Rabu, 10 September 2014

AKBingo! NogiBingo! SNHello! JKTime?

Sebelum mulai, aku bakal bahas sekilas tentang AKBingo-NogiBingo-SNHello dulu, buat ngasih sedikit pencerahan seandainya ada pembaca yang belum tau. Silahkan main ke Wiki seandainya butuh informasi yang lebih lengkap dan jelas.


AKBingo! itu variety show AKB yang nggak cuma menampilkan member AKB aja, tapi juga SKE-NMB-HKT dan Nogi(!) untuk menantang mereka melakukan berbagai hal untuk menunjukkan sisi lain pribadi mereka. Nggak jarang ada member yang sampe nangis segala di show ini. AKBingo! terus bertahan tayang sejak bertahun-tahun yang lalu karena popularitasnya yang lumayan banget. Kenapa populer? Karena fun, penuh dengan berbagai segmen dan game yang seru yang nggak ngebosenin. Nggak berarti semua episode-nya sangat bagus sih, tapi rata-rata menyenangkan buat ditonton. Btw aku pernah loh nulis tentang beberapa segmen AKBingo! yang menurutku paling okeh.




Karena AKBingo! bisa dibilang adalah variety show paling sukses di dunia 48, maka Nogizaka46 pun punya NogiBingo! yang dibikin sebanyak dua season. Bukan berarti plagiat atau apa lho ya, toh kayaknya kru dan sebagainya itu-itu juga. Set-nya pun pake yang itu-itu juga, mungkin buat minimalisir biaya produksi.

Beberapa segmen dan game yang dilakukan di NogiBingo! ini sama kayak yang di AKBingo! tapi dibumbui dengan beberapa variasi. Ada juga game yang sama sekali baru, dan tentu aja itu pun nggak kalah seru. Walaupun super mirip, feel-nya nggak 100% sama karena ada sesuatu yang terasa Nogi banget di sini.


Karena kesuksesan ini, SNH pun bikin SNHello! baru-baru ini. Sebenernya title-nya nggak "SNHello!" doang sih, tapi ada lanjutan " Xing Meng dst" di belakangnya yang aku nggak hafal. Sayangnya show ini nggak tayang di TV, cuma online aja. Set-nya dibikin mirip kayak AKBingo, tapi game-nya sih beda--sejauh yang aku tau. Lumayan seru lho, bahkan saat aku nonton ini tanpa ada satu member pun yang aku kenal ngelakuin game-nya. Kalo kamu kenal mungkin feel-nya akan lebih dapet.


Pertanyaannya, apakah JKT bakal bikin versi mereka juga? Berhubung diakhiri dengan huruf "T", yang kepikiran di kepala ya cuma time atau talk. Tapi JKTalk! kedengeran kayak talkshow, jadi mungkin JKTime! bakal terkesan lebih seru.

Jujur nih, aku udah pernah beberapa kali nyoba nonton variety-nya JKT tapi belum ada yang bener-bener bikin tertarik. Malah kenyataan kalo aku udah kadung streaming dan sayang kalo nggak dilanjutin sampe akhir aja yang bikin aku terus nonton sampe abis. Konsepnya sendiri sih nggak jelek, tapi mungkin eksekusinya itu yang kurang greget. Editannya pun kurang mendukung dan terkesan rada euhh, tapi mungkin variety show Indonesia emang kayak begitu bentuknya? Aku emang nyaris nggak pernah nonton TV sih...

Anyway, variety show-nya idol emang biasanya yang nonton cuma fans sih. Tapi kalo bener-bener seru, terbuka juga kesempatan buat non-fan buat ikutan nonton, tertarik, dan mungkin malah berakhir jadi fan. Tapi kalo biasaaaa banget, ya yang nonton mungkin cuma fans yang kepingin liat member favoritnya doang (dan nggak menutup kemungkinan langsung matiin TV/pindah channel seandainya member yang dia suka nggak nongol di episode waktu itu). Hal paling tragis yang bisa terjadi adalah kalo fans pun lama-lama bosen nontonnya. Hasilnya, rating-nya rendah. Kalo rating rendah, kemungkinan untuk terus bertahan dalam jangka waktu panjang pun jadi semakin minim.

Semoga nanti JKT beneran bikin JKTime! (daripada bilang AKBingo-versi-JKT, mendingan sekalian JKTime! kan :P), karena aku pingin liat mereka saat pertahanan ke-idol-an mereka abis dan pribadi mereka yang sesungguhnya sedikit-sedikit keliatan. Pingin tau sejauh mana bisa 'menjual' karakter mereka. Ini juga bisa jadi kesempatan terutama buat member yang, eh, bukan prioritas bagi manajemen buat lebih bersinar dan jadi gui gui. Welcome, pie, cream, tepung~~

AKBingo!
NogiBingo!
AKBingo!
AKBingo!
NogiBingo!
AKBingo!
NogiBingo!
SNHello!
NogiBingo!
NogiBingo!
SNHello!
AKBingo!

Apa kamu juga kepingin JKT bikin variety show kayak begini?



6 komentar:

  1. di NET TV segera ada tuh iClub48. tapi masih belum tau kapan tayang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, dan masih misteri juga itu konsep acaranya bakal kayak gimana.

      Hapus
  2. Review MV Nogizaka46 ya :) Nandome no Aozora ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah malem ini, semoga aku nggak ketiduran kayak kemaren lagi :P

      Hapus
  3. Wah keren tuh JKTime!!Tp nanti kl bikin acara yg hampir sm kyk akb48 dan snh48 di TV dikirain plagiat deh.Nanti kl dituduh gt trus acara seru tsb berhenti di tengah jalan!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo gitu, SNH udah plagiat duluan dong, berhubung kostum sampe set-nya pun nyaris sama?

      Hehe, nggak lah. Namanya juga franchise, lagunya aja sama (beda bahasa doang), nggak salah dong kalo ada variety show-nya yang sama? Mau bikin pun tentu aja udah ngurus perizinan dsb dsb, jadi nggak usah khawatir soal begituan mending sama-sama doa aja supaya nanti JKTime (atau apapun namanya kelak) beneran jadi dibikin :D

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...