Jumat, 28 Maret 2014

JKT48 Hanikami Lollipop (Malu-Malu Lollypop) MV Review


Ini adalah coupling song dari single ke-5 JKT48. Sejujurnya, pas tau kalo lagu pertama Under Girls-nya JKT itu adalah Hanikami Lollipop, aku nervous banget. Kenapa gerangan? Karena Hanikami Lollipop itu adalah salah satu lagu Shirogumi-nya SKE favorit aku, dan dalam otak aku udah satu paket sama Jurina (dan Annya?). Jucchan super kawaii di MV-nya, dan aku nggak kepingin memori yang kayak begitu jadi tergabung sama versi JKT yang entah gimana bakal dibikinnya.


Pas MV versi JKT nongol, hati pun udah dag-dig-dug sejak donlod, dan lebih dug-dug lagi pas mulai nontonnya. Nonton pertama kali, aku cengo dalam kadar super. Dan teriak-teriak “Jurina, oh, Jucchan, Nak, our baby...” nggak jelas banget emang. Mulai nonton yang kedua, aku baru berusaha buat netral dan bersihin otak dulu—intinya sih lebih nyiapin mental dan nyiapin mata. Oh iya, nyiapin kuping juga.
Review ini aku bikin dengan usaha keras buat bersikap objektif tanpa membandingkan sama versi aslinya. Walau udah berusaha, mungkin bakal tetap ada beberapa kebiasan nyempil di sana-sini. Maklum aja ya...


 Pertama, dimulai dengan intro. Intro-nya sendiri sama sekali nggak nyambung sama lagunya, malah terkesan kayak dua melodi yang dipaksa buat disatuin. Jadinya nggak banget. Kenapa nggak pake yang versi aslinya aja, yah?


Sejauh mata memandang, ini adalah kali pertama JKT pake konsep totally cute. Cute emang nggak ‘membudaya’ di keseharian masyarakat Indonesia. Wajar sih kalau banyak member Under Girls ini yang juga kesulitan buat mengekspresikan “cute” itu, apalagi buat yang tipe mukanya emang nggak ada unsur cute-nya. Eits, bukan berarti bilang jelek loh, tapi mungkin lebih ke arah cantik aja, atau sangat Indonesia aja, atau apa deh.


Di MV ini, kebanyakan masih berusaha buat keliatan imut, tapi jatohnya jadi malah sok-manis-yang-bikin-geli-karena-kesannya-jadi-menjurus-ke-arah-centil. Aku nggak tau gimana tanggapan cowok tentang hal kayak begini, tapi kalo menurut aku pribadi (dan banyak cewek di sekitar aku) ini tuh sangat-sangat nggak banget.


Thanks God, Beby yang jadi center di sini nggak jatoh dalam kategori sok-manis-dst itu. Cute-nya wajar, nggak terkesan maksa apalagi berlebihan. Ada beberapa member lainnya yang juga membawakan konsep ini dengan lumayan, tapi aku nggak tau siapa aja nama mereka. Yang bikin aku takjub adalah Gaby, karena nggak nyangka aja dia bisa ngebawain konsep begini dengan sangat baik mengingat imej-nya yang entah kenapa di kepala aku agak sedikit mirip sama Sayaka.


Salah satu unsur yang bikin visual MV ini bernilai minus di mata aku adalah lolipop. Warna lolipop buat set-nya, plus baju warna lolipop, ditambah lagi permen lolipop beneran—rasanya jadi berlebihan. Oh, ada satu yang ketinggalan. Tone make up-nya juga ‘beraroma’ lolipop. Jadinya nggak balance aja. Agak sedikit bikin sakit mata, sejujurnya. Yah, apapun yang berlebihan emang nggak pernah baik, kan?


Dari segi lirik lagu, harus diakui terjemahan lagu ini jauh lebih baik daripada Flying Get sendiri. Seenggaknya, dengan tiga-empat kali denger orang udah bisa nangkep makna lagu ini dan apa aja yang dibahas di liriknya.


Tapi, sayangnya, nggak satupun member yang nyanyi lagu ini yang punya tipe suara yang cute. Langka sih emang kalo nyari suara cute di Indonesia. Jadinya rasanya agak ungg gimana gitu, karena kuping yang biasa denger Hanikami Lollipop yang cute, diganti jadi Malu-Malu Lollypop yang rada mendesah-desah. Dan walaupun Jurina juga bukan best singer, tapi suaranya pas banget buat ngisi solo part di awal lagu ini. Beby (kayaknya) yang dapet solo part itu nggak bisa ngebawain dengan maksimal, berhubung suaranya emang begitu adanya.


Salah satu poin penting yang memorable dalam lagu ini, suara "puk!" yang cute malah nggak ditampilkan. Huft.


Bagian yang paling patut disayangkan adalah hilangnya couple dance yang jadi klimaks, malah diganti sama bola mantul ke sana kemari. Bola mantul dengan lebay dan dahsyat begitu emang nggak jelek sih buat ukuran klimaks—tapi berhubung aku couple dance mania, jadinya aku bakal lebih seneng kalo ada sisipan couple dance di MV ini. Ups, tapi bakal aneh sih kayaknya kalo kostum loli begitu dipake buat couple dance.



Kalo dari segi visual, bagi aku rating MV ini adalah 67/100. Lagunya sendiri dapet poin 75/100. Mungkin di mata kamu bakal lebih baik dari ini, kalau kebetulan kamu suka konsep kayak begini plus ini adalah kali pertama oshimen-mu nongol di MV. Dan mungkin aku juga nggak bakal segitu dug-dug-dag-nya andaikan center versi asli lagu ini bukan Jurina :P

5 komentar:

  1. kalo di pikir2, kata-kata "puk" itu ada kok di MV Malu-Malu Lolipop. dengerin deh baik-baik. memang nggak trlalu jelas,jd aku saranin dengerin nya pake headset,psti kdengaran.
    oh ya,lu kan fans nya AKB48 sama SKE48,masa jelek-jelekin sister grup nya sih -_-" kan ga enak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, ada toh? Kurang jelas sih, udah mana nggak ditampilkan siapa member yang ber-"puk" ria itu.
      Btw, emang keliatan kayak ngejelek-jelekin ya? Di poin yang mana? Padahal sama sekali nggak niat begitu sih. Kalo MV-nya nggak sesuai sama taste aku gara-gara kelewat loli ya tapi ternyata kamu suka banget dan nganggep ini layak buat dapet nilai 100/100, yah, mau digimanain lagi. Persepsi tiap orang kan beda-beda.

      Anyway, sebagai penggemar yang baik, ketimbang nerima dengan senang hati semua yang disodorin, kan lebih baik kalo ngasih kritik yang membangun (apalagi JKT sekarang masih dalam tahap pertumbuhan). Nggak cuma JKT sih, lah kalo emang AKB atau SKE atau SNH MV-nya kayak minta dikritik ya pastinya nggak bakal aku kasih komentar "bagus, bagus" doang. Kebiasan mungkin nggak bisa ilang, tapi seenggaknya aku selalu berusaha meminimalisir semaksimal mungkin kok ^^

      Hapus
    2. buat yg diatasny tu, walaupun JKT adalah sisternya AKB secara resmi, gak semua loh fans dari AKB, SKE, NMB, ato HKT itu suka ama JKT. malah ada juga yg membenci.
      saya contohnya, saya fans AKB, NMB, tapi gak terlalu suka tuh ama JKT.
      buat yang punya blog, saya agree deh ama pendapatnya. pendapat nih, kebanyakan lirik terjemahan dari JKT tu 'wagu' buat didenger kadang malah jauh dari makna yg seharusnya.
      sekian deh gitu aja....apresiasi pokokny ama yg punya blog. :)

      Hapus
    3. Makasi banyak buat apresiasinya :D

      Sejujurnya aku sih cuma peduli sama JKT karena kebetulan ada di negeri sendiri aja. Tapi ke-kurang peduli-an ini justru malah bikin aku bisa ngeliat JKT dengan lebih objektif dari sisi publik yang cuma tau JKT dari karya mereka doang (menurut aku sih), bukan dalam pandangan fans yang pada umumnya cenderung lebih bias. Dan fan yang baik juga harus bisa ngebedain mana kritik yang membangun dan mana kritik yang menjatuhkan.

      Kalo ada orang yang suka satu grup 48 tapi nggak suka grup 48 lainnya, wajar lah toh semuanya kan balik ke preferensi masing-masing. Beda kepala beda juga maunya. Kayak aku suka AKB-SKE, tapi nggak pernah bisa beneran suka sama NMB. Mau NMB-oshi ngomong dan promosi kayak gimana juga tapi kalo karya NMB sendiri nggak sesuai sama preferensi aku ya ujung-ujungnya tetep aja nggak suka.

      Perbedaan itu malah bikin seru kok, selama nggak ada yang memaksakan pendapat. Salah banget tuh, efek terburuknya malah bisa bikin orang jadi berpandangan negatif sama grup atau member yang bersangkutan :)

      Btw 'wagu' itu artinya apa ya? :3

      Hapus
  2. Wagu itu bahasa org tegal bumiayuan ka artinya kurang bagus gtu.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...