Selasa, 28 Oktober 2014

Members' Signature Song

Hola! Setelah 'hiatus' nulis blog selama, eh, beberapa hari (ohoho), kali ini aku pingin ngebahas tentang signature song. Ada yang belum paham apa maksudnya? Ceritanya kan di grup dengan member bejibun ala 48/46 ini ada beberapa lagu yang sering diasosiasikan dengan member tertentu. Entah karena dia adalah center-nya, atau lagunya si member itu banget, atau mungkin ada alasan lainnya. Nggak semua member, meskipun sangat populer, berkesempatan untuk punya signature song ini. Bahkan Acchan sekalipun (setau aku) nggak punya signature song--saking banyaknya lagu yang menjadikan dia sebagai center.

Jadi, lagu apa aja yang dianggap sebagai lagunya seseorang?

Heavy Rotation >> Oshima Yuko


Salah satu hal yang jadi pertanyaan banyak fans pas Yuko mau graduate mungkin adalah siapa yang bakal jadi center Hebirote selanjutnya. Hebirote emang feel-nya Yuko banget, jadi kayaknya sebagian besar fans (terutama Yuko-oshi), apalagi pas Yuko baru graduate, berasa ada yang janggal seandainya ngeliat performance Hebirote tanpa Yuko.


Oogoe Diamond >> Matsui Jurina

Meskipun Jurina member SKE, nyatanya lagu paling bersejarah dalam perjalanannya sebagai idol sejauh ini adalah Oogoe Diamond, lagu pertama dengan dia sebagai center sekaligus pertama kalinya lagu AKB dibawakan dengan center non-AKB. Aku nggak akan heran seandainya di masa depan nanti meskipun Jurina bakal dapet lagu solo, tetap Oogoe Diamond-lah yang bakal dinyanyikan pas graduation-nya karena nilai sejarahnya.


Mushi no Ballad >> Akimoto Sayaka


Lagu ini adalah lagu solo Sayaka di salah satu setlist Team K. Lagu ini udah dinyanyiin sama banyak member lain, tapi konon kalo dinyanyiin sama Sayaka feel-nya tuh beda (aku prefer versi Harunyan sih sebenernya), dan ini adalah lagu yang didukung oleh Sayaka-oshi di setiap Request Hour.


Kimi no Koto ga Suki Dakara >> Takajo Aki


Bisa dibilang lagu ini adalah lagu B-side paling populer sepanjang perjalanan AKB. Nama Akicha sebagai center lagu ini pun ikut melonjak karenanya, terlebih penampilannya di MV pun oke banget. Lagu ini juga digunakan fans untuk menunjukkan dukungan mereka terhadap Akicha di berbagai kesempatan.


Kareha no Station >> Matsui Rena


Kareha no Station adalah lagu solo pertama yang ada di SKE, dan diberikan untuk salah satu dari wcenter SKE; Rena. Lagu ini feel-nya emang kayak Rena banget. Kenyataan bahwa Team S perform Seifuku no Me (setlist yang mengandung lagu ini) selama sekitar tiga abad juga mendukung 'penyatuan' antara Rena dan lagu ini.


Ue Kara Mariko >> Shinoda Mariko


Dari judulnya pun udah bisa ketebak, kalo lagu ini bisa dibilang lagunya Mariko. Mariko jadi center lagu ini setelah jadi pemenang turnamen janken kedua, dan title song di single itu pun diubah untuk menyesuaikan dengan center-nya.


Eien Pressure >> Shimazaki Haruka


Lagi-lagi karena Janken. Paruru jadi center lagu ini setelah menang turnamen Janken ketiga, dan lirik lagu yang menggambarkan dirinya banget bikin lagu ini adalah lagu pertama yang terlintas di kepala sebagian besar fans pas namanya disebutkan.


Heart Gata Virus >> Kojima Haruna


Lagu ini cukup populer dan sering dibawakan di berbagai konser. Konon center lagu ini sebenernya adalah Oshima Mai, tapi berhubung MaiMai graduate maka sampe sekarang lagu ini jadi diidentikkan dengan Harunyan.


Warukii >> Watanabe Miyuki


Lagu ini adalah lagu solo Miruki. Nggak tau sih liriknya tentang apa karena nggak ngecek juga, tapi sejauh yang aku liat dari performance-nya Warukii ini emang menguarkan Miruki-vibe yang kental banget.


Hashimoto Nanami >> Sonna Baka na


Nanamin emang bukan center lagu ini, tapi penampilannya yang bener-bener impresif di MV bikin banyak orang (kayaknya sih) otomatis keingetan tentang dia alih-alih si center sendiri.  Apalagi cuma Nanamin seorang yang pake properti setiap kali Nogi perform lagu ini. Ditambah lagi kamera yang mendadak jadi suka banget sama dia setiap kali lagu ini dibawakan, bikin Nanamin tambah kuasosiasikan diasosiasikan sama lagu ini aja deh.


Temodemo no Namida >> Kashiwagi Yuki



Ini adalah salah satu lagu teater yang paling populer, dan udah ada banyak versi dari member-member lainnya yang dibawain di berbagai konser. Yukirin emang udah punya banyak lagu unit dan solo, tapi yang paling mendekati kata 'signature' sih kayaknya lagu ini.


Koisuru Fortune Cookie >> Sashihara Rino


Aku nggak tau sih apa lagu ini bener-bener diidentikkan sama Sasshi apa enggak, tapi jelas Sasshi-oshi menjadikan lagu ini sebagai bentuk dukungan, jadi ya udah dimasukin dulu aja.


Kiseki wa Ma ni Awanai >> Miyazawa Sae


Imej Sae itu kayak gimana sih? Super ceria? Boyish? Hardworker? Semuanya tergambar di lagu ini, yang populer dengan koreografinya yang melibatkan topi di bagian klimaks. Koreo ini cukup sulit, dan nggak semua member berhasil perform bagian ini dengan sempurna.


Manazashi Sayonara >> Furukawa Airi


Lagu ini bagus banget, sedih tapi penuh tekad di saat yang sama. Rada berlawanan sama Airin yang populer dengan kecintaannya pada dunia dua dimensi dan agak-agak pervert, tapi vokal Airin di sini mengekspresikan lagu dengan indah. Ada banyak member yang udah menyanyikan lagu ini juga, tapi konon nggak ada yang menyaingi auranya Airin saat perform.


Nandome no Aozora ka? >> Ikuta Erika


Ini adalah title song Nogizaka46 pertama yang menjadikan Ikuchan sebagai center. Lagunya bagus, sedikit dark dan sedih, tapi juga penuh harapan. Vokal Ikuchan yang kuat dan stabil di bait pertama bikin lagu ini terdengar magis--sebelum chorus dimulai :P


Haste to Waste >> Kawaei Rina


Ricchan jadi dianugerahi lagu ini setelah terpilih dan dinobatkan sebagai center BKA48, alias center dari kumpulan member AKB yang baka; dengan kata lain Ricchan adalah yang paling baka dari semuanya. Di beberapa performance, Ricchan tampil dengan boneka yang dihubungkan sama tangannya dengan tongkat (aku nggak bisa ngejelasin ini dengan baik, nih) dan itu adalah salah satu bagian yang bikin lagu ini jadi berkesan.


Barrette >> Hori Miona



Kondisi Miona pas jadi center lagu ini rada mirip kayak pas Jurina jadi center Oogoe Diamond. Orang baru, bukan siapa-siapa, tiba-tiba ditaro jadi center. Salah satu perbedaan (positif bagi Miona) adalah Jurina bukan member AKB, sementara Miona sepenuhnya member Nogi, jadi tanggapan fans pun nggak separah di masa Jurina dulu.


Cross >> Takayanagi Akane



Akane a.k.a Churi adalah performer yang bagus banget, dan dulu nyaris selalu dipercaya buat jadi under-nya Jurina/Rena. Kekuatan performance-nya disajikan di lagu ini, di setlist ori Team KII yang diminta Churi langsung pada Aki-P, Ramune no Nomikata. Konon nggak ada member  yang bisa perform lagu ini sebaik Akane (dan Jurina), bahkan member senior AKB pun keliatan kayak ada yang kurang pas lagi ngebawain lagu ini.


Show Fight! >> Muto Tomu



Tomu jadi center lagu ini karena dapet peringkat ke-49 di Sousenkyo tahun 2013. Lagu ini pas banget dengan imej Tomu yang cool dan tangguh. Ditambah lagi penampilan Tomu yang sangat oke di MV-nya, bikin lagu ini jadi terus diasosiasikan dengan namanya.


Chewing Gum no Aji ga Naku Naru Made >> Nagao Mariya



Mariyagi jadi center untuk lagu UpComing Girls ini setelah mendapatkan peringkat ke-65 di Sousenkyo 2014. Penampilan Yagi yang sangat impresif dengan aura yang bersinar bikin lagu ini bisa dibilang resmi jadi 'lagunya' Yagi.


Zakuro no Mi wa Yu'utsu ga Nantsubu Tsumatte Iru? >> Yamada Mizuho


Sejauh ini Mizuho udah jadi center di dua lagu SKE, tapi dibandingkan dengan pas di Escape, penampilan Mizuho di lagu ini terasa lebih kental, dan peranannya pun kayak lebih berarti.


Oshibe to Meshibe to Yoru no Chouchou >> Ohori Megumi



Lagu ini berkesan rada seductive dan mendesah-desah, liriknya pun lumayan menjurus; dengan kata lain, Meetan banget. Kayaknya sih sebenernya Kasai yang jadi #1 di lagu ini (mengingat perbedaan popularitas antara keduanya juga) tapi lagunya yang terlalu beraroma Meetan bikin orang jadi lebih mudah inget Meetan kalo denger lagu ini.


Ookami to Pride >> Kizaki Yuria



Bagi telinga aku, lagu ini boring luar biasa dan kayaknya aku nggak pernah nonton performance lagu ini sampe abis--biasanya kurang dari satu menit udah langsung di-skip. Tapi inilah lagu yang sering diasosiasikan dengan Yuria, yang menggambarkan sisi cute-nya dengan baik.


Choose Me! >> Kitahara Rie



Lagu ini adalah lagu Team YJ, tim yang terdiri dari beberapa member yang mewakili majalah Young Jump untuk bersaing dengan majalah Weekly Playboy (yang diwakili Team PB) dan bersifat sementara aja. Kitarie dipilih jadi center untuk lagu ini, dan lagu ini jadi dikaitkan dengan namanya. Sejujurnya aku nggak tau banyak tentang Kitarie, jadi tolong dikoreksi seandainya sebenernya hubungan antara Kitarie dan lagu ini nggak cukup kuat untuk dianggap sebagai signature :)


Ambulance >> Sato Sumire


Sok tau ya? Hehe. MV lagu ini belum bener-bener dirilis, tapi entah dari mana datengnya aku ada feeling kalo lagu ini bakal jadi signature song-nya Suuchan di masa depan--dengan mempertimbangkan lagu ini adalah lagu pertama yang menjadikan Suuchan sebagai center sekaligus menampilkan imej yang 180 derajat beda dari Suu yang biasanya, Suuchan yang cute. Apa prediksi ini bener-bener akan terjadi, atau ternyata malah bakal meleset? Hum hum.


Bagi beberapa member yang udah berkesempatan buat debut solo, seringkali lagu solonya itu yang lebih 'dia banget' ketimbang lagu-lagu AKB yang menjadikan dia sebagai center. Misalnya, kayak Iwasa Misaki dan Mujin Eki, Itano Tomomi dan Dear J, atau Takahashi Minami dan Jane Doe. Menurut pandangan aku sih, signature itu nggak semata-mata cuma karena member tersebut jadi center sebuah lagu, tapi juga mempertimbangkan aspek pengaruh yang dibawa si member dalam performance keseluruhan, sejauh mana lagu itu menggambarkan dirinya, nilai historisnya, dsb dsb. Dan tentu aja, berapa banyak orang yang langsung kepikiran sama member yang bersangkutan pas lagu tersebut ditampilkan :)

Sejauh ini cuma itu sih yang kepikiran. Seandainya ada member yang lain yang menurutmu punya signature song juga tapi nggak aku sebut di sini bisa kamu tulis di bawah--bisa jadi aku yang emang nggak inget, nggak tau, atau mungkin menurutku nggak terlalu signature banget juga :D

Sebenernya aku biasa tidur lebih malem lagi sih, tapi kayaknya gara-gara tadi minum coklat panas jadinya sekarang mata udah berat banget. Bye, have a nice dream ~~

37 komentar:

  1. Kidzuitara Kataomoi - Nishino Nanase

    Temodemo no Namida - Kashiwagi Yuki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya~~ yang Temodemo no Namida udah dimasukin itu :D

      Tapi kalo KizuKata kayaknya nggak (atau belum) bisa dianggap jadi signature song-nya Nanase deh, di antara fans pun masih nggak semuanya setuju abisnya. Ada yang menganggap Nanase lebih pas di Natsu no Free and Easy, ada juga yang bilang kalo Hoka no Hoshi Kara itu lebih Nanase. Jadi ....

      Hapus
  2. ada 1 lagi. Sae - Kiseki wa Ma ni Awanai. katanya sih ini lagu keramat Sae :D soalnya selalu masuk ranking teratas di Request Hour :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah iya, itu kelupaan. Sekarang udah dimasukin :P

      Tengkyuu udah ngingetin :D

      Hapus
  3. Ada juga :
    Itoshisa no Accel - Takamina
    Junai Crescendo - Takamina
    Faint - Tomochin
    Cross - Takayanagi Akane
    Enjou Rosen - Akicha
    Itoshiki Natasha - Sasshi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini kayak list lagu buat didukung pas RH deh, hehe ^^

      Yang kamu sebutin itu emang seringkali dikaitkan sama member yang bersangkutan sih, tapi rata-rata belum mencapai taraf signature. Ibaratnya ini baru level 9 sementara yang dianggap signature itu harus udah level 10. Menurut aku doang lhoo :D

      Hapus
  4. Ookami to Pride - Kizaki Yuria

    Choose me! - Kitahara Rie

    Nakinagara Hohoende - Oshima Yuko

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ookami to Pride + Choose Me! udah dimasukin ~~ :D

      Hapus
  5. keren nih ulasannya. btw miona hori juga punya signature song kan yg barette itu... hehehe. oh iya kenapa ga pernah bahas ttg hello project atau morning musume? coba dong sekali kali bahas ttg mereka. apalagi sekarang morning musume udah ngeluarin single baru lagi. thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, udah dimasukin itu Miona dan Barrette :)

      Bukannya aku nggak mau nulis apa-apa tentang H!P atau MoMusu sih, tapi aku emang nggak tau apa-apa tentang mereka karena selama ini cuma tertarik sama 48/46G sama girlgroup-nya LDH aja :P

      Ada rekomendasi karya mereka yang bagus? Siapa tau ujung-ujungnya aku bisa jadi suka :3

      Hapus
    2. btw saya fans newbie hello project terutama momusu jadi rekomendasinya hanya berdasar selera pribadi aja ya hehe. saya rekomendasiin single morning musume yg egao no kimi wa taiyou sa aja deh karena menurut saya lagu nya catchy arti liriknya bagus dan mv nya keren. oh iya single terbaru momusu yang tiki bun juga bagus. one two three juga. ai no gundan juga. wkwk.maaf kebanyakan.

      Hapus
    3. Okee nanti kalo mood-nya oke insya Allah diliat :D

      Hapus
  6. Uhho Uhhooho juga bisa jadi signature songnya Sayaka

    Kalau lingkup JKT48 saja sepertinya Kinal sudah di asosiasikan dengan Kagami no naka Joan d'arc

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aksi gorila di Uhho Uhhoho emang terinspirasi dari Sayaka bukan? xD
      Tapi karena aslinya Sayaka lebih ke arah serius ketimbang fun, jadi Mushi no Ballad lebih berasa 'dia banget' daripada Uhho Uhhoho.

      Aku baru tau tentang Kinal... tapi kayaknya imejnya emang pas sih

      Hapus
  7. kalo JKT48, Viny - Himawari, Noella - Itoshisa no Defense, Yupi - Ame no Doubutsuen, Ayen - Blue Rose, Kinal - Kagami, Nabilah - Tsundere

    Shanju - KFC (meskipun bukan center, tapi goyang Hey! Hey! Hey! Shanju selalu ditgu fans dilagu ini. kwkwkw)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hoo...

      Aku nggak pernah langsung kepikiran tentang member JKT mana pun pas suatu lagu disebutin sih, yang pertama terlintas ya performer asli-nya :)

      Hapus
    2. ikut beropini kalo di jkt48 bisa dikatakan ayana _ Heart gata virus :)

      Hapus
  8. Kokoro no Placard - Watanabe Mayu.
    Hmm.. menurut aku, Iiwake Maybe itu signature Song nya Acchan :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. KnP emang berarti bagi Mayu, tapi aku ragu fans-nya bener-bener suka lagu itu mengingat tingkat kemiripannya sama KFC yang lumayan tinggi apalagi Mayu punya Zannen Shoujo yang jelas lebih bagus dan segepok lagu solo :)

      Menurut aku sih yang mendekati signature bagi Acchan itu Nagisa no Cherry (atau Flying Get), tapi kayaknya dua-duanya lebih dianggap sebagai lagu bagi ace/center, siapapun itu. Atau lagu kehormatan. Misalnya kayak Manatsu yang nyanyi Nagisa no Cherry, atau pas Tomochin-Sayaka perform Flying Get menjelang graduate ..

      Hapus
    2. ikut beropini ayana - herat gata virus :)

      Hapus
  9. kalo Sayanee apa ya? :3

    Katayama Haruka - Junjou Shugi mungkin (?)
    Manatsu Mukaida - Neko no Shippo ga Pin to Tatteru you ni

    ini yg paling saya suka
    Amina Sato - Kondokoso Ecstasy :D

    Trus kalau Takamina - Sakura no Hanabiratachi

    apa bisa dkatakan signature song itu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo sayanee menurutku pas banget di lagu HA!.. :)

      Hapus
    2. Sayanee kan punya 2 lagu solo; Jungle Gym sama Yume no Dead Body, jadi 2 lagu itu yang selalu disebut-sebut kalo ngomongin tentang dia. Tapi kurang tau juga deh mana yang lebih menggambarkan dia banget.

      Haachan dan Junjou Shugi! Aku baru inget xP

      Neko no Shippo emang bisa dibilang kayak graduation song buat Manatsu sih, tapi berhubung Manatsu (setau aku) nggak pernah keliatan perform lagu itu jadinya dia lebih diinget dalam lagu Finland Miracle, apalagi pas penampilan terakhirnya di AKB Show! Manatsu perform Finland Miracle dan dia milih sendiri member yang dia pingin buat perform bareng :)

      Kalo Amina di Kondo Koso kurang menonjol, dan vokalnya pun 'tenggelam' sama Haachan...

      Nggak tau sih kalo di masa lalu gimana, tapi setelah Acchan graduate kayaknya Sakura no Hanabiratachi itu lebih mengingatkan orang tentang Acchan dengan versi solonya ditambah lagi performance lagu itu di Tokyo Dome yang mengharukan. Uuu~~

      Dalam versi aku nih, ada yang namanya signature song, ada pula representative song. Representative song itu kurang lebih adalah lagu yang mewakili member/tim/generasi tertentu, dan jumlahnya nggak terbatas. Signature song itu bisa dibilang lagu yang mewakili dan bener-bener menggambarkan member tertentu, kalo dibawain sama member yang lain ingatan kamu bakal balik ke performer aslinya. Pas disebut nama seorang member kamu bakal inget lagu itu, dan kalo disebut lagu itu kamu bakal inget si member--kurang lebih begini. Signature song ini harusnya sih cuma ada 1, sama kayak tanda tangan yang harusnya cuma ada 1.

      Seandainya si member udah graduate, bisa dibilang representative song bakal bikin kamu inget sama dia tapi signature song bisa bikin kamu nangis bombay :D

      Hapus
  10. Kitahara Rie - Tsuyogari Dokei
    Kitahara Rie - Choco no Dorei
    Milky - Mousou Girlfriend
    Yukirin - shortcake
    Yuko - Suika Baby
    Yuko - Hiri hiri no hana

    Itu aja sih.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe. Lebih mudah buat member dari sister group buat punya signature/representative song di AKB ketimbang sebaliknya, lho. Dan mengingat pengaruh Kitarie dalam hal vokal/screentime/performance baik dalam Tsuyogari Dokei ataupun Choco no Dorei nggak terlalu signifikan dan jelas nggak lebih banyak dari WMatsui, kayaknya nggak ada seorang pun yang langsung kepikiran tentang Rie pas dua lagu itu disebutkan :)

      Impact dari Schortcake-nya Yukirin setau aku jauh lebih minim ketimbang Mujin Eki-nya Wasamin atau Dear J-nya Tomo, dan kayaknya nggak banyak non-Yukirin-oshi yang bahkan inget kalo Yuki pernah nyanyi lagu berjudul Shortcake. Hal yang sama kurang lebih berlaku buat Yuko, kebanyakan non-Yuko/Sasshi/Yui/Rie-oshi mungkin juga nggak tau kalo Yuko pernah nyanyi dua lagu itu ..

      Hapus
    2. Klo soal wasamin sy rs aurany lbh kluar di tomonoura bojou..

      Iya sihh klo lagu sub unit jarang org mikirinnya.. tp klo para fans jg memperhatikan sub unit, pasti banyak menganggap 2 lgu ini signature song nya yuko selain hebirote.. :)

      Hapus
    3. Yang kamu sebutin itu kayaknya lebih tepat kalo dibilang representative song deh. Signature itu kan idealnya nggak semata-mata diketahui sama oshimen si member yang bersangkutan aja, tapi juga fans secara umum--jadi public recognition juga punya pengaruh besar tentang lagu mana yang dianggap sebagai signature song :D

      Hapus
    4. Heehhe ok ok ..

      Ah sy lupa 1 lgu.. Matsumurabu-nya kaotan.. mungkin itu bs jd signature song nya dia..?!?

      Hapus
    5. Pasti itu mah, Kaotan dan Matsumurabu kan nggak bisa dipisahkan xP

      Sayang aku lupa nambahin pas ngedit kedua kalinya, dan kadung males juga kalo nambahin dikit-dikit. Nanti aja kalo udah dapet ilham lebih banyak; sejauh ini kan udah dapet Haachan + Kaotan + Ayachan tuuh ^^

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. ikutan berpendapat ya.. :)
    Takamina - Bird
    Kinal - Kagami no naka no jeanne d'arc
    Nabilah - First rabbit

    BalasHapus
  13. Ikut berpendapat
    Shibata Aya-Ai no Imi wo Kangaete Mita

    Miyazaki Miho-Arashi no Yoru ni wa

    Ichikawa Miori-ONEW no Uwabaki

    Omori Miyu-Romance Kakurenbo

    BalasHapus
  14. yukirin kayaknya diasosiasikan sama yokaze no shiwaza lebih tepat deh dari temedemo no namida

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...