Selasa, 08 April 2014

Tentang Harugon, yang Akhirnya Berpartisipasi dalam AKB48 Senbatsu Sousenkyo 2014

Agak takjub sih pas tau Nakagawa Haruka a.k.a Harugon ikutan Sousenkyo-nya AKB, tapi nggak kaget juga karena udah ada rumor tentang ini sebelumnya. Denger-denger banyak yang nggak setuju dengan perihal ini, tapi karena aku nggak terlalu minat buat cari tau, ya begitu lah. Kali ini aku bakal nulis opini yang bisa dibilang nyaris murni tanpa ngintip opini banyak pihak. Nyaris lho ya, karena aku tetep udah tanya pendapat beberapa orang dulu :P


Menurut Gon sendiri, dia ikutan Sousenkyo karena pingin menarik perhatian publik pada JKT. Pertanyaannya, apa dia bisa? Karena "publik" yang dia maksud adalah publik Jepang tentunya, dia nggak akan bisa menarik perhatian banyak orang kalo dia cuma nyempil dan kebagian beberapa detik screentime di PV. Realistis aja, Gon nggak punya harapan buat jadi Under Girls apalagi Senbatsu. Dia juga nggak bisa jadi under buat promosi di TV, berhubung banyak younger member yang dapet ekstra push belakangan ini. Belum lagi kalo ternyata SKE wota memutuskan buat another Cinderella girl kayak SKE48 Shibata Aya yang jadi sangat fenomenal taun lalu. Apalagi kalo ternyata yang jadi #1 itu bukan Sashi dan bukan Mayu (semoga Jurina, aamiin), heboh lah sudah. Kalau Gon nggak jadi center dalam salah satu PV, seenggaknya level Upcoming Girls, yah...


Masalahnya lagi, meskipun ada kategori Upcoming Girls yang baru dibikin dan menjamin ketersediaan rank sampe peringkat 80, para wota dari banyak member yang selama ini nggak pernah dapet peringkat ataupun new gen juga pastinya bakal berusaha keras buat bikin oshimen mereka dapet peringkat terbaik (yang memungkinkan). Gon mungkin emang masih punya banyak penggemar di Jepang, tapi kemungkinan besar dia bukan lagi jadi prioritas bagi mereka. Ada member lain yang 'lebih butuh dukungan', lagi pula toh selama ini Gon juga udah jadi Senbatsu tetap di JKT.

Tapi, dulu kok Akicha tetap bisa jadi frontgirl di Under Girls meskipun statusnya udah jadi member JKT? Yah, lain Akicha, lain juga Harugon. Akicha udah pernah jadi Senbatsu member tetap sejak keberhasilannya di lagu Under Girls paling populer, Kimi no Koto ga Suki Dakara, sampai 'jatuh' di single Gingham Check. Gon cuma jadi Senbatsu di Hebirote aja, sama Chance no Junban (yang menurut aku sih nggak masuk itungan karena itu dari Janken). Di Sousenkyo 2012, Gon emang berhasil masuk dalam jajaran Next Girls--tapi itu kan 2 tahun yang lalu! Dalam setahun aja banyak yang bisa berubah, apa lagi dua tahun dengan kondisi Gon sama sekali vakum dari dunia hiburan Jepang.

Sekarang, Gon oshi, prioritasnya pada ke mana nih? Sousenkyo AKB atau JKT? Berdasarkan 2nd preliminary result JKT Sousenkyo kemaren, posisi Gon udah cukup berbahaya dan bisa disalip kapan aja kalo nggak diberi cukup tambahan dukungan. Nggak kebayang gimana jadinya mereka kalau seandainya Gon tersingkir dari Senbatsu JKT. Tapi kalo terlalu all out buat Sousenkyo JKT, ntar gimana jadinya buat Sousenkyo AKB yang buat peringkat rendah aja butuh ribuan vote?

JKT wota emang banyak, apalagi kalo mereka semua kompak seorang minimal nyumbang 3 vote buat Gon. Ups, tapi JKT juga baru aja bikin Sousenkyo sendiri. Mungkin mereka juga udah abis-abisan buat bikin oshimen mereka jadi Senbatsu di JKT Sousenkyo. Ditambah lagi harga tiket vote AKB yang tentunya nggak semurah tiket vote JKT. Ditambah-tambah lagi, mungkin banyak juga JKT wota yang udah niat buat fokus ngedukung oshimen mereka di Jepang aja. Ups no.2, Nozawa juga ikutan Sousenkyo. JKT wota kayaknya masih banyak yang menganggap dia bagian dari JKT, jadi mungkin banyak juga yang bakal fokus ke dia buat AKB Sousenkyo ini.

Soal dukungan moral, semua JKT wota bisa aja ngasih, tapi yang sangat dibutuhkan adalah dukungan finansial. Nggak ada satu pun manusia yang punya pohon duit, jadi nggak semua orang bisa ngasih yang satu ini.

Anyway, Gon sendiri pastinya udah tau gimana kondisinya dan siap dengan segala konsekuensinya. Tugasnya fans tinggal ngedukung dengan usaha terbaik aja, tapi nggak boleh ngelupain keluarga dan hal-hal penting lainnya. Dan yang paling penting, kalo misalnya Gon nggak dapet hasil yang memuaskan, jangan minta maaf karena takutnya bikin Gon malah sedih dan ngerasa bersalah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...