Minggu, 27 Maret 2016

GOT7's Fly MV (+ Trailer) Review



Aku udah super antusias tentang comeback GOT7 setelah liat trailer-nya. Entah kenapa, sejak beberapa detik pertama, aku ngerasain feel seneng-tapi-sedih yang mirip kayak pas liat MV BTS, Run, sekaligus Prolog. Seolah kalo kegembiraan pas lagi bareng-bareng yang mereka alami adalah kesenangan terakhir sebelum sesuatu yang buruk terjadi dan semuanya akan berubah.


Anyway, semua perasaan itu terlupakan begitu aja pas aku liat betapa kayanya trailer akan kandungan Markjin. Mark dan Jinyoung berbagi earphone, Mark menjadi hal pertama yang Jinyoung lihat setelah bangun, deesbe deesbe. Saking senengnya aku sama sekali nggak mikir apa-apa tentang storyline trailer itu.


Setelah liat trailer, aku pun liat teaser MV-nya. Ups. Liat teaser-nya lebih dari cukup bikin aku menboong. Gimana enggak, ekspektasi aku adalah ngeliat teaser yang mirip-mirip dengan trailer, sementara yang ada di depan mata adalah teaser yang fokus pada dance. Aku pun dapet feeling kurang menyenangkan. Bahkan perutku sampe bunyi-bunyi nggak enak jadinya. Kruk, kruk.


Nah, pada hari Minggu tanggal 20 Maret, tepatnya jam 21.58, aku bersiaga di channel Youtube-nya JYP. Tepat jam 22.00 pas aku liat MV-nya, ternyata udah ada sekitar sembilan ribu views aja. Cepet bener, ya? Yuk, langsung kita mulai review-nya aja kalo gitu :D



MV ini diawali dengan pemandangan gedung-gedung tinggi. Di atap salah satu gedung, ada pemandangan Park Jinyoung alias Junior yang keliatan depresi. Nggak sekedar depresi, ternyata dia pun menjatuhkan diri dari atap gedung itu.




Lalu scene berganti, jadi di jalan besar yang kosong dengan seluruh member GOT7 menari di atasnya. Yaps, scene yang sama kayak di trailer. Ada juga scene yang menampilkan member menari di ruang yang gelap dengan jaket oranye mencolok. Koreografinya bagus sih, keliatan sharp dan apik. Apalagi editannya pun bagus. Oke dan enak diliat deh, jadinya.


Di tengah chorus kedua, MV pun nggak hanya menampilkan dance aja, tapi balik ke cerita tentang Jinyoung yang menjatuhkan diri. Dilanjutkan dengan beberapa scene yang aku kenali ada di trailer. Ada juga yang baru sih, tapi sebagian besar udah pernah kita liat sebelumnya.


Lagunya? Di awal asing banget di telinga, tapi setelah liat ulang MV-nya beberapa kali (jadinya denger lagunya sekalian deh), lama-lama jadi lumayan juga. Setelah denger lagi beberapa kali, jadinya beneran suka deh sama MV ini! Kenyataan kalo Mark kebagian nyanyi (atau nge-rap?) dua pertiga bagian chorus entah kenapa bikin lagu ini mendadak terasa lebih indah  xP


Visual MV ini oke banget. Penampilan member oke, kharismanya luar biasa, perfect deh. Komposisi warnanya pun cantik dan terkesan dreamy. Bagian minusnya paling transisi antara dance scene dan drama(?) scene yang kurang smooth.


Sekarang, ayo kita bahas tentang storyline-nya, dimulai dari trailer.
Awalnya, Jinyoung sedang bersenang-senang bareng teman-temannya. Lalu Jinyoung tertidur, dengan sebelah earphone milik Mark masih terpasang di telinganya.


Mendadak Jinyoung ada di suatu tempat yang mengerikan, sunyi, dan berkabut. Poin pentingnya adalah, dia cuma sendirian tanpa member lainnya. Dia juga keliatan bingung dan kehilangan arah, sekaligus ketakutan.


Lalu scene berganti, menampilkan Jinyoung yang terbangun di tempat tidur. Dia luar biasa lega melihat semua tampak normal dan biasa. Jackson berkeliaran dengan camcoder-nya, merekam Mark, Yugyeom, Bambam, dan Youngjae yang sedang bersenda gurau. Ada JB juga, tapi perhatian JB sepenuhnya terserap pada seekor burung kecil (baby bird = agase!) warna putih-hijau.


Tapi Jackson sama sekali mengabaikan Jinyoung. Dan hal yang aneh adalah saat jam pada rekaman yang dibuat Jackson sama sekali nggak berubah, diem aja. Padahal waktu di mobil jamnya terus berputar kok. Mungkin ini adalah pertanda kalo semua yang diliat Jinyoung di sini bukanlah sesuatu yang nyata.


Scene pun berganti jadi di luar mobil, menampilkan seluruh member selain Jinyoung. Entah gimana bisa, semua member mendadak bisa terbang. Jackson nggak terbang tinggi-tinggi sih, cuma sekenanya aja sampe cukup untuk membuat dia duduk di dinding yang tinggi dan kembali merekam member lainnya. Bagian yang misterus adalah, saat member beterbangan, burung kecil yang tadi ikutan terbang--tapi bulunya berubah jadi hijau semua! Ada apa gerangan?


Lalu ada scene Jinyoung yang melompat dari gedung tinggi. Bedanya, meski member lainnya bisa terbang dengan bebas, Jinyoung nggak bisa. Dia cuma terjatuh layaknya manusia biasa. Pada saat ia ada di udara, dia melihat member-member lainnya terbang dengan riang dan memberikan senyuman lebar untuknya. Tapi Jinyoung nggak seneng atau apa saat melihat mereka, dia malah keliatan kayak berusaha menggapai mereka dan meneteskan air mata.


Kesimpulan yang aku dapet, nih, mobil yang ditumpangi member GOT7 mengalami kecelakaan saat Jinyoung tidur. Waktu tersadar, ternyata Jinyoung aja yang bener-bener selamat. Member lainnya udah pindah ke alam yang berbeda, oleh karena itu mereka tampak bahagia tanpa beban dan bisa terbang dengan bebas.


Apakah semua member meninggal? Hmm... mungkin enggak. Saat Jinyoung jatuh dari gedung, dia cuma melihat lima sosok yang sedang beterbangan; JB, Youngjae, Bambam, Yugyeom, dan Mark. Nggak ada tanda-tanda Jackson di langit, mrskipun sebelumnya jelas-jelas ditunjukkan kalo dia bisa melayang. Apa yang terjadi dengan Jackson? Apa mungkin dia sedang berjuang untuk kembali hidup?


Nggak cuma perihal Jackson yang jadi tanda tanya. Misteri kenapa JB tampak mengasingkan diri, nggak ikutan main-main dengan member lainnya pun belum terjawab. Oh, sama sekali nggak ada petunjuk juga nih untuk memecahkan misteri burung yang berubah warna.


Setiap fans bisa bikin teori sendiri tentang jalan cerita MV ini, tapi mungkin akan selalu ada satu-dua hal yang belum bisa dijawab. Kapan kita bisa bener-bener tau? Entah ya, mungkin nanti waktu MV Home Run dirilis.


Yah, judul album ini adalah "Flight Log: Departure". Wajar kalo masih banyak hal yang membingungkan, karena mungkin kita belum sampai pada tahap "Arrival". Semoga kita bisa melihat akhir yang baik.


Meski di awal MV ini tampak pas-pasan bagi mata aku, ternyata nilainya semakin meningkat saat semakin sering diulang.
Gimana pendapatmu tentang MV ini dan storyline-nya? :3


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...