluar sih, tapi siapa sangka godaannya gede banget. Kemaren ceritanya lagi rada sibuk (ahem), tapi pas udah mulai ngumpulin niat buat nulis, malah Flower yang ngeluarin MV baru; Akikaze no Answer. Dan siapa sangka, ternyata lagu berikut MV-nya super duper keren! Uza? Lewat deh (tapi aku nggak pernah bener-bener suka lagu Uza juga sih, cuma suka performance-nya aja--dan ini kebetulan adalah lagu pertama Flower yang bener-bener nyantol di telinga). Beneran. Bahkan aku nulis ini masih sambil ngedengerin lagu itu.

Ada godaan sangat kuat buat nge-review MV Akikaze no Answer itu duluan, tapi yah sepertinya Uza lebih 'mendesak', jadi mungkin harus dibikin sekarang :P


Senbatsu Uza ini berdasarkan hasil Sousenkyo SNH kemaren. Tapi karena Uza itu konsepnya buat double center, jadilah yang jadi center di sini nggak cuma Zhehan yang #1 aja, tapi WanWan yang #2 juga.


Ceritanya, di awal member dikuasai sama sesuatu, mungkin mantra, yang bikin mereka membeku bagaikan patung. Lalu mantra itu diangkat dan member pun bisa bergerak dengan bebas lagi.



Setelah member terlepas dari mantra itu, mereka jadi dikendalikan sama nafsu mereka sendiri--mungkin kurang lebih gitu. Kalo diliat MV-nya aja sih terkesan kayak storyline-nya nggak jelas banget, tapi nyatanya sih menggambarkan liriknya dengan baik, kayaknya lebih baik dari Uza-nya AKB malah.


Secara visual, MV ini top banget. Set-nya keren, make up-nya bagus, tatanan rambutnya pun pas banget sama imej tiap member. Kostumnya pun bagus, yang per individu sukses buat bikin member keliatan gorgeous dan elegan sementara kostum dance-nya kayak kostum gladiator versi cewek yang bikin mereka keliatan lebih tangguh. Efek pencahayaannya indah, dan camera work-nya pun rapi.


Scene-nya pun lumayan, Zhehan-WanWan-Savoki dapet scene sendirian dan yang lainnya bareng-bareng baik berdua atau lebih.


Kalo kamu ngeliat member di sini tanpa tau kayak apa wajahnya dan cuma berpatok sama foto profil aja, kamu alamat bingung banget. Pasalnya, semua member di foto profil keliatan kucel banget dan keliatan sekitar tiga level lebih jelek dari yang aslinya. Parahnya kebangetan deh. Aku udah nyoba nyocok-nyocokin wajah member di foto profil sama yang di MV, tapi tetep aja sulit.


Beberapa fans bilang kalo MV ini bagus banget dalam nyaris semua hal--selain dance-nya. Kalo dibandingkan sama versi AKB, mereka emang keliatan lebih stiff dan kurang bertenaga sih.


Tapi pas aku liat ke bagian bawah kostum mereka, kayaknya bisa dipahami deh kenapa koreo mereka jadi kayak begitu. Gimana enggak, mereka nge-dance pake kill heels sementara selama ini AKB kalo perform Uza selalu pake bot yang nyaris datar. Pantes aja. Aku pernah sempet baca sih kalo Uza versi SNH ini dance-nya emang sengaja dibikin rada beda sama versi AKB, entah deh lupa bacanya di mana dan entah dibikin beda ini maksudnya beda yang kayak gimana.


Pas di bagian klimaks, ada empat member yang ngelakuin sesuatu yang aku nggak tau apa namanya (untuk sementara, anggep aja push-up dance). Dua member di kiri udah ngebawain dance itu dengan rapi, tapi dua member di kanan kecepetan jadinya nggak sinkron sama member di kiri. Dua member di kiri itu konon adalah GuanHui dan Zhehan. GuanHui! xD


Lagunya rada beda sama versi aslinya. Nggak terlalu 'keras', tapi kalo nggak sungguh-sungguh diperhatiin sih mungkin nggak akan begitu berasa bedanya.


Distribusi screentime-nya lumayan, tapi tentu aja frontgirls dapet screentime yang bisa dibilang bejibun. Member dengan rank yang lebih rendah dapet screentime cuma sekitar sepersekian detik. Nggak luar biasa sih hal kayak gini terjadi mengingat ini kan bagian dari 48G.


Di beberapa bagian formasi  dance, entah kenapa Yuge keliatan kayak center-nya. Agak aneh sih, mengingat adanya empat member yang rank-nya lebih tinggi dari dia. Apa Yuge sengaja diorbitkan buat jadi himitsu center?


Semua member keliatan cantik di sini, tapi WanWan yang bener-bener shining. Auranya mature dan elegan, ekspresinya bagus, sampe sulit percaya kalo sebenernya dia kelahiran '97.


Kesimpulan: aku suka MV ini. Enak buat cuci mata dengan kemewahan visualnya, meskipun dance-nya rada lack. Tentu aja keberadaan GuanHui dengan tampilan oke juga bikin MV ini punya nilai tambah tersendiri meskipun aslinya aku lebih suka liat dia pake kostum ala prince. MV ini bener-bener ngasih efek positif bagi aku (dan mungkin bagi fans lainnya juga) buat mencoba mengenal SNH lebih jauh.


Btw aku ngerjain ini sambil ngantuk-ngantuk dan sempet ketiduran di tengah-tengah, jadi seandainya ada kalimat yang absurd atau nggak jelas atau apa tolong dikasih tau biar dikoreksi ya~~ :P

Anyway, gimana pendapatmu tentang MV ini?

26 komentar:

  1. Suka MV nya tapi agak kecewa dgn Dancenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin latihan buat dance-nya belum maksimal karena diburu waktu, mungkin juga ada faktor lainnya. Tapi Uza emang seharusnya jangan dibawain cuma member yang sekedar populer (atau yang punya wota kaya, tepatnya), lebih baik sama member yang bener-bener capable yang dipilih sama manajemen. Tapi mengingat hype dari Sousenkyo pertama itu sendiri, salah satu lagu paling wah buat di-remake dan menimbulkan ekspektasi tinggi itu ya emang Uza. Jadinya plus-minus gini deh ...

      Hapus
    2. Bener nih. Lagu UZA lebih cocok senbatsunya dipilih sama manajemen ketimbang sounsekyo walaupun lagu UZA dapat menimbulkan ekspentasi yg tinggi. Dan menurut ku untuk sounsekyo SNH seharusnya tidak memilih lagu UZA karena center dilagu tersebut double. Kasihan yg dapet Peringkat pertama udah menang sounsekyo taunya malah double center. Waktu SNH mengumumkan lagu UZA aku kira koreo nya bakal beda dgn AKB dan tidak double center. Dan centernya cuma Wu Zehan. Tapi ternyata tetap double center

      Hapus
    3. Disayangkan banget sih, tapi ya repot juga ngatur ulang formasi dan yang lainnya--pastinya butuh waktu yang lama dan jangan-jangan kalo kelamaan orang malah lupa duluan mereka bakal nge-remake lagu itu. Tapi aku bersyukur sih Zhehan nggak jadi solo center untuk Uza, karena walaupun dia dance-nya lumayan tapi kharismanya kurang, auranya nggak berasa, dan sejujurnya menurut aku dia plain sebagai center. WanWan appeal-nya kuat banget, di satu sisi berefek positif buat MV-nya Uza tapi di sisi lain jadi kayak menutupi Zhehan (walaupun sebenernya aku sama sekali nggak keberatan sih).

      Kesimpulannya, Uza emang bukan pilihan terbaik buat jadi single Sousenkyo :P

      Hapus
    4. Iya benar juga di MV ini Wanwan nutupin zhehan. Aku kira yg bakal menang sounsekyo SNH savoki tapi malah gk nyangka savoki kena yg ke 3. Klw masih ada tang min apakah dya yg akan terpilih ?

      Hapus
    5. Menang Sousenkyo nggak berarti member tersebut paling populer atau paling banyak fans kan, tapi tentang member yang punya wota kaya/mau keluar uang buat dia. Member yang populer tentu aja punya kesempatan lebih besar, tapi wota yang kaya dan berdedikasi itu seringnya lebih berpengaruh. Misalnya, kalo casual fans mungkin ngasih 1-2 vote buat oshimen-nya, tapi wota yang kaya mungkin bisa beli langsung 1000 vote. Seandainya popularitas = kemenangan, Nabilah nggak akan jadi #6 di Sousenkyo-nya JKT kemaren. Tapi aku nggak tau persis juga sih gimana popularitas Savoki sebenernya, abis kayaknya dia sering absen juga.

      Seandainya Tang Min ada? Entah ya... dia shining banget sih kalo lagi perform. Sejauh yang aku tau, awalnya Savoki yang mau dijadiin center SNH tapi karena Tang Min populer di kalangan fans jadi dia yang agak lebih di-push pas awal debut dulu. Ada skandal sih, tapi aku nggak tau juga seberapa besar efek skandal itu bagi fans-nya. Seandainya Tang Min stay dan jadi center untuk semua single SNH, mungkin dia bisa jadi sangat populer dan punya kesempatan untuk menang yang lebih besar dari Savoki, tapi sama sekali nggak bisa dipastikan karena selalu ada kemungkinan dia kehilangan beberapa fans potensial karena skandalnya itu ...

      Hapus
    6. Oke. Thanks udah review MV ini

      Hapus
  2. Sekali lagi thanks banget udah review MV nya. Sebenarnya menurut saya SNH sendiri sudah mengerti bahwa dance bukanlah kekuatan utama mereka. terlihat bahwa di MV ini scene dancenya mungkin gak ada yang lebih dari 3 atau 4 detik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dance-nya SNH lumayan bagus sih kalo buat lagu yang udah ditampilkan beberapa kali, tapi di masa awal (termasuk pas MV-nya dibikin) gini emang biasanya masih kurang rapi. Sedihnya, waktu 3-4 detik untuk dance scene itu udah lebih dari cukup buat bikin MV ini jadi minus :(

      Hapus
  3. (MV) SNH48 - UZA (HD) https://www.youtube.com/watch?v=z6SaClckjnA

    BalasHapus
  4. Review "Kyou Made no Melody" please???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah maaf, aku cuma nge-review latest MV aja ...

      Hapus
    2. Yaudah nnti MV-nya AKB48 yang single terbaru (Kibouteki Refrain), gak sabar mau liat MV-nya XD

      Hapus
    3. Oh, insya Allah itu emang rencana bakal dibikin kok ^^

      Hapus
  5. Kok banyak yang ngomong "himitsu center" di forum-forum. Sampe sekarang belum tau apa artinya, emang artinya apa sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Himitsu artinya rahasia, jadi himitsu center kira-kira bisa diartikan jadi center rahasia/center tersembunyi. Istilah ini biasa dipake buat member yang nggak jadi center tapi keliatan mencolok dalam formasi dance. Misalnya kayak di lagu yang pake double center, member yang ada di tengah 2nd row dan kebetulan posisinya tepat di antara kedua center itu kan kira-kira ada di posisi 0 dalam formasi dance, jadi kemungkinan dapet screentime yang sama banyaknya kayak si center (atau malah lebih banyak dari center-nya sendiri, kalo dalam kasus Sasshi mah). Yang model begini biasa disebut dengan himitsu center ...

      Hapus
  6. pintunya ju jingyi gampang banget dibuka, perabotannya qiu xinyi gampang banget disingkirin, property made in china semua wkwkwkwkwkwk tapi tetep armored savoki yg paling keren B)

    BalasHapus
    Balasan
    1. :O

      Barang buatan China banyak yang bagus loh, tapi karena daya beli sebagian besar masyarakat Indonesia masih rendah jadinya yang diimpor Indonesia ya barang-barang kualitas rendah juga :)

      Aku inget banget dulu liat jepit rambut buatan China harganya 20 riyal, dengan kurs sekarang jadinya kira-kira 60 idr. Kalo di negara yang penduduknya makmur, yang diimpor ke sana juga barang bagus *jadi ngelantur

      Hapus
    2. Dari pada kenalan ane, jauh-jauh keluar negeri, pilih-pilih sendal bagus dan menurutnya cantik, pas pulang ternyata made in Indonesia. Bangga juga sih ternyata produk sendiri bisa sampe keluar, sudah gitu mahal pula harganya. Haha2014x *ikutan ngelantur.

      Kira-kira yang bakal dapat single ori duluan SNH atau JKT? Feeling ane sih masih JKT yang dapat duluan meski SNH punya banyak sponsor dan sudah mencover lebih banyak lagu.

      Hapus
    3. Aku baca di mana gitu, di single ke-8 JKT bakal bikin remake Mae Shika Mukanee terus di single itu ada lagu ori-nya satu. Tapi aku nggak pernah baca info tentang itu di forum--kayaknya itu cuma hoax doang ya?

      Nggak bisa diterka sih siapa yang bakal dapet duluan; pertama ada kendala bahasa. Berhubung Aki-P yang bakal nulis liriknya, kayaknya lebih sulit buat nulis lirik bahasa Indonesia ketimbang bahasa Mandarin (yang masih agak sedikit nyangkut sama bahasa Jepang juga, bukan?).

      Jumlah lagu yang udah di-remake sama SNH lebih banyak, tapi hubungan dan koordinasi sama Jepang-nya lebih dekat JKT. Hubungan yang deket ini bikin JKT berpotensi buat dibikinin lagu ori duluan, apalagi mengingat progress-nya yang lebih nyata dari SNH. Dan menurutku emang JKT duluan deh yang bakal dapet, mengingat umur mereka yang lebih tua dari SNH juga.

      Entah kenapa, mendadak aku jadi kepikiran kalo seandainya JKT dapet lagu ori duluan, lagu itu ditulis Aki-P dalam bahasa Inggris terus baru deh diterjemahin ke Indonesia. Mungkin ini cara paling instan yang ada; versi Indonesia-nya jadi sekaligus versi Inggris-nya juga. Sekali mendayung dua pulau terlampaui tuh :P

      Hapus
  7. Bagian Yuge itu di AKB bagian Tomochin bukan?

    BalasHapus
  8. just info, yg tuttu chan sebut "push up dance" itu namanya "scorpion dance"
    tapi gapapa sih, mengingat wu zhezhan pas scene itu kayak lagi push up wkwkwkwkwkwk :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga taunya itu namanya scorpion dance sih, tapi aku nggak yakin itu nama official-nya atau nama yang dibikin sama Infinite aja (aku taunya pas ngeliat VS tentang Infinite abisnya) jadi daripada mecem-macem dan supaya yang baca juga bisa ngerti dengan lebih mudah (?) jadi nyebutnya 'push up dance' aja deh :D

      Hapus
    2. Gak usah pake alasan kill heel, min! Emang dari dulunya snh48 buruk dancenya. Heran gua kenapa hasil audisi kayak gitu.?

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...