Minggu, 03 November 2013

3 Alasan Kenapa Aku Nggak Bisa Suka JKT48 Sampai Sekarang


Nggak suka bukan berarti benci. Jangan berpikir aku anti-JKT atau apa, karena aku sama sekali bukan. Aku masih sangat baru sama keluarga 48, dan aku baru ngikutin tentang AKB-SKE-JKT aja walaupun aku tau beberapa top member dari HKT-NMB. Pernah aku baca beberapa anti-fan-page di beberapa forum, tapi sama sekali nggak jadi pertimbangan bagi aku. Emang sih pandangan tentang satu member jadi mulai agak "hik", tapi nggak sampai tahap nggak suka aja. Intinya, aku masih ngeliat (atau seenggaknya, berusaha ngeliat) JKT48 dengan cara paling netral yang aku bisa.



Semakin kenal sama 48G, semakin "hmm" aku jadinya tentang JKT ini. Tenang aja, aku nggak akan bahas tentang tingkat kebeningan mereka dibanding orang-orang Asia Timur sono, nggak akan bahas tentang lipsync dan teman-temannya, nggak akan bahas juga tentang kepopuleran dan fans mereka yang kayaknya banyak juga yang lumayan negatif-nya. Aku cuma pingin bahas beberapa hal yang esensial bagi idol, apalagi bagian dari keluarga 48, tapi aku nggak nemu di JKT. Nggak dalam pengertian buruk juga, aku cuma ngerasa mereka nggak ngasih aku efek yang sama dengan efek yang dikasih SKE (dan AKB) ke aku dan mungkin semua audiens lainnya.


1. Energi

Alasan utama aku tertarik ke 48 ini adalah energi yang mereka salurkan dari performance dan lagu mereka. Poin plus kalo mereka bisa nyanyi live dengan bagus, tapi kalo nggak pun bukan masalah besar. Kalo emang lagi pingin denger kualitas vokal yang amazing, aku bisa balik dengerin B1A4 Sandeul kapan aja. Sayangnya, JKT masih lack banget dalam hal delivery energi ini. Sekedar info, grup favorit aku adalah SKE48, dan aku jauh lebih pilih live performance mereka bahkan buat lagu yang aslinya adalah lagu AKB sekalipun karena lebih berenergi membawakannya, jadi semangat pun bisa nambah sekitar 48% lebih banyak.

JKT, dari beberapa performance yang aku liat, masih jauh dari level "menyampaikan energi". Bahkan untuk lagu dengan dance yang tergolong nggak terlalu ribet pun mereka masih kelihatan nggak konsisten buat senyum karena terlalu fokus sama koreo.

Oogoe Diamond adalah lagu bersejarah yang jadi salah satu lagu favorit aku sepanjang masa. Aslinya lagu AKB, tapi aku lebih suka versi SKE buat diliat berulang-ulang. Ngeliat gimana JKT ngebawain lagu ini bener-bener bikin kecewa, karena aku pikir sebenernya mereka harusnya bisa jauh lebih baik lagi.

Ini performance SKE48, waktu itu mereka baru aja debut jadi sebagai rookie mereka cuma tampil sebentar aja. Ada live performance Oogoe Diamond versi SKE favorit aku, yang kayaknya sih di teater, tapi aku lupa itu dapetnya dari mana. Bisa Dailymotion, Vimeo, atau apa aja yang jelas bukan di Youtube. Di versi yang itu, members bener-bener total dengan semua gerakan mereka dan sweat ada di mana-mana, bikin energinya lebih berasa langsung nancep ke jantung. Tapi yang ini pun bagus sih, mempertimbangkan fakta penampilan mereka ini persis di bulan yang sama dengan mereka debut.



Kalo ini versi AKB. Bagus, tapi entah kenapa rasanya kurang dramatis.



Dan ini saat dibawain sama JKT. Feel-nya nggak berasa, efek "teriakan"-nya itu sama sekali nggak kena.



Itu kalo pas mereka ngebawain lagu yang aslinya adalah lagu AKB. Kalo mereka ngebawain lagu SKE, jadinya begini.



Dari segi facial expression, koreo yang bener-bener all out, beneran jadi penyegar mata dan hati ketika SKE ngebawain lagu ini.



Mungkin JKT lagi capek, mungkin nggak fit, dan banyak mungkin yang lain. Bukannya ignorant atau apa, tapi aku nggak cuma liat live performance mereka yang ini aja--semuanya nggak jauh beda juga. Apa mereka nggak punya seseorang yang bisa ngasih contoh tentang gimana perform dengan maksimal?


2. Kerja Keras

Aku mulai pingin tau lebih banyak tentang AKB bukan karena kepincut sama lagu mereka, tapi karena nggak sengaja baca tentang perjuangan para generasi pertama di awal karir mereka. Mulai dari perform tiap hari walaupun bisa dibilang nyaris nggak ada penonton, dihina dina, dan sebagainya. Sampai kerja keras mereka itu diabadikan sama Aki-P dalam lagu RIVER, yang sangat-sangat menginspirasi.

Aku juga suka Jurina bukan karena dia cute atau keren (walaupun emang kenyataannya dia begitu), bukan juga pas liat dia tampil di MV ataupun dorama. Tapi gara-gara (lagi-lagi) aku iseng donlod video di Youtube, yang judulnya History of Matsui Jurina, yang bikin aku entah nangis entah cuma berkaca-kaca doang--yang jelas aku jadi sangat terkesan sama bocah satu ini.

Aku emang belum ada niatan buat nonton dokumenter JKT, tapi kerja keras itu bakalan keliatan kok. Dari cara mereka perform, dari kekompakan mereka, dan begini begitu. Salah satu yang bikin aku kaget banget adalah performance Ponytail to Shushu ini. Kok bisa-bisanya ada yang ketinggalan begitu, pas lagi bagian yang keliatan banget itu pula. Kan menyedihkan banget jadinya.


Padahal kalo mereka berusaha lebih keras, dan bener-bener all out kalo lagi perform, mungkin hal kayak begini nggak akan kejadian. Apakah ini gara-gara etos kerja orang Indonesia sama Jepang sana emang beda banget? Bahkan sampe Akicha pun bilang rasanya ritme hidup dia di JKT ini rasanya agak lebih lamban.

Mungkin bakal bagus banget kalo mereka bisa belajar sama performer kayak Yuko, Takamina, Sayaka, atau bahkan Jurina buat mengembangkan potensi mereka. Tapi kan Takamina sama Miichan pernah dateng ke JKT, Melody juga pernah jadi double-center buat MV New Ship bareng Jurina tuh. Jadi, kesimpulannya?


3. Sok Manis, Sok Imut

Nggak enak banget ya, bacanya? Sama kok, sebenernya aku juga nggak enak banget nulisnya, apalagi ngomongnya. Tapi apa boleh buat, emang kata-kata ini yang pertama kali hadir di kepala aku pas liat 1! 2! 3! 4! Yoroshiku! versi JKT. Itu lagu kan emang ada part yang kayak ngomong biasa tuh, tapi karena mungkin dianggapnya harus kedengeran cute, jadi ngomongnya dibikin-bikin manis. Sok manis + sok imut, jatohnya di telinga aku malah kayak centil banget. Dan mengingat member SKE yang dapet part ngomong di lagu itu adalah Jurina-Rena-Kuumin-Manatsu-Akane yang nggak ada centil-centilnya sedikit juga, 1! 2! 3! 4! Yoroshiku! versi JKT jadi "idih" banget deh rasanya. Sayang kan, padahal kalo dari segi performance sih Team KIII udah lumayan baik.

Coba aja deh dicek sendiri, kali aja ini cuma gara-gara telinga aku doang yang banyak maunya. Yang atas asli dari SKE, yang bawah versi JKT.




Ini opini aku sekarang, berdasarkan apa yang udah aku liat + denger sejauh ini. Semoga opini ini bisa berubah dengan semakin berkembangnya JKT. Kan kayak gimana banget gitu kalo aku bisa suka dalam level yang sangat banget sama seseorang nun jauh di Nagoya/Tokyo sana, tapi malah bawaannya pingin ngritik kalo liat produk dalam negeri. Kayaknya aku baru bisa beneran kagum kalo mereka udah sanggup ngebawain UZA-nya AKB, atau Kataomoi Finall + Okey Dokey-nya SKE kali yaa..

JKT emang udah maju banget dan mencolok di tengah redupnya grup-grup idola lain di Indonesia. Tapi, mereka nggak boleh ngerasa cukup puas sama yang udah mereka capai sekarang karena mereka masih jauuh banget dari segi kualitas dari sister groups yang lain. Malu kan, kalo JK cuma bagus di Indonesia aja tapi keok kalo dibandingin sama grup yang lain, terutama HKT sama SNH yang bisa dibilang seangkatan sama mereka?

14 komentar:

  1. Eh coba deh kamu lihat video theater kagami no naka no jeanne d'arc sama pajama drive... kalo mnrt aku sih itu enerjik tau.. dan jkt itu kan baru di indonesia, jadi biarlah mereka berkembang jadi seperti kakaknya AKB48... aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pernah coba nonton Kagami no Naka versi JKT loh, sayang belom nyampe semenit kepala udah pusying ngeliatnya. Pajama Drive mah sedari awal emang nggak suka lagunya, jadi nggak ada motivasi buat ngeliatnya juga (bahkan ngeliat versi Jurina-Yukko-Madoka (?) pun aku nggak tahan). Contoh performance yang oke dan enerjik versi aku, misalnya tuh kayak Uhho Uhhoho-nya Team K tuh--kalo udah sampe level begitu baru deh bagus.

      Tapi, mengingat ini ditulis di taun 2013, belakangan ini performance mereka udah membaik sih sebenernya. Belum sampe level AKB apalagi SKE tentu aja, tapi jelas udah di level berbeda dari taun lalu.

      Hapus
  2. Lagian jkt48 pernah tampil bareng di tokyo dome dan bagus kok... aku bukan ngebelain jkt tapi memang sudah cukup bagus untuk idol group baru seperti mereka...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah liat kok, sayangnya mereka nggak bisa menyeimbangkan antara keseriusan sama kecantikan. Maksudnya, pas lagi bener-bener serius nge-dance, ekspresinya cenderung beku dan koreo-nya pun jadi nggak keliatan cantiknya. Cukup bagus kalo mengingat 'umur' mereka waktu itu, tapi bukan bener-bener bagus.

      Hal kayak begini nggak terlalu ketara pas mereka perform lagu yang cute (dan biasanya koreo-nya lebih simpel) tapi nyata banget pas mereka ngebawain lagu yang dark. Nggak tau deh ya sampe sekarang mereka masih begitu juga atau enggak, karena setelah seluruh single mereka setelah River rata-rata beraroma cute/sweet sih (Flying Get emang nggak, tapi kan nggak bisa dikategorikan 'cute' juga).

      Hapus
  3. Lo harus lihat laydown dari team kIII, ga kalah bro dari yg AKB48... MAJU TERUS JKT48

    BalasHapus
  4. Sm sampai sekarang aku gx suka sm JKT48.Malah sukanya sm AKB48!!!!Kayak sok imut gitu loh!!!Aku gx benci.Aku bkn haters nya JKT.Cm gx suka aj.Just My Opinion ya????!!!!!!

    BalasHapus
  5. 1. energi > dance yg menyampaikan energi gimana sih? aku bukan fjkt tp waktu liat mreka perfome river itu udah bagus loh buat idol negara kita yg biasanya jogetnya lemble gitu. dan bukannya river versi jkt paling oke di 48family ? (wlopun mnurut gue ttap versi ori yg oke,tp itu cuma pndapat gue)
    2.kerja keras > kerja keras jgn cuma diliat dr satu video lohh, kerja keras tiap org beda" buat capai tujuannya. " tapi kerja keras itu bakalan keliatan kok" iya emang keliatan, idol jepang mah di liput terus di negaranya sndiri apalg dokumenter udah bnyak makanya emang kerja keras mereka "keliatan banget". dan jkt? udah liat dokumenternya? (kalo ada) apa cuma dari perfome aja itu udah menunjukan kerja keras mereka?
    3.sok manis sok imut > menurut gue ini alasan yg agak gak penting, bisa jadi jg ada org jepang yg jg bilang jurina dn matsuren kegenitan disana gimana? :v kan kita udah tau kalo jurina mukanya yg cool gitu agak gk trlalu cocok buat jd genit ,tp kalo gue liat cocok" aja mukanya yg jkt.

    ya overall mnurut gue stiap org pasti begini >> "yg kita suka itu lbh dari yg kita gk suka" ,krna emang dasarnya kita gak suka ya psti kita bakal melebih"kan yg kita suka,
    gue jg malah gak suka jkt (antis sanju malah).membernya pun cuma tau haruka melody nabilah sanju dn yg trbaru chikarino . cuma ingin menghargai kerja keras mereka ,sanju yg gak cocok pake banget menurut gue jd center knp aja gue brusaha mnghargai -_- ya menghargai
    sekian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahas satu-satu yaa

      1. Energi
      Apa yang bikin dance keliatan enak diliat? Ada banyak faktor; bertenaga, kostum yang mendukung, gerakan yang luwes, dsb. Tapi poin yang sering dilewatkan sama performer; ekspresif. Gerakan harus dibuat mengekspresikan lagu yang dibawakan, dan ekspresi wajah juga harus sesuai.

      River versi JKT paling bagus seantero 48G? Sori? Ekspektasi aku tinggi pas liat JKT perform River di Budoukan karena orang-orang ngomong setinggi langit, tapi kenyataannya ternyata nggak sesuai yang aku harapkan. Mereka perform dengan rapi. Tenaganya juga oke. Tapi ekspresi wajah sebagian besar member kaku banget, mungkin karena gabungan antara nervous dan serius. Gerakannya pun terkesan menggebu-gebu, sama sekali nggak ada unsur sweet-nya (yang selama ini aku liat di River versi AKB/SNH). Mereka sama sekali nggak keliatan menikmati sepanjang performance itu, jadinya aku juga berasa hampa aja ngeliatnya.
      Membawakan koreo dengan baik itu penting, tapi menyampaikan makna lagu dengan ekspresif itu juga sangat penting. Oh, dan berhubung mereka itu idol, hal penting bernama fanservice juga seharusnya haram biat ketinggalan :P

      Dan saingan JKT dalam hal kualitas itu sama sekali bukan idol produk dalam negeri, tapi sodara-sodaranya di Jepang-China. Sejauh ini mereka selalu bikin cover aja, jadi suka atau nggak ya pasti bakal terus dibandingin. Lagipula, lebih baik nggak pernah puas dan pingin selalu jadi lebih baik kan ketimbang bangga karena udah lebih bagus dari yang pas-pasan?

      2. Kerja keras
      Sekedar info, aku udah liat dokumenter JKT dan efeknya bahkan malah negatif (tapi bukan dalam konteks kerja keras, jadi lebih baik nggak usah diungkit). Salah satu wujud kerja keras idol itu adalah performance yang bagus, toh itu emang job mereka. Jumlah usaha yang dibutuhkan buat mencapai hasil yang bagus itu tentu beda-beda antar member, ada yang banyak ada yang latihan dikit juga udah oke. Nah, kerja keras itu adalah saat member yang aslinya cenderung kurang berupaya latihan mati-matian sampe berhasil mencapai standar member lain. Kerja keras tim adalah pas semua member bisa bikin semua ada di level yang sama dan perform dengan maksimal. Fans tentu aja bisa ngerti tentang 1001 kesalahan member karena mungkin bisa nebak alasan di balik itu, tapi publik cuma ngeliat "ih, mereka out of sync" aja. Ada banyak hal yang bisa terjadi selama proses, tapi non-fans tetep bakal ngeliat hasil akhirnya aja.

      3. Sok manis, sok imut
      Lah kalo kuping aku dengernya begitu, emang mau digimanain lagi? Bagus deh kalo kamu seneng-seneng aja dengernya.
      JuriRena emang nggak pernah bergenit-genit ria sedari debut jadi mana aku tau apa yang bakal kupikirin pas mereka jadi genit? -_-

      Sejujurnya dan sebenernya, aku selalu mikir berulang-ulang sebelum aku bikin suatu pernyataan. Jadi aku bisa jadi lebih objektif dalam memandang suatu hal, nggak karena bias doang. Kalo aku bias, nggak akan aku bilang "Kamonegix versi SKE tuh messy banget. Member yang perform kayaknya nggak tau ragam pose yang oke deh, bisa gitu posenya begitu semua pas freestyle. Peform-nya nggak rapi pula." See? Tapi ya emang aku ngedumel kayak gitu, karena aku tau mereka dengan sedikit usaha ekstra bisa jadi jauh lebih baik.

      Aku memuji apa yang patut dipuji, dan mengkritik apa yang patut dikritik.
      Mungkin kamu lebih nyaman dengan mode 'selalu menghargai' itu, tapi aku sama sekali bukan tipe yang cepet puas jadi aku bener-bener nggak suka ngeliat presentasi yang pas-pasan. Nggak cuma dalam ngeliat JKT aja, tapi juga idol lainnya dan keseharian.

      Hapus
    2. hahah yg river budoukan itu kan gak sesuai yg kamu harapkan,bukan org bnyak.
      oke jkt kurang ekspresif, bgaimana dng snh sndiri? apa udah smpurna? apa dance mereka enerjik? rapi? apa gak hampa kamu liatnya?bukannya slama ini snh dikenal dng money modenya dn jkt dance mode? apalg semenjak uza ini, waw bnget kan katamu uzanya snh?? :D jujur saya malah gk tau snh aslinya emang gak mau tau.jd saya gak berani beri pndapat ttntng mereka makanya saya tanya aja dah sama kamu ttntng energi wktu river snh tampil ,(kita gk usah bahas yg original)
      aku bilang jkt river bagus bukan berarti aku suka yg pas"an kan ya? wkwkw.
      dr jdulnya aja "alasan aku gak bisa suka jkt" brarti gk suka jkt kan? bs yakin gak kalo kamu memang menilai jkt scara objektif.?
      jurirena gk genit dr debut trus wktu dpat scene genit kamu gk tau mau mikirin apa ttapi knp malah wktu jkt kamu mikirinnya kegenitan .ah sudahlah bingung.


      ini komentar prtamaku di blog org ttntng jkt. paling males bnget bahas jkt. tp gra" gk ada krjaan kmaren jdnya coba komen dah. taunya memang sensitif kalo bahas produk dlm negeri itu

      Hapus
    3. Emang semua ini cuma opini dan ekspektasi aku, apa kamu baru nyadar? ^^

      SNH kualitas performance-nya cenderung nggak konsisten, bisa bagus banget di satu lagu lalu jadi minus di lagu yang lain. Kupikir Sae punya peran sendiri dalam hal ini, dia kan senior yang keren :P

      River-nya SNH bagus sih, tapi yang paling berkesan bagi aku tuh Beginner + Kaze wa Fuiteiru. Lupa sih mereka perform di konser apa namanya, yang jelas ada Sae + Mariyannu-nya aja. Performance itu yang bikin aku mulai terkesan sama mereka. Tentang 'SNH dikenal dengan money', banyak yang bilang gini, tapi semua yang aku liat ngomong begitu sih fans/bias ke JKT.

      Tentang masalah genit, boleh deh kamu teken Ctrl + F supaya kamu inget kalo sedari awal aku nggak pernah ngomong siapapun, baik JKT atau yang lainnya genit, dan yang pertama menyinggung hal itu ya kamu sendiri :)

      Nggak bisa suka =/= nggak suka, loh. Aku mulai suka sama JKT setelah liat KFC versi mereka, yang lebih sering aku puter ulang MV-nya daripada versi AKB, lalu mulai deh nyari video mereka yang lainnya. Ternyata video yang ditemukan malah bikin rasa sukanya luntur sampe abis. Pas liat MV ManaGuu mulai tertarik lagi, berkelana lagi nyari-nyari video baru dan ketemu film 'dokumenter' mereka. Siapa sangka film yang seharusnya berefek positif itu malah bikin aku balik ke titik nol, rasa sukanya ilang semua. Mulai agak suka lagi, eh malah denger HGV versi JKT buat pertama kalinya yang bener-bener bikin sakit kuping. Sayonara deh. Nggak tau lagi ke depannya ini bakal gimana.
      Perasaan yang fluktuatif ini yang bikin aku cenderung menilai JKT dengan objektif, karena aku pernah jadi separo-fan tapi pernah indifferent juga sama mereka. Tapi JKT itu selalu spesial, karena kalo aku nggak pernah denger River versi mereka ya mungkin aku nggak bakal kenal sama Nogizaka46 dan E-Girls. Dan mungkin aku nggak bakal jadi aku yang sekarang. Karena itu juga, aku nggak mau mereka stuck di garis standar aja dan pingin bisa diterima dengan lebih baik sama publik :D

      Bagus deh kalo kamu mau share tentang pikiran kamu (karena aku sendiri kalo nggak ada pertanyaan biasanya nggak akan komen juga). Boleh ngasih saran sedikit? Mungkin tone komentar kamu bisa dibikin nggak terlalu agresif, karena pada umumnya orang bakal jadi defensif karena hal kayak gitu, nggak peduli hal apapun topiknya :3

      Hapus
  6. Saya bukannya haters/gasuka JKT48, saya malah ngoshiin salah satu member JKT48 :D tapi untuk alasan yang "sok imut" saya sepertinya setuju, terutama di lagu yang terdapat monolog/dialog, yang di versi originalnya diucapkan biasa saja tanpa ada kesan "dilebih-lebihkan", tetapi saat dicover menjadi tampak "diimutkan" :D, terutama di beberapa member KIII (ingat ini ga bermaksud memojokkan KIII, kalo boleh dibilang KIII adalah team favorit saya di JKT48). Selain ucapan juga gaya saat mengucapkan yang sedikit dilebihkan (bahasa langsung nya gaya yang sok imut :D). Banyak juga member (selain KIII) yang tidak memakai suara asli saat berbicara, baik saat menyanyi ataupun berbicara biasa. Suaranya cenderung di cemprengkan (ini dugaan saya). Padahal suara aslinya katanya sih besar :D saya mencoba berpositive thinking, ya mungkin aja untuk menyamakan imej nya :D kan lucu kalo muka baby face tapi suara gede? Iya kan/? :D :p.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukannya jadi malah unik ya kalo wajahnya imut tapi suaranya dalem? Kan jadi malah bikin gap yang bikin member yang bersangkutan menonjol ^^

      Bagus sih kalo fans bisa menerima dengan baik, tapi sayangnya nggak semua orang nyaman dengan keimutan yang dipaksain--aku sendiri mendadak gatel-gatel setiap denger 1! 2! 3! 4! Yoroshiku!-nya mereka (dalam kadar yang lebih akut dari gatel pas ngeliat Kimi Dake ni Chu Chu Chu)--dan mungkin ada fan potensial entah di mana yang mundur teratur gara-gara hal ini :(

      Mendadak aku jadi penasaran, mereka kalo lagi di sekolah ngomongnya kayak begitu juga nggak ya? Hmm ...

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...