Kamis, 01 Januari 2015

JKT48 8th Single: Kaze wa Fuiteiru [Angin yang Sedang Berhembus] MV Review

Ahoy!

Sesuai janji, di hari pertama tahun 2015 ini aku bakal nulis review MV terbaru JKT48; Kaze wa Fuiteiru. Terjemahan resmi buat judulnya itu sebenernya 'Angin Sedang Berhembus' atau 'Angin yang Sedang Berhembus', sih? Kayaknya aku taunya tuh 'Angin yang Sedang Berhembus' (dan di liriknya pun kayaknya begitu) tapi di MV-nya tulisannya 'Angin Sedang Berhembus'. Jadi bingung deh...

Daripada lama-lama bingung, langsung aja mulai review-nya yuk~



Sesuai dengan tema lagunya, MV ini terlihat suram dengan sentuhan warna kebiruan. Lumayan sih, tapi mungkin bisa jadi lebih baik seandainya di awal MV logo JKT-nya nggak ditaro di tengah-tengah gitu, mendingan di pinggir aja.




Ceritanya member tiba-tiba berada di suatu tempat yang gersang dan hampa. Mereka keliatan insecure dan sedikit takut, tapi nggak, nggak ada yang kaget tuh meskipun ucluk-ucluk mereka udah berada di sana aja.


Terus member saling bantu deh menghadapi berbagai rintangan untuk... untuk apa, ya? Nggak ketauan sih, tujuannya supaya mereka bisa berkumpul lagi sama temen-temen mereka (kan terdamparnya dalam grup berempat-empat, tuh) atau untuk keluar dari tempat itu. Tapi karena nggak pernah ada scene mereka berhasil pergi, ayo kita asumsikan tujuan utama mereka adalah untuk kumpul bareng sama yang lainnya lagi.


Di bagian yang menceritakan tentang member berjuang mengatasi rintangan, kok rasanya yang mereka hadapi itu biasa banget, ya? Nggak ada greget-nya sama sekali. Udah mana pas Veranda tangannya berdarah itu make up-nya (atau mungkin efek kamera yang ditambahin belakangan?) keliatan super duper fake. Bagian ngerobek rok buat ngebalut lukanya juga keliatan sangat unreal. Aih, scene member terdampar di MV Flying Get-nya SNH bahkan lebih meyakinkan dari ini.

Beneran deh, seandainya aku yang jadi director buat MV ini, aku bakal bikin sesuatu yang lebih dramatis. Mungkin ada member yang histeris dan butuh waktu buat ditenangkan. Mungkin ada yang terperosok dan bikin member lainnya jejeritan. Mungkin ada member yang kecebur, lalu kakinya terkilir, terus akhirnya harus digendong di punggung sama member lainnya. Masih banyak mungkin yang lain, tapi toh nggak ada gunanya karena aku tetep bukan director-nya dan MV-nya udah jadi begini juga :P


Salah satu scene yang bikin aku "eeeeh??" banget adalah pas liriknya lagi bilang 'diriku tak akan berdiam diri' atau sejenisnya, tapi gambar yang ditampilkan adalah pas member bisa dibilang lagi nggak ngapa-ngapain, cuma diem memandang ke kejauhan aja. Tau sih, ceritanya itu mereka lagi kayak nyari arah atau apa, tapi rasanya kontras banget aja sama liriknya. Nggak akan begini jadinya seandainya yang ditampilkan di bagian lirik itu adalah dance scene ataupun member lagi jalan, atau ngapain deh yang jelas jangan diem aja.


Ada dua kostum yang dipake di MV ini; dress seragam buat dance scene dan kostum individu. Sayangnya, keduanya sama-sama bernuansa fairy--tipikal baju cantik, maksudnya--jadi nggak terlalu kentara bedanya. Aku prefer mereka pake baju casual atau seragam sekolah aja pas lagi terdampar, biar MV-nya nggak terlihat terlalu monoton.


Anyway, ini adalah pertama kalinya sejak setahun terakhir(?) JKT pake wcenter lagi. Sejujurnya aku ngerasa kayak nggak pas gimana gitu dengan kombi Melody-Veranda. Aura Melody terlalu dominan (karena dia kan udah jadi center JKT sejak awal), udah mana screentime-nya berat benget ke dia pula. Tapi di formasi dance Veranda menonjol dengan tingginya yang lumayan bedanya dari Melody--kalo scene pas Melo-Ve lagi bersebelahan diliat sekilas, malah jadi kayak Veranda doang center-nya.


Nggak semua member berhasil menampilkan ekspresi yang pas dengan mood lagu ini--yang harusnya sih mengandung unsur kesedihan, keputusasaan, tapi juga tekad yang kuat. Ada yang ekspresinya terlalu datar, ada yang kelewat garang... yah, semoga ke depannya bisa jadi lebih baik, deh.


Dance-nya nggak rapi. Kadang beat-nya nggak sama, kadang berantakan di foot work-nya, ada yang ngasih kelewat banyak tenaga di bagian yang harusnya mengayun lembut, ada pula yang keliatan nggak bertenaga. Secara umum, bagian paling minus adalah gerakan sebagian besar member yang sama sekali nggak sharp. Nggak masalah kalo yang begitu cuma member di barisan belakang yang mungkin nggak keliatan jelas, tapi karena frontgirls-nya juga begitu jadinya ya sangat jelas keliatan deh.

Mungkin mereka kurang latihan. Mungkin mereka kurang waktu untuk latihan. Anyway, akan lebih baik kalo hal yang minus-minus begini disembunyikan dari MV, mungkin dihapus pas editing atau pake gambar dari angle yang bikin semuanya keliatan baik-baik aja.


Ada beberapa scene yang merupakan versi slow motion dari member di saat nge-dance. Sayangnya, nggak semua bagian yang di slow motion-in bagus buat diliat dalam versi lambat. Bahkan separonya malah keliatan aneh. Sayang, kan.


Apakah screentime terdistribusi dengan rata di MV ini? Nggak, tentu aja. Melody tentu aja dapet paling buanyaak, tapi rasanya aku ngeliat lebih banyak Beby ketimbang Veranda deh. Dhike juga keliatan dengan cukup layak, Yupi juga. Beberapa member di last row cuma keliatan samar-samar, tapi sepertinya emang selalu begitu takdir member last row. Tapi aku nggak nyangka banget, cuma ngeliat Ayana sekilas doang. Maksudnya... she was popular, right? Sejak Hebirote dia selalu dapet jumlah screentime yang layak, tapi kenapa sekarang dia jadi begini?


Vokal member di lagu ini kedengaran terlalu... kasar(?) rasanya. Nggak smooth aja gitu, apalagi aku terbiasa denger versi AKB-nya. Mungkin karena lagu ini cenderung berkutat di note yang rada tinggi, jadinya banyak member kesulitan buat mempertahankan batas antara high note dan scream--kalo mengingat tone yang juga lack banget di bagian klimaks lagu, mungkin memang begitu adanya. Ooh, mendadak jadi kangen Acchan dan tone vokalnya, deh.

Translate-annya sendiri... nggak tau nih ya, karena aku dulu udah bikin translate-an buat lagu ini juga, rasanya jadi kayak janggal di mana-mana. Kata-katanya raw banget tuh, kayak diterjemahin baris per baris dan bukan per kalimat. 


Ada klimaks di lagunya, ada klimaks di dance-nya, tapi nggak ada klimaks di storyline-nya. Humph.


Aku kayak banyak komplainnya, ya? Hehe. Sebenernya aku cukup suka yang aku liat sih (aku udah liat ulang MV ini lebih dari sepuluh kali deh, kayaknya), tapi bener-bener nggak suka yang aku denger.

Mungkin rada bias sih, tapi menurut aku versi terjemahan yang aku bikin lebih make sense daripada versi JKT--dan ini berarti banyak lho, mengingat aku nerjemahinnya dalam waktu sekitar setengah jam dan itu sambil liat kamus pula buat nyari padanan kata yang paling
sesuai sama kesatuan liriknya :P

Seandainya ada yang kepingin tau versi yang aku bikin gimana, bisa liat di Youtube--tapi aku bikinnya dulu banget pas baru-baru mulai, jadinya kacau banget deh :P


Sekian~

Gimana pendapatmu tentang MV ini? :3

11 komentar:

  1. Mungkin mereka udah lama ga bawain sinngle bertema agak mature gini . . #entah
    Ngomongin soal Ayana, kemarin juga ia haru rela terdepak dari jajaran Senbatsu karena adanya Cikarina kan?
    entah apa artinya ini . . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukannya di teater malah ngebawain lagu yang super mature, ya? Seifuku Jama wo Suru ...

      Menurut aku sih Ayana nggak jadi Senbatsu di KnP kemaren nggak semata-mata karena ada Chikarina--mungkin manajemen pingin memperbanyak jumlah member Team KIII di Senbatsu supaya popularitasnya nggak terlalu berat ke Team J aja. Yah, semoga aja Ayana nggak berakhir jadi kayak Myao :(

      Hapus
    2. Yaa entahlah sih untuk performa balik layar yg mempengaruhi . .

      Hmph . . yang aku bingung kenapa JOT nggak mencoba memperbanyak jumlah senbatsu jadi 21 di beberapa single (Kaya Furage diperkecil jadi 16) mungkin hemat biaya kali ya . . .
      Kalau Ayana terus kaya gini,mungkin Ayana-oshi harus lebih berjuang di sousenkyo taun ini, karena gen3 kekuatannya makin hari makin besar aja X'D

      Hapus
    3. Maaf yaa baru sempet bales ><

      Kenapa Senbatsu-nya nggak diperbanyak? Simpel aja sih, pertama karena ukuran rata-rata stage buat perform di Indonesia nggak besar--buat 16 orang aja udah pas-pasan. Udah mana kalo tambah banyak orangnya keliatan tambah riweuh pula jadinya. Kedua, biasanya member di last row nggak bakal bener-bener keliatan juga (berisiko dapet zero screentime baik di MV dan live performance) tuh. Ketiga, ini mungkin aspek paling penting; money. Lebih banyak member, berarti lebih banyak biaya yang harus dikeluarkan buat kostum, konsumsi, make up, transportasi, dan entah apa lagi.

      Yang fresh biasanya emang lebih menarik, jadi Ayana harus mengeluarkan effort lebih buat mempertahankan fans-nya sekaligus menjaring fans baru. Kasian bener tuh kalo pada akhirnya dia jadi kayak Myao atau KK..

      Hapus
  2. Kalo menurut aku MV ini lumayan, tapi emang greget sama lirik lagu plus dancenya. Satu lagi ngga dijelasin kan mereka ketemu dimana??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya... jadinya keliatannya bagian 'berjuang melintasi tanah yang hampa' itu cuma sekedar bumbu aja jatohnya, nggak dimaksudkan sebagai story ' 3 ')

      Hapus
  3. Bener storyline jadi kaya ngambang

    BalasHapus
  4. Maaf ni komen soal senbatsunya ya

    Mnjawab prtanyaan soal ayana ni.posisi ayana Di jkt48 itu sama kyk beby.beby prnh gk msk single FG Dan ayana gk msk KnP Dan keduany prnh gk msk yuhii. Diatas mrka brdua ada melody haruka ve nabilah shanju yg selalu masuk senbatsu

    Klo Dr jmlh screen time ayana yg sdikit mgkn walau penggemarny bnyk tp thn 2014 ayana kurang bnyk dpt dukungan. Sprti Di pajama drive (hny jd back dancer), single ke 6 (posisi 13), Dan kalender dy dpt bulan 8(Klo gk slh). Sdngkn beby sukses dapat temodemo Di PD, single ke 6 posisi 5 Dan kalender bulan 5

    Jd mnrt ak gt Knp ayana jd kurang screen timenya. Pdhal biasany sama kyk beby

    BalasHapus
    Balasan
    1. Umm...

      Kalo menurut aku sih, Beby sama Ayana emang bisa dibilang start di titik yang sama. Tapi seiring perjalanan waktu keliatan kalo Beby dapet lebih banyak dukungan daripada Ayana; nggak lantas berarti Ayana punya fans yang lebih sedikit dari Beby sih, tapi mungkin fans-nya Beby lebih berdedikasi (dan mungkin juga kantongnya lebih tebel). Hasil nyatanya keliatan pas Sousenkyo--Beby di Top 5 sementara Ayana di belasan.

      Kayaknya sih faktor inilah yang bikin Ayana nggak lagi terlalu diperhatikan sama manajemen--keliatan dari tersingkirnya dia dari Senbatsu Kokoro no Placard (nggak bisa disamain sama Beby pas nggak jadi Senbatsu di Flying Get sih, karena saat itu Beby dipercaya untuk jadi center Undergirls pertama-nya JKT) dan screentime yang cuma sepersekian detik di Kaze wa Fuiteiru.

      Tapi aku agak penasaran nih. Aku pernah baca seorang fans bilang sesuatu tentang sikap Ayana, mungkin bisa kasih aku pencerahan? Apa mungkin masalah manner itu jadi salah satu faktor yang bikin semua jadi begini?

      Hapus
  5. mau berkomentar, saya memang tidak terlalu berharap banyak soal jkt48 bawa lagu ini karena jujur walau dancenya termasuk yang rumit di 48group tapi lagu ini bukan lagu favoriteku dan juga akb48 sendiri tidak terlalu bagus menurutku sehingga jkt48 yang mengikuti konsep yang sama dengan akb48 sendiri tak bisa berbuat banyak menurutku.

    Soal MVnya malah menurutku ini MV bagus ke2 setelah Gingham Check dan lebih enak ditonton dibandingkan original mv akb48 sendiri. Soal isshounya juga ga bisa komenytar banyak karena akb48 isshounnya juga begitu

    Dengar2 KWF bukanllah single yang mau dibawain jkt48 namun diubah didetik-detik terakhir sehingga mungkin menurutku ya jadi persiapannya juga minim gitu hehe

    sorry ini komentar super subjektif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya? Kalo menurut aku sih MV versi AKB lebih seru, walaupun binatang(?) yang berhasil dibangkitkan lagi itu bentuknya rada absurd. Karena temanya berkabung, wajar sih kostum buat di MV-nya begitu--tapi kostum yang buat perform-nya cute! Aku malah suka banget kostum gaun yang fluffy banget itu (lupa sih dipakenya pas di mana), hehe :P

      Baru denger soal perubahan di detik terakhir... emang tadinya mereka mau bikin cover buat lagu yang mana?

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...