Senin, 02 Mei 2016

BTS' Fire MV Review


Yo!

Aku udah nunggu rilisnya MV BTS sejak beberapa hari yang lalu, sejak foto teaser dirilis dan MV teaser pun nongol di Youtube dan V App. Harus doa yang banyak juga supaya wifi di rumah sehat sentosa, nggak kayak pekan lalu; pas di hari Twice + Lovelyz + Seventeen ngerilis MV, wifi-nya nggak bisa dipake. Sehari sebelumnya masih baek-baek aja. Sebel, kan? Tapi gitu deh yang namanya nasib.

Sebagai persiapan ekstra, tadi aku bobo siang dulu. Loh, hubungannya apa? Supaya nggak ngantuk malemnya! Tapi sebenernya nggak ngaruh juga ding.. Mataku udah berasa rada berat sejak magrib tadi. Apa mungkin ini malah efek samping dari kelamaan tidur, ya?

Anyway, kita langsung mulai review-nya aja, yuk! Go, go, go!






Tema MV ini adalah 'youth', sama seperti MV Bangtan yang dulu-dulu. Tema ini dituliskan dengan jelas di awal MV, dengan sesuatu yang keliatannya kayak tisu. Eh, mungkin juga potongan kain.


Tokoh utama di MV ini adalah Min Yoongi alias Suga. Ini pertama kalinya buat dia lho, selamat!!
Di awal MV, diperlihatkan kalo Suga menghampiri seseorang (atau sesuatu) dan menjabat tangannya. Anehnya, begitu Suga menyalakan musik dan melepas tangannya, orang itu terbakar seketika.


Apakah member langsung menolong orang yang terbakar itu? Sepertinya enggak. Jungkook soh cuma nonton dengan takjub aja, muter-muter ngeliatin orang itu terbakar (tapi nggak mati!) dengan sepedanya.


Terus, entah kenapa, nggak tau gimana bisa, sepeda yang tadi dinaiki Jungkook pun terbakar. Meskipun terbungkus api, sepeda itu bisa jalan sendiri tanpa dikendarai! Wow! Hebat banget, ya? Aku mau deh, punya sepeda yang bisa jalan sendiri tanpa perlu dikayuh gitu.


Kim Taehyung a.k.a V ditampilkan sedang memainkan game, yang terkait dengan mobil. Tadinya Tae pake kacamata item, tapi supaya bisa ngeliat game-nya dengan lebih baik, kacamatanya dipasang di belakang kepala dulu, deh.


Setelah beberapa kali mencoba, akhirnya Tae pun berhasil meledakkab mobil di game itu. Nggak taunya, mobil beneran pun turut meledak di saat yang sama. Seolah-olah dunia game terhubung ke dunia nyata.


Karena judulnya aja udah 'Fire', MV ini didominasi dengan latar nyala api. Tapi sejujurnya aku agak-agak salut pas member lagi beraksi gila-gilaan di depan kompor. Kalo tiba-tiba ada yang rambutnya tersulut api, gimana coba? Kesimpulannya sih, don't try this at home!


Ini adalah salah satu scene yang terasa super awkward bagi aku. Yah, gimana deh. Biasanya kalo kamu ngeliat scene mobil terbakar di MV manapun, itu akan jadi latar bagi si tokoh utama yang tampil keren/seksi, kan? Nah, Jin di scene ini sama sekali melawan kebiasaan itu. Dengan kemeja retro (yang modelnya sama sekali bukan favorit aku), warna pink pula, plus celana pendek, rasanya kayak nggak pas aja gitu. Heu heu.


Aku harus bohong kalo mesti bilang semua member tampil oke di MV ini--karena bagi aku nggak begitu kenyataannya. Tatanan rambut Jungkook dan J-Hope bener-bener tragis rasanya. Jungkook masih mendingan sih, tapi Hoseok... Model rambut kayak helm (atau jamur?) gitu sama sekali nggak cocok buat dia.
Aku jadi keingetan, beberapa tahun yang lalu aku beneran syok sampe nggak bisa bilang apa-apa pas liat B1A4 Sandeul rambutnya kayak helm gitu juga (warna rambutnya oren, pula) di MV Ige Museun Iriya--kalo nggak salah terjemahannya What's Going On. Untunglah di live performance Sandeullie nyaris nggak pernah dikasih model rambut begitu lagi. Sampe saat ini MV itu masih jadi kenangan buruk buat aku, huks huks...


Kostum di MV ini bisa dibilang rada-rada. Ada yang rada bagus, ada yang biasa, ada yang rada aneh, ada juga yang sama sekali nggak enak diliat.


Koreografi untuk lagu ini lumayan seru. Feel-nya rada mirip kayak Dope. Tapi rasanya lebih susah buat dapet capture gambar yang bagus pas lagi dance-nya.


Distribusi line di Fire ini agak-agak unik. Untuk para rapper, Rap Monster dan J-Hope dapet lebih banyak line dari Suga, tapi Suga dapet bagian penutup.


Untuk para vokalis, Jimin kayaknya dapet line paling banyak. Disusul oleh V yang kayaknya ngebawain seluruh chorus dari awal sampe akhir; tapi berhubung chorusnya cuma terdiri dua baris lirik doang, jatohnya ya nggak banyak juga. Berikutnya adalah Jin. Yang paling sedikit mungkin malah Jungkook yang merupakan vokalis utama.


Tapi kalo ngeliat live performance Bangtan terdahulu, yang terdengar di versi studio nggak selalu berarti apa yang bakal terlihat di versi live-nya. Seringkali part-nya diputer dan dituker, untuk menyesuaikan dengan formasi dance ataupun kemampuan vokal member yang bersangkutan untuk nyanyi live.


MV ini nggak diisi dengan storyline yang bikin kepala pusing kayak I Need U/Run, tapi bukan berarti nggak ada pertanyaan tersisa setelah liat MV-nya. Ada tulisan 'boys meet what' muncul di akhir MV, dan di detik itu pula kita teringat kembali; siapa, atau apa sebenarnya yang ditemui Bangtan di awal MV? Ooops...


Apa aku suka MV-nya? Yep. Lagunya? Hmm... Beat-nya oke dan gampang diinget sih, cuma kayaknya bukan tipe lagu yang bakal sering kudenger ulang, deh.


Gimana pendapatmu tentang MV ini? :3


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...