Sabtu, 07 Juni 2014

AKB48 37th Single Senbatsu Sousenkyo Result + Some Comments

Tadinya sih aku nggak niat buat nonton ini streaming karena tau kalo kualitas koneksi internet-nya agak jauh dari kata oke buat streaming. Tapi ternyata godaannya terlalu kuat jadi akhirnya aku streaming juga deh. Hasilnya? Jangan ditanya. Bayangin aja nonton DVD bajakan yang rusak. Gambar kadang bagus tapi seringnya pecah, suara kedengeran duluan, lompat-lompat, de el el. Seringnya malah chat  yang ada di samping layarnya udah ngomongin tentang member mana aku baru sampe siapa. Pingin yang bagus? Mungkin harusnya aku nonton di kampus kali ya? Hehe ..

Anyway, begini-lah hasil Sousenkyo-nya (dapet ngopi dari wiki :P). Pink = AKB, oranye = SKE, kuning = NMB, item = HKT, ungu = SNH, biru = Nogizaka.



Upcoming Girls
80. [AKB48] Oshima Ryoka
79. [HKT48] Komada Hiroka
78. [AKB48] Miyazaki Miho
77. [SKE48] Kobayashi Ami
76. [AKB48] Ogasawara Mayu
75. [SKE48] Saito Makiko
74. [SKE48] Abiru Riho
73. [SKE48] Yakata Miki
72. [NMB48] Yoshida Akari
71. [AKB48] Tanabe Miku
70. [AKB48] Maeda Ami
69. [SKE48] Yamauchi Suzuran
68. [SKE48] Umemoto Madoka
67. [HKT48] Murashige Anna
66. [AKB48] Iwatate Saho
65. [AKB48] Nagao Mariya

Myao berakhir di Upcoming Girls. Yah, nggak buruk lah, mengingat tahun lalu Myao nggak dapet rank (tapi kalo nggak ada UpG segala ya berarti kemungkinan Myao sama aja nggak dapet rank juga sih). Maachun turun jatoh gedebuk banget, sedih deh.

Tapi "Jurina's girlfriend", Abiru Riho, berhasil dapet rank dan itu berarti positif. Dan Murashige juga dapet rank, walaupun di preliminary result namanya nggak nongol. Dan Sahho juga! Ha~ya~i~~

Sayangnya, Mariyagi yang banyak diharapkan bisa tembus UG tahun ini malah berbalik jatoh gedebuk. Jadi center UpG sih, tapi tetep aja jatohnya ini lumayan banget.


Future Girls
64. [HKT48] Matsuoka Natsumi
63. [AKB48] Uchiyama Natsuki
62. [AKB48] Nishino Miki
61. [NMB48/AKB48] Kotani Riho
60. [HKT48] Sakaguchi Riko
59. [NMB48] Yabushita Shu
58. [NMB48] Jonishi Kei
57. [AKB48] Ishida Haruka
56. [SKE48] Oba Mina
55. [SKE48/AKB48] Furuhata Nao
54. [SKE48] Yamada Mizuho
53. [NMB48] Ichikawa Miori
52. [AKB48] Kuramochi Asuka
51. [AKB48] Okada Nana
50. [SKE48/HKT48] Kimoto Kanon
49. [AKB48] Iwasa Misaki

Aku berharap Natsu bisa lebih tinggi dari penghujung FG, tapi yah kita kan harus selalu bersyukur. Seneng deh liat Harukyan bisa terus dapet rank walaupun harus turun cukup jauh (tapi toh dalam hal MV, NG dan FG nggak banyak bedanya juga).

Tapi kaget banget pas tau Mocchi jatoh banget sampe FG ini. Pas ngeliat wajahnya yang tenang, aku yakin dia juga udah siap untuk nerima hasil yang lebih rendah dari taun kemaren. Tapi Non jatohnya bener-bener banget!!! Dari UG ke FG~ syok aku pas denger nama Non dipanggil. Oh God~~~



Next Girls
48. [HKT48] Motomura Aoi
47. [AKB48] Sasaki Yukari
46. [SKE48] Iwanaga Tsugumi
45. [AKB48] Tano Yuka
44. [SKE48] Isohara Kyoka
43. [NMB48] Shiroma Miru
42. [HKT48] Ota Aika
41. [NMB48/AKB48] Yagura Fuuko
40. [SKE48] Kinoshita Yukiko
39. [HKT48] Anai Chihiro
38. [HKT48] Tashima Meru
37. [SKE48] Furukawa Airi
36. [AKB48] Kojima Mako
35. [NMB48] Umeda Ayaka
34. [SKE48] Futamura Haruka
33. [NMB48] Fujie Reina

Aku nggak pernah nyangka Aoitan bisa melaju sampe NG, walaupun di penghujungnya aja. Hebat deh. Kyon juga berhasil melaju naik! Dan Yukko akhirnya dapet rank!!! Wah~

Tapi aku boong kalo aku bilang nggak terpukul dengan jatohnya Airin. Bukan karena aku suka banget sama dia atau apa, tapi karena sejak (kalo nggak salah) 2 tahun yang lalu dia selalu berhasil bertahan di UG. Dan Umechan juga jatoh gedebuk. Oh~

Banyak orang berpendapat (atau berharap?) Kojimako bisa tembus UG. Tapi aku sih nggak yakin, dan nyatanya emang dia baru bisa melangkah sejauh front NG aja. Reinyan juga jatoh dan nggak bertahan di UG, tapi seenggaknya dia bisa jadi center NG. Dan itu berarti lumayan positif :D



Under Girls
32. [AKB48] Kato Rena
31. [SKE48/NMB48] Takayanagi Akane
30. [SKE48] Oya Masana
29. [NMB48/SKE48] Yamada Nana
28. [AKB48] Takahashi Juri
27. [HKT48/AKB48] Tomonaga Mio
26. [AKB48] Takajo Aki
25. [HKT48] Moriyasu Madoka
24. [AKB48] Muto Tomu
23. [AKB48] Kizaki Yuria
22. [AKB48] Minegishi Minami
21. [HKT48/AKB48] Kodama Haruka
20. [AKB48] Iriyama Anna
19. [AKB48] Kitahara Rie
18. [NMB48/SKE48] Watanabe Miyuki
17. [SKE48] Matsumura Kaori

Seneng banget karena Renacchi juga berhasil tembus UG, meskipun jadi gate keeper. Tahun kemaren Renacchi nggak dapet rank, jadi posisinya tahun ini di tengah persaingan yang segitu ketat udah oks banget. Mio juga berhasil memperlebar jarak dengan Meru. Aku nggak suka-suka banget sama dua-duanya sih, tapi entah kenapa aku agak seneng pas tau Mio berhasil merangkak naik ke UG. 

Lebih seneng lagi karena Akicha masih bertahan di Under Girls!! Walaupun pas rank-nya Mocchi diumumin dan sampe NG diumumin Akicha belum juga dipanggil, beberapa orang udah berspekulasi Akicha bakal nggak dapet rank. Tapi Akicha tetap bertahan di pertengahan UG! Walaupun setelah preliminary result banyak orang berasumsi bahwa Akicha bakal jatoh gedebuk nggak bakal bisa bertahan di UG. Yohoo!

Rada sedih ngeliat Churi di penghujung, padahal dari dulu dia berhasil selalu bertahan di pertengahan UG. Tapi meskipun Furuyanagi jatoh, Masana cukup stabil seperti biasa. Oke banget deh. Lega sesaat, dan jadi super sedih pas tau ranking-nya Milky T_T
Sedari awal aku liat Milky tuh udah kayak blank aja. Pas namanya dipanggil, ekspresi wajahnya pun nggak berubah. Di akhir speech (jangan harap aku ngerti apa yang dia omongin di speech-nya) akhirnya dia pun meledak meneteskan air mata.

Btw, jadi geli sendiri ngeliat senyum lega Nyan pas dia sadar kalo dia 'selamat' dari UG :P



Senbatsu
16. [AKB48] Kawaei Rina
15. [SKE48] Shibata Aya
14. [Nogizaka46/AKB48] Ikoma Rina
13. [AKB48] Yokoyama Yui
12. [SNH48/SKE48] Miyazawa Sae
11. [HKT48/AKB48] Miyawaki Sakura
10. [SKE48] Suda Akari
9. [AKB48] Takahashi Minami
8. [AKB48] Kojima Haruna
7. [AKB48] Shimazaki Haruka
6. [NMB48/AKB48] Yamamoto Sayaka
5. [SKE48/Nogizaka46] Matsui Rena
4. [SKE48/AKB48] Matsui Jurina
3. [AKB48/NMB48] Kashiwagi Yuki
2. [HKT48] Sashihara Rino
1. [AKB48] Watanabe Mayu

Ricchan nongol! Ada pemberitahuan kalo dia nggak akan hadir, dan sebelumnya Annin juga udah di-interview via telepon jadi aku sama sekali beranggapan Ricchan bakal ada. Syukurlah, dia keliatan cukup baik.

Banyak yang memprediksi Ikoma dapet rank rendah dan Yuihan berhasil tembus Top10. Nyatanya, nggak satupun kejadian. Aku nggak terlalu tau gimana Ikoma, tapi masak Nogi wota tega banget sih ngebiarin satu-satunya member Nogi yang ikutan Sousenkyo begitu aja? Kayaknya nggak mungkin deh. Dan ternyata emang mereka nggak ninggalin Ikotan. Tentang Yuihan, aku udah ada feeling sejak awal kalo rank-nya Yui nggak bakal terlalu jauh dari yang dia dapet taun kemaren apapun yang dibilang orang-orang. Dan begitulah kejadiannya, rank-nya tetap sama kayak tahun lalu. Emang nggak meningkat, tapi kan jauh lebih baik daripada turun.

Seneng liat Akarin berhasil naik cukup jauh dari posisinya sebagai gate keeper tahun lalu jadi Top10. Seneng juga pas liat Nyan melampaui Takamina. Meskipun aku nggak bisa dibilang suka sama Paruru, aku kepingin rank-nya lebih tinggi dari Sayanee. Sayangnya, itu nggak kesampean.

Udah berdoa banyak supaya Jurina bisa jadi #3. Ternyata lagi-lagi nggak jadi nyata. Ahh... WMatsui mungkin emang ditakdirkan untuk bersisian hingga detik ini, walaupun dalam hal jumlah vote gap antara Jurina dan Rena udah semakin jauh. Toh masih ada tahun depan, semoga Jurina bisa jadi #1 taun depan! Aamiin! Semangat, Juju!!! :)

Pas banget entah kenapa streaming-nya macet pas di Yukirin. Macet banget-nget, sampe bikin gelisah. Gara-gara aku kepingin banget Mayuyu yang menang taun ini, dan kalo ternyata Mayuyu jadi #2 aku berniat close aja itu tab streaming-nya. 
Ting! Ada ide buat main ngecek wiki. Ternyata udah ada emang. Dan Mayu menang! Setelah semua yang dibilang sama orang-orang tentang Sashi pasti menang, fakta menunjukkan kalo Mayu nggak mungkin ngalahin Sashi, nana dan nunu, akhirnya Mayu pun menang! Kebayang deh senengnya Mayu oshi karena ini ^^



Setelah menghitung kasar (jadi nggak mungkin agak salah itung juga), ternyata dari 80 rank yang tersedia di Sousenkyo kali ini, 31 (38,75%) diperoleh member AKB, 22 (27,5%) diperoleh member SKE, 13 (16,25%) diperoleh member HKT, 12 (15%) diperoleh member NMB, dan masing-masing 1 orang (1,25%) dari SNH dan Nogi. Tapi member SNH-nya itu aslinya member AKB dan sekarang concurrent di SKE, jadi hitungannya gimana dong? Hehe..

Di tataran Senbatsu, sekarang cuma ada satu member 'perwakilan' dari NMB. Dari 12 member NMB yang dapet rank, 3 diantaranya bukan asli dari NMB (Reinyan, Miorin, dan Umechan aslinya AKB) jadi cuma 9 member ori NMB yang dapet rank. Oh, 10 ding, kalo Maachun juga diitung. Tapi ini jelas banget ketinggalan kalo dibanding HKT yang junior-nya mereka tapi berhasil bikin 13 member-nya dapet rank. Sasshi sama Lovetan juga aslinya member AKB sih, tapi tetap aja berarti member ori HKT yang dapet rank ada 11 orang--lebih banyak dari NMB walaupun cuma terpaut satu. Ada apa gerangan dengan NMB nih?

Invasi SKE juga terus berlanjut. Setelah tahun lalu Akarin berhasil tembus dalam Senbatsu, sekarang giliran Aya yang masuk. Dan Akarin berhasil naik ke jajaran Top10. Tapi aku jadi penasaran, apa mungkin peningkatan ini 'dibayar' dengan turunnya rank beberapa member SKE yang lain, kayak Furuyanagi dan Kanon? Hmm...


Banyak drama terjadi dalam beberapa jam pengumuman hasil Sousenkyo ini. Satu saat emosi naik, berikutnya turun banget. Ada harapan yang terkabulkan, ada juga yang nggak. Itulah manusia, emang cuma bisa berharap aja tapi ujung-ujungnya ya Allah juga yang menentukan.

Aku udah berharap banget Ishida Anna, Suuchan, dan Kobayashi Kana bisa dapet rank tahun ini, seenggaknya di UpG lah. Terutama Ishida Anna, berhubung dia sering dibilang sebagai hasil push yang gagal meskipun dia bertalenta gara-gara belum pernah dapet rank. Ternyata dua-duanya nggak kesampean. Nggak rela Milky ketendang dari Senbatsu, tapi toh kejadian juga. Sangat sangat berharap Jurina bisa jadi #3 (sampe kutulis gede-gede di kalender juga), tapi ternyata takdir berkata lain. Mungkin fans JKT juga berharap Harugon atau Nozawa bisa dapet rank meskipun di UpG, tapi ternyata nggak kejadian.

Tapi harapan aku tentang Akicha bertahan di UG, Renacchi tembus UG, dan Nyan tetap di Top10 terkabul. Dan itu harus sangat disyukuri. Abiru Riho dapet rank, juga harus disyukuri. Mayuyu jadi #1, itu harus teramat disyukuri.




18 komentar:

  1. Akhirnya si Sashi kalah juga =D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku boong kalo aku bilang aku nggak seneng liat Sashi kalah dari Mayu, tapi aku nggak anti Sashi juga siih--nggak begitu suka mungkin lebih tepat :P

      Dulu sebel aja rasanya ngeliat kayaknya sekitar 85% fans berpendapat Sashi bakal menang lagi, gara-gara tren dukungan, popularitas, bla bla
      Dan akhirnya kemenangan Mayu membuktikan bahwa di dunia ini nggak ada yang nggak mungkin :D


      Hapus
  2. All Hail Nogi fans~
    Renacchi habis ganti model rambut langsung nembus UG~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoo~ baru jadi Nogi oshi kurang dari sebulan sebenernya :P

      Nggak sekedar ganti hairstyle doang sih, katanya dia berkembang banget jadi jauh lebih oke di banyak aspek (kualitas blog/G+ -nya, performance-nya, dsb dsb) sejak kalah dari Annin-Ricchan di Sousenkyo 2013 dan nggak dapet rank kala itu. Aku juga tadinya nggak begitu suka sama dia, tapi lama-lama jadi tertarik juga karena personality-nya yang oke--ditambah lagi dia kayaknya kissing monster mirip sama Juju XD

      Hapus
  3. Bikin review tentang lagu graduation dong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagu graduation yang mana? Kebanyakan aku cuma review latest MV aja sih, dan di MV Mae Shika Mukanee (lagu terakhir tentang graduation) kemaren aku nggak nemu cukup motivasi buat nge-review--versi dramanya katanya agak jauh dari kata 'oke' dan versi lainnya lumayan shabby tanpa ada hal menarik buat di-review...

      Hapus
    2. Semua lagu yang temanya graduation. Mulai dari Sakua no Hanabiratachi sampai Mae Shika Mukanee (lagu perpisahan member juga boleh, kayak Saigo no Door, Yume no Kawa gitu) Thanks :)
      Btw, kamu gak suka Acchan ya?

      Hapus
    3. Ooh, nanti ya kalo aku ada cukup waktu insya Allah bikin postingan khusus yang ngebahas tentang graduation song ^^

      Aku suka Acchan banget loh, terutama sejak dengerin lagu-lagu solonya. Emang keliatannya aku kayak nggak suka ya?

      Hapus
  4. As always, Sayanee masuk Senbatsu. Miyuki tapi turun ke UG, biasanya gk beda jauh ama Sayanee
    Jonishi Kei jauh bgt... peringkat 58 TT~TT

    BalasHapus
    Balasan
    1. secara keseluruhan, bisa dibilang nmb jatoh di sousenkyo kali ini ...

      Hapus
  5. nyadar ga sih setelah si Yabushita Shu dipanggil masuk senbatsu, si Kato Yuuka selalu dishoot dan mukanya sedih. kasiaaan kato yuuka :'''''''(. padahal mereka berdua center original gen 3

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kurang tau ya, abisnya streaming-nya sering putus-putus jadi mungkin yang bagian itu kelompat. yah begitulah, walaupun start-nya sama nggak selalu bisa mencapai hasil yang sama juga. mirip kayak Kobayashi Kana deh, aslinya dia center 2nd gen AKB tapi perjalanannya nggak mulus dan sekarang dia... yah... :(

      Hapus
    2. Iyaaa, yabushita shu kaya lebih dikenal banyak fans. Mungkin karena mukanya lebih cantik kali ya? Sedih pokoknya liat Kato Yuuka. Hooo Kobayashi Kana ori center toh? Baru tau.. sekarang malah ga dilirik samsek. Oh iya ya, padahal dulu dia masuk single aitakatta sama seifuku sama keibetsu shita. Waaah sayang sekali..

      Hapus
    3. sekarang mungkin Shu punya lebih banyak fans, tapi kalo Yuuka bisa bikin sesuatu yang kreatif dan menarik perhatian, bisa bikin banyak orang cukup suka sama dia, mungkin di masa depan dia bisa dapet ranking. kalo kata teenlit yang pernah aku baca pas smp dulu sih, "Jangan tunggu kapalmu datang, tapi berenanglah menghampirinya." :)

      walaupun sekarang ini persaingan buat dapet rank semakin ketat, seenggaknya sekarang udah ada UCG yang bisa diperjuangkan. asalkan nggak putus asa dan mau usaha, mungkin status underdog-nya (iya bukan sih? aku nggak terlalu ngikutin NMB abisnya) malah bisa diubah jadi keuntungan buat dia :D

      Hapus
  6. kalo saya malah sedih liat Sasshi ga #1 lagi T^T tapi bukan berarti saya membenci posisi mayu sekarang. cuma saya lebih support Sasshi ^^ pengen gitu ada yang jadi #1 2x :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo cuma jadi #1 dua kali mah udah ada Acchan + Yuko ~ yang belum ada itu yang jadi #1 dua kali berturut-turut :P

      Awalnya sih aku netral aja, tapi ngeliat kelakuan fans-nya Sasshi dan sebagian besar fandom bilang Mayu nggak mungkin bisa jadi #1, 'data statistik' bilang Mayu udah kalah, nggak punya kesempatan, bilang dia udah gagal dan nggak layak buat jadi center, sampai ada yang ngolok-olok fans-nya Mayu yang bersikap positif kalo Mayu masih punya peluang buat menang juga, bikin aku jadi simpati sepenuhnya sama Mayu.

      Dan senyum Mayu pas dia menang itu bener-bener menunjukkan kemenangan itu sangat berharga buat dia. Bagi Sasshi kan kira-kira artinya cuma "Yeah, udah menang dua kali. Ahoy! HKT, ayo pesta!" tapi bagi Mayu kira-kira "Syukurlah akhirnya bisa jadi #1 juga~ syukurlah akhirnya bisa jadi center yang 'diakui' ~ akhirnya ~~" Kurang lebih begitu dalam pandangan aku :)

      Hapus
    2. iya, walaupun aku supporter nya Sasshi, aku terharu (lebay ya ._.) liat Mayu #1. Berarti ya usaha dia selama kurang lebih 6 tahun gak sia-sia, dia juga pernah bilang dia pengen rank pertama, dan akhirnya terwujud. gimana gak terharu ;_;.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...