Senin, 13 Januari 2014

B1A4 Lonely MV Review


Mungkin ini adalah pendapat aku tentang MV B1A4 yang paling objektif, berhubung ini MV pertama mereka sejak aku beralih haluan dan jadi ex-BANA. Sekilas pandang, MV ini mirip banget sama Bad Boy dan Blue-nya Big Bang dari segi tone warna sama konsep jalanannya—tapi itu cuma kalo kamu ngeliat sekilas-kilas doang kok—kalo udah ngeliat dari awal sampe akhir mah jadinya beda.


Di review kali ini, aku pingin bahas dari tiga sisi; MV, dance, dan lagunya. Dari segi MV, tentu aja maksudnya visualisasinya.  Daripada terus ngomong syalala, mending langsung ke review-nya aja yuk!


MV

Ada banyak hal yang “khas B1A4” banget di MV ini. Balon dan orang yang melayang-layang misalnya. 

Temanya yang sendu rada senada sama MV yang keluar di akhir 2012 dulu, Tried to Walk alias Georeo Bonda. Meski begitu, MV ini nggak ngasih kesan “cantik” atau “indah” kayak Georeo Bonda dulu—sendu tapi dibawain dengan cukup menyenangkan, udah begitu aja. Jadinya terasa lack sesuatu, deh.
Di MV ini, Jinyoung jadi main role-nya. Dengan kondisi kayak begitu, tentu aja kamu nggak bisa mengharapkan screentime yang adil antara semua member


Sebagai main role sekaligus lead vocal plus visual, dia bener-bener kebanjiran screentime di MV ini. Positifnya, seenggaknya kita masih bisa ngeliat empat member lainnya dapet bagian screentime yang lumayan adil di antara mereka.

Dance

Semakin ke belakang ini, dance-nya B1A4 emang semakin rapi. Dan semakin mature juga. Berdasarkan MV-nya, mereka nge-dance dengan sinkronisasi yang sangat bagus. Movement-nya juga sharp dan dieksekusi dengan sangat rapi. Gimanapun kemampuan asli setiap member-nya, mereka bisa tampil dengan maksimal dan seakan-akan berada di level yang sama.


Karena MV-nya sama sekali kurang memuaskan, jadi aku bakal mengantisipasi live performance mereka dan berharap bakal bisa mangap kayak aku bener-bener cengo pas liat performance Georeo Bonda dulu.

Lagu

Lagunya easy listening, enak buat didengerin dan cukup menyenangkan. Komposisi instrumennya juga bagus. Sayangnya, kayaknya tipe lagu begini juga gampang buat dilupain.


Gongchan udah berkembang banget kemampuan nyanyinya, dibandingin dengan lagu-lagu sebelumnya. Distribusi line-nya emang nggak begitu jelek, meski begitu bukan berarti bagus juga. Rap di paruh pertama lagu agak terkesan awkward, dan mungkin akan lebih baik kalo nggak ada sekalian. Tapi rap di bagian kedua bagus banget, dan mengalun sempurna sampai chorus kedua.
Chorus-nya sendiri nggak terlalu berkesan dan cenderung datar. Tepatnya, antara verse dan chorus nggak begitu berasa bedanya. Bagian terbaik dari chorus adalah part Sandeul, “Everyday, every say, lalala” karena berasa emosinya dan “lebih kayak chorus”.


Klimaks lagu, dimulai dari falsetto Jinyoung, lanjut Chan, CNU, dan Sandeul, dieksekusi dengan rapi. Sayangnya, adlib Sandeul selesai dengan lumayan awkward-nya. Padahal, bakal lebih oke jadinya kalo terus dilanjutin sebagai latar pas chorus terakhir dinyanyiin—dan bakal jauh lebih bagus jadinya ketimbang dengan latar “wuuuu wuuu” doang. Toh Sandeul mampu banget buat mencapai nada tinggi yang dibutuhkan.

Rating
-         MV                : 6.5/10
-         Dance             : 9/10
-         Lagu               : 7/10
-         Overall rating   : 7.5/10


Mereka mungkin banget bisa dapet nomor 1 di berbagai program musik dengan MV dan lagu ini (dengan kekuatan BANA juga, tentunya). Tapi berapa lama mereka bakal bertahan di chart, nah, itu lebih bisa jadi indikator ketertarikan publik sama karya mereka kali ini.

Sangat nggak bijaksana kalo mereka nggak bikin lagu buat dipromosiin (yang lebih luar biasa, tentu aja) di taun ini sama kayak di taun 2013 kemaren mereka cuma promosiin What’s Happening? karena lagu ini mungkin bakal “ketelan” di antara lagu-lagu yang mungkin lebih “wah” sepanjang tahun ini.

Review dan rating ini tentu aja berdasarkan mata, telinga, dan preferensi aku sendiri. Aku nulis ini sebagai pribadi yang nggak sangat suka B1A4, tapi bukan nggak suka sama mereka juga. Intinya, aku nulis ini tanpa ada emosi berlebih dan sepenuhnya dengan kepala dingin.


Tentu aja aku nggak berharap semua orang bakal setuju sama aku (apalagi BANA). Jadi, gimana menurut kamu?

2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...