Selasa, 29 April 2014

JKT48 Flying Get MV Review (and Comparison with AKB48 + SNH48 Ver.)

Pertama denger JKT mau bikin cover buat lagu ini, aku langsung yayy(!!) banget. Lagu ini adalah salah satu lagu AKB favorit aku, dan lagu yang bikin aku tertarik sama SNH juga. Yah, walaupun lagu ini juga berarti kenangan miris saat Jurina dapet rank lebih rendah dari Rena.


Flashy. Itu adalah kata pertama yang terlintas di pikiran aku pas liat teaser-nya. Nggak sabaar deh nunggu MV-nya nongol, terlebih setelah MV Under Girls leaked duluan. Beberapa hari belakangan, MV Flying Get ini pun mulai bermunculan di Youtube. Kalo aja ini MV AKB, mungkin aku bakal berpikir ini cuma Dance Version. Tapi karena ini versi JKT, percaya aja deh kalo ini bukan sekedar itu.

Visual




Sekilas pandang, konsep MV ini mirip sama MV dalam box standar ala SM—tapi versi yang lebih simpel (dan lebih murah juga tentunya). Cuma kayak ruangan yang dikasih efek cahaya maksimal dan bola-bola yang digantung aja. Paduan warnanya sih bagus dan memberi kesan classy, sayangnya font “Flying Get”-nya terkesan cute, jadinya malah nggak cocok sama yang lainnya. 


Bagian terbaik dari seluruh MV ini adalah ending­-nya pas ada siluet burung merak(itu bener burung merak bukan?) muncul seiring dengan berakhirnya lagu. Oke banget! 


Costume

Pertama liat, wuah! Pake 3 setel kostum! Udah mulai hebat nih. Ternyata pas dicermati baik-baik, eeehh~~~~


Ada kostum warna merah ala China—kalo nggak salah namanya cheongsam—dipadu rok kuning item. Ini kayaknya sengaja dibikin mirip sama kostum AKB, tapi efeknya jauh beda. Kalo yang AKB kan kesannya glamor dengan warna kuning dan emas, nah berhubung JKT ini pakenya warna merah dan kuning rasanya jadi ada yang lack—nggak tau juga sih apanya. Mungkin ini gara-gara dipake sama rok yang kesannya sangat nggak beraroma China kali yaa...


Kostum yang ini paling sederhana apalagi buat taraf MV yang dimaksudkan buat jadi glamor—cuma kemeja warna putih dan rok yang sama kayak tadi—tapi ini favorit aku. Kesannya lebih fresh aja, dan derajat ke-good looking-an member jadi keliatan agak bertambah kalo pake kostum ini.


Kostum utama adalah yang ini, yang pake rompi, dasi, dan ada hiasan bulu di pundak.  Roknya lagi-lagi pake yang kuning itu lagi, tapi kali ini ditutupi sama lapisan rok biru jadi nggak begitu ketara sama-nya. Dan kemeja putih-nya pun kemungkinan besar masih kemeja yang sama sama sebelumnya (emang sengaja berhemat deh kayaknya).

Potongannya mirip banget sama kostum KFC dulu terutama di bagian dada, pinggang—cuma ganti warna dan motif aja. Sepatunya adalah bot item, kayaknya juga persis sama dengan bot yang dipake buat KFC dulu. Kalo sepatu begini dipake buat KFC mah nggak papa, tapi buat Flying Get jatohnya jadi jelek. Berasa kayak berat di bawah—jadi kesannya dance-nya kurang apik—dan nggak memberikan kesan cantik. Kalo emang pingin pake bot item, mending pake yang kayak kostum SNH—lebih panjang dengan potongan yang lebih feminin. Jadinya bagus banget, terutama buat bagian couple dance.


Screentime


Distribusi screentime di sini lumayan bagus, udah terbagi dengan cukup rata meskipun tentu aja ada ekstra Melody-Nabilah-Gon di mana-mana.  Setiap member dapet solo shoot dengan kuantitas yang rata. Sayangnya penempatannya belum begitu bagus dan di beberapa bagian jadi nggak pas sama mood lagu-nya. Di saat mood lagu lagi naik, dikasih liat member dengan ekspresi cool. Mending sebentar dan berupa kilasan doang, ini mah lama. Jadinya mood-nya agak-agak rusak deh.


Aku nggak bakal bahas soal lirik—aku udah denger lebih dari 20 kali dan belum bisa juga nangkep setiap kata yang mereka nyanyiin kalo nggak beneran fokus dan sungguh-sungguh. Translate-nya masih jauh dari oke, jadinya rada nggak jelas di buanyak bagian.


Kalo dibandingin sama versi terdahulu yang dibawain oleh AKB dan SNH?

·         Dalam hal storyline, AKB jelas paling menarik di antara ketiganya dengan tema perebutan kekuasaan. SNH ada di posisi kedua, dengan tema cewek-cewek yang terdampar di pantai. JKT nggak ada jalan ceritanya, jadi sebenernya sih nggak usah masuk hitungan.

·         Tentang visual, aku masih lebih suka versi AKB juga. Kesannya glamor banget deh. JKT di posisi kedua, dan SNH yang terakhir.

·         Mengenai kostum, sebenernya bling-bling-nya emas kostum AKB itu nggak style aku banget. Tapi karena dibawain dengan sangat flashy, jadinya suka juga deh. Kedua adalah versi SNH, yang kayak perpaduan antara seifuku dan tuksedo (bagi mata aku, lho).  Cool banget, menurutku. JKT yang terakhir, karena bikin aku inget sama kostum KFC :P

·         Dance! Dalam hal ini, aku paling suka versi SNH. Kesannya lebih sharp dan clean aja, tanpa menghilangkan unsur cantiknya. Dan couple dance mereka dieksekusi dengan rapi banget! AKB juga bagus sih sebenernya.  Tapi JKT harus ada di posisi ketiga kalo buat urusan ini. Tanpa bermaksud merendahkan siapapun nih, JKT lebih baik pake member dengan lengan panjang-langsing kayak Veranda kalo buat couple dance model begini deh, beneran.


Itu pendapatku, gimana pendapatmu? ^^

2 komentar:

  1. Kalau sepatu gue setuju banget,kelihat berat.
    Untuk bot nya itu kalau g salah di pake buat seifuku hight school ama seifuku valentine,kalau KFC beda lagi

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...