Sabtu, 13 September 2014

Nogizaka46 10th Single: Nandome no Aozora ka? MV Review

Rencananya aku mau bikin review ini kemaren. Eh ternyata aku ketiduran pas lagi nunggu si lepi loding. Dan rencana pun tinggal rencana, karena aku nggak bangun sampe pagi :P

Ups! Paginya malah aku baca info yang lumayan menohok (bukannya tanpa tanda-tanda sih); Ito Nene dan dua member dari generasi dua (lupa tuh siapa namanya, gomen) bakal graduate. Ah, yah. Banyak banget member yang cukup aku suka graduate di tahun 2014 ini.

Anyway, hidup tetap berlanjut dan review pun masih tetap bakal dibikin. Jadi ayo kita mulai segera.


Pas aku denger radio-rip lagu ini sekitar sebulan yang lalu, aku pikir MV lagu ini bakal mirip kayak Kizuitara Kataomoi yang rada tragis dan bikin merinding karena melodinya (minus chorus) yang sejujurnya bahkan terdengar beberapa level lebih tragis dari KizuKata. Tapi ternyata aku salah banget. Nget.


MV ini bercerita tentang seorang cowok yang masuk suatu sekolah yang dulunya sekolah khusus cewek, tapi untuk tahun ini diubah jadi sekolah umum. Siapa sangka, pas si cowok ini (anggap aja A) masuk kelas, ternyata isinya bener-bener cewek semua.

Btw, itu yang jadi ekstra buat temen-temen sekelas dan sesekolah itu kayaknya member Under deh.


Pas si A curhat ke temen-temennya, yang langsung iri sama A karena bisa dikelilingi sama banyak cewek di sekolah. Tapi A malah ngeluh, karena realita yang harus dia hadapi di sekolah jauh banget dari kata 'menyenangkan'.



Kehidupan A di sekolah sama sekali nggak nyaman. Pingin nyari tempat yang tenang (baca: bebas dari murid cewek) pun nggak bisa. Di kelas juga cuma bisa sendirian, pas semua murid cewek lainnya lagi main kartu dan senang-senang. Bahkan A butuh perjuangan untuk bisa ke toilet, karena toilet sekolah yang ada (kayaknya) banyaknya khusus cewek.



Temen-temen A pun ngerti kesusahan dia dan ngasih semangat buat A.


Pas mau ganti baju di kelas untuk pelajaran olahraga (atau PE, begitu bukan bahasanya di sana kalo nggak salah?), temen-temen sekelasnya pada ngeliatin A dengan pandangan aneh. Dan tanpa sungkan nyuruh A ganti baju di luar karena yang cewek pada mau ganti baju di dalam kelas.


Terpaksa deh, A ganti baju di deket tangga. Eh pas lagi ganti, ada beberapa murid cewek yang naik tangga ke arah A. A pun buru-buru kabur ke atas, tapi nggak bisa. Ada beberapa murid lainnya yang lagi menuruni tangga. Singkat kata, A kejepit di tengah cewek-cewek yang lagi jejeritan gara-gara ngeliat A nggak pake baju.

Scene ini kira-kira ditayangkan pas lagi verse kedua, tepat pas lagunya lagi terdengar dark dan tragis. Sayangnya aku ketawa ngakak liat adegan macem gini, rasanya nggak pas aja sama mood lagunya. Tapi setelah dipikir lagi, ini bener-bener menggambarkan kesulitan dan rasa malu yang A hadapi sih.


Nggak cukup sampai di situ aja, penderitaan A pun berlanjut bahkan pas jam pelajaran PE. Temen-temen sekelasnya main basket, tapi A di pojok sendirian harus latihan judo. Walaupun judulnya latihan, tapi kayaknya lebih tepat kalo bilang A lagi dibanting-banting.


Pas PE selesai, seragam A pun raib. Nggak ada di tempat A naro semula. Dicari ke mana-mana pun nggak ketemu. Siapa sangka, ternyata seragam itu sengaja dipake sama Nanase buat ngerjain A.


A udah sebel banget, tapi nggak tau harus gimana supaya Nanase ngembaliin seragamnya. Nggak mungkin dong A main kasar begitu aja? Ikuchan pun berbaik hati ngebantu A. Dia ngasih seragam Nanase ke A, supaya A bisa bales ngerjain Nanase.


A lari-lari kabur bawa seragam Nanase. Nanase pun kaget dan marah sama Ikuchan. Lalu langsung mengejar A yang udah pake seragamnya, lengkap sama roknya juga. Sebenernya sih nonsense banget dalam waktu sesingkat itu A udah bisa ganti baju sampe rapi begitu, tapi yah sudahlah. Nanase yang kesel pun ngasih A hadiah berupa Nanase kick! Uwaa~


Positifnya, setelah kejadian itu hubungan antara A dan temen-temen sekelasnya pun membaik. Bahkan bisa dibilang mereka jadi cukup deket.


Sekarang A udah bisa menjalani kehidupan sekolah yang menyenangkan, deh. Happy ending! Yeyy!


Bagus banget, ya? Ini adalah awal dari dance scene di MV ini. Koreo-nya aja udah bagus dengan kesan anggun dan sangat elegan, ditambah lagi pencahayaannya yang begitu. Apalagi diiringi intro yang memikat. Keren banget deh emang  >w<


Kostumnya sih sebenernya agak janggal, terutama di bagian pinggang terkesan gimana gitu. Tapi kesan anggun dan elegannya terasa sih. Kalo diliat dari dada ke atas dan dari pinggul ke bawah doang jadinya bagus deh. Mungkin kalo udah sering ngeliatnya mata ini lama-lama bakal terbiasa juga (mengingat hal yang sama terjadi buat kostum Natsu no Free and Easy).


Nyaris seluruh member keliatan oke banget di MV ini. Seneng banget liat Ringo balik ke twintail dengan antena kayak dulu, karena aku selalu ngerasa kayak ada sesuatu yang janggal di wajahnya kalo Ringo nggak pake antena  >_<
Sayang, penampilan Nanase di dance scene keliatan shabby. Padahal di scene di sekolah dia keliatan oke.


Aku nggak suka banget distribusi screentime di MV ini. Aku cuma bisa ngeliat Nanamin dengan baik (alias tanpa perlu mata elang) dua kali, dan di scene yang aku screencap itu pun gambarnya rada blur gara-gara itu bagian dance yang bikin Nanamin gerak terus T_T

Tentu aja Ikuchan sebagai center dapet buanyaak screentime di sini. Nanase sebagai #2 juga banyak. Maiyan dalam taraf lumayan, agak lebih sedikit dari Nanase sih. Aku sih ngerasa kayak ngeliat lebih banyak Ringo-Manatsu di scene sekolah dan Ikoma-Miona di dance scene ketimbang Nanamin-Rena. Bohong kalo bilang aku nggak kecewa, mengingat Nanamin-Rena ada di first row sedangkan Ikoma-Ringo-Manatsu ada di second row. Miona malah ada di third row. Hyuu :(


Ada apa gerangan? Apa ini sekedar 'nostalgia' atau ada maksud tersembunyi? Jangan-jangan .....

.
Secara keseluruhan, aku suka banget MV ini. Storyline-nya bagus, dengan pesan yang sarat tentang bullying. Lagunya juga bagus, walaupun transisi antara verse yang dark >> chorus yang riang >> balik lagi ke verse yang dark terasa kurang sempurna di telinga, tapi secara keseluruhan ini udah oke banget lah. Dan lebih bagus dari semua A-side yang dirilis sama 48G belakangan ini.

Gimana pendapatmu?

9 komentar:

  1. Aku juga suka MV-nya... Walau pertama nonton rada aneh soalnya rada gak pas sama lagunya tapi lama-lama ngeh juga ahahahaha~
    TOP deh *jempol*
    NAH! Pas bagian Ikuchan-Ikoma-Minami berasa kaya single2 awal. Dan malah kerasa centernya itu Ikotan...
    Menurut aku doang atau apa ya... MV ini bukan MV sebenarnya-_- *aneh* MV ini cuma buat promosi HTC doang, secara lagu ini dipake buat promosi HTC kan? Soalnya aku berharap MV-nya lebih lagi... Ini udah bagus sih... Cuma berasa ada yg kurang menggigit gitu /apasih/ tapi overall aku sukaaaaak ><

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayoo apa yang kurang? :P

      MV ini tentu aja MV sebenernya (dirilis di channel official Nogi kan), dan sama sekali nggak ada hubungan antara MV sama HTC.
      Udah sering kok lagu dari grup mana pun dipake buat CM suatu produk berhubung grup tersebut jadi ambassador, tapi nggak akan ngaruh ke title song single/album yang bersangkutan. Contohnya Seifuku no Mannequin dulu dipake juga lagunya buat promosi HTC, Kokoro no Placard-nya AKB buat iklan arubaito gitu, apa lagi ya? Banyak lagi sih 'kasus' sejenis, tapi ya aku lupa. Dan fakta kalo lagunya dipake + grup itu jadi ambassador sama sekali nggak bikin MV dibikin beda karena itu. Ada sih yang sengaja bikin lagu/MV buat produk itu (kayak Galaxy of Dreams-nya SKE), tapi paling ya cuma berakhir di B-side.

      Kalo ngerasa pingin lebih, ada yang kurang, dsb, mungkin itu karena ekspektasi yang udah keburu tinggi pas denger lagunya jadi pingin MV yang wah juga? :D

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Rada kecewa juga sih kenap Rena-Nanamin dapet screentime yang dikit banget. Pastilah center Ikuchan sama 2nd Nanasemaru dapet screentime yang banyak, tapi kenapa justru Sayuringo orang ketiga selain Ikuchan-Nanase yang dapet screentime paling banyak. Kenapa Sayuri? Kukira dia terdepak dari 1st row ke 2rd row ujung buat dia jadi gak terlalu banyak dapet screentime
    Btw, rambut Nanamin disini mengingatkan salah satu member, gak mirip juga sih
    Berharap next center Manattan ya? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya sih (menurut aku, tepatnya) seandainya nggak ada Rena, Ringo bakal tetap di 1st row. Tapi karena Rena mungkin dianggap sayang kalo ditaro di 2nd row, makanya Ringo aja deh yang di ke-2nd row-in. Nggak bisa di bagian center-nya juga tapi, karena itu buat Ikoma yang kemaren udah berhasil masuk Senbatsu-nya AKB dan Reika yang kapten dan Manatsu yang belakangan ini HS-nya top banget. Jadi mungkin jumlah screentime-nya Ringo di sini adalah kompensasi buat dia. Tapi ini spekulasi aku doang loh, jadi nggak perlu dianggap serius.

      Kalo aku sih pinginnya single ke-11 nanti konsepnya cool kayak Seifuku no Mannequin gitu dan center-nya Nanamin ^^
      Kamu pinginnya Manatsu ya? Ada alasan tertentu atau emang cuma karena suka aja? :3

      Hapus
  4. mvnya bagus, pesannya sih yang bikin bagus. baru kali ini ngeliat mv nogi sebagus ini, warna2 di mvnya juga cocok banget sama lagunya plus ikuchan yg jadi center. gue harap center selanjutnya jadi center nostalgia dulu.. siapa tau si hoshino bisa jadi center yaaak.. tinggal dia doang yg belom di tengah kan soalnya. rena kayanya dikit lagi keluar dari nogi kali ya? dulu pas natsu free kan dia bener2 keliatan banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. MV-nya bagus sih, tapi menurut aku belum ada yang bisa menyaingi Sonna Baka na sebagai MV terbaik Nogi ^^

      "gue harap center selanjutnya jadi center nostalgia dulu.. siapa tau si hoshino bisa jadi center yaaak.. tinggal dia doang yg belom di tengah kan soalnya"
      ini maksudnya kamu pingin minami jadi center karena dia satu-satunya diantara Top3 versi manajemen dulu yang belum jadi center, begitu bukan? aku pribadi sih pesimis karena minami nggak keliatan kayak siap menerima beban dan tanggung jawab sebagai center, apalagi popularitasnya kalah jauh dibanding frontgirls lainnya.

      nggak tau sih kennin-nya rena beneran bakal berakhir atau enggak (menurut aku sih screentime nggak bisa jadi patokan juga) tapi sejujurnya aku berharap begitu. kennin rena di nogi selesai tepat di akhir masa promosi Nandome no Aozora ka, tapi kennin ikoma di akb malah diperpanjang, hehe

      Hapus
  5. ahaha.. sama lah. gw suka juga t MV Sonna Baka na.. gara-gara t MV gw jadi oshihen ke NANAMIN :v

    oh iya, MV coupling nogizaka46 udah ada yg keluar tuh. review nya ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meskipun center-nya Miona, yang paling impresif di Sonna Baka na emang Nanamin xD

      Udah di-review tuh, bisa diliat di http://jyuribaby.blogspot.com/2014/10/nogizaka46-10th-single-korogatta-kane.html yaa

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...