Kamis, 24 Oktober 2013

IU's The Red Shoes MV Review


Seperti yang mungkin ketara banget dari beberapa postingan terakhir, sejak bulan September kemaren aku udah nggak terlalu berminat lagi sama yang berbau K-Pop dan Korea. Nggak cuma sekedar lagu, tapi aku juga udah nggak terlalu bersemangat buat donlod variety show yang dulunya jadi agenda wajib tiap Selasa sama Jum’at, Running Man sama Dad Where Are You Going. Karena minat aku yang semakin minim itu, aku juga nggak donlod banyak MV bulan Oktober ini meskipun banyak yang rilis.

Aku nggak donlod SHINee’s Everbody walaupun aku udah koleksi semua MV SHINee dari jaman Noona Neomu Yeppeo sampe Why So Serious, selain karena ilang minat juga karena style musik SHINee belakangan ini yang udah jauh banget dari selera aku. Sejak Dream Girl, kalo ga salah. Aku juga nggak ada minat sama sekali buat donlod MV beberapa grup yang emang nggak terlalu aku ikutin perkembangannya, kayak AOA atau BTS gitu.

Alhasil, di bulan Oktober ini aku cuma donlod 3 MV K-Pop. IU, T-Ara, sama Nine Muses. Selain K-Pop? Hehe, jangan ditanya. Koleksi MV (dan versi live juga sih) aku tembus angka 800 item, walaupun bulan lalu masih di kisaran 740-an kalo ga salah. Kupikir koleksi MV-nya baru bakal mencapai 800 nanti pas aku lulus kuliah, tapi ternyata sekarang pun udah kejadian. Gara-garanya, setiap ada opportunity aku donlod maraton semua MV yang ada Dedek Jurina-nya :P

Kali ini aku mau bahas MV baru IU, The Red Shoes. MV ini diawali dengan tampilan seorang cowok yang melakukan beberapa hal. 



Dia nulis sesuatu, ngapa-ngapain (?) lembaran film, lalu muter lembaran film di mesin. Akhirnya sesuatu yang bentuknya kayak TV pun menampilkan gambar IU dan para dancer, dalam set yang agak mirip sama musikal. Walaupun bagian ini merupakan intro yang mungkin penting, waktu 1 menit lebih buat hal begitu doang rasanya mubazir. Abisnya, dari pertama kali liat MV ini sampe sekarang, bagian itu selalu aku skip. Mungkin emang aku aja sih yang nggak sabaran, tapi kayaknya aku bukan satu-satunya di dunia ini yang berbuat begitu deh.

Kata orang, MV ini berbau fantasi. Mungkin diliat dari sepatu yang jalan-jalan sendiri.


Hm. Buat mata aku, unsur musikal-nya jauh lebih kental dan nyata ketimbang unsur fantasi-nya yang rada minim. Baik dari tampilan kostum ataupun dance-nya. Juga scenes dengan latar rak-rak sepatu, IU duduk di atas tangga lipet, ditambah orang yang main piano dan sesuatu yang kayaknya terompet. Plus musiknya.



Hal yang paling menarik dari MV ini sebenernya bukan tampilan visual-nya, tapi lagunya sendiri. Musiknya, tepatnya.



Instrumen yang dipake bener-bener bikin lagu ini terasa fresh dan musikal banget. Vokal IU yang tipis-tipis gimana gitu juga mendukung buat terciptanya efek yang diinginkan. Entah kenapa, sejak pertama denger lagu ini aku langsung kebayang sama Alice in Wonderland, pas bagian kelinci lari-lari bawa jam karena telat menghadiri pesta minum teh.



Penampilan IU di MV ini sama sekali bukan favorit aku. Nggak jelek, tentu aja, tapi aku sangat nggak suka efek yang dihasilkan dari kombinasi warna rambut yang dicat blonde dan ditata model berantakan, lipstik merah, sama baju item dari bahan tipis begitu. 



Bener-bener nggak banget. Walaupun mungkin bisa keliatan bagus kalo cewek lain yang didandanin kayak begitu, nggak pantes aja tuh kalo buat IU. Gimana bilangnya, ya? Kayak anak kecil yang trying too hard buat keliatan dewasa. Meski umurnya udah kepala dua, aura-aura kedewasaannya sama sekali nggak kuat—jadinya begitu deh. Ini pendapat objektif aja kok, karena aku bukan fans IU tapi nggak anti juga.

Jadi, kalo dibikin dalam sistem rating kurang lebih begini.

·         Visual          : 4/5
·         Musikalitas  : 5/5 (acung tujuh jempol buat siapapun yang ngaransemen lagu ini)
·         Penampilan  : 2/5
·         Overall        : 3,7/5

Tingdongdengdong! Harap diinget lagi, bahwasanya rating ini bersumber semata-mata dari pendapat aku aja. Boleh dan halal kok buat nggak setuju, tapi nggak usah pake ngejelek-jelekin, ya. Pendapat orang kan emang beda-beda.

Have fun and bye~~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...