Selasa, 18 Agustus 2015

SNH48 2nd Senbatsu Sousenkyo (Result, Dramas, and Comments)

I'm back!! Percaya atau enggak, sebenernya draft untuk tulisan ini udah ada sejak sekitar dua pekan yang lalu. Tapi karena berbagai hal (aku sakit, pindahan kamar, invasi para rayap, dsb dsb) akhirnya baru bisa dirilis sekarang.

Tau sih, ini udah sama sekali nggak anget, tapi berhubung banyak drama dan twist di Sousenkyo kedua SNH ini, rasanya aku pingiiiin banget nulis tentang ini. Langsung aja yuk kita liat result-nya dulu. Yuk~


Undergirls

32. [Team NII] Meng Yue--NEW
31. [Team HII] Xu Han--NEW
30. [Team HII] Hao WanQing--NEW
29. [Team HII] Li DouDou--NEW
28. [Team NII] Tang AnQi--NEW 
27. [Team HII] Liu PeiXin--NEW
26. [Team SII] Qian BeiTing--NEW
25. [Team HII] Liu JongRan--NEW
24. [Team SII] Chen Si--9
23. [Team X] Song XinRan--NEW
22. [Team SII] Chen GuanHui--10
21. [Team SII] Jiang Yun--NEW
20. [Team SII] Xu JiaQi--8
19. [Team X] Shao XueCong--NEW
18. [Team NII] Gong ShiQi--12
17. [Team NII] Lin SiYi--NEW

Komposisi Undergirls tersebar cukup rata antara Team SII, NII, HII, bahkan X-- dan ini berarti positif. Frontgirls didominasi NII dan SII (dan X?), HII banyaknya berakhir di tengah hingga last row.

Undergirls-nya SNH kali ini bener-bener luar biasa. Gimana enggak, dari enam belas member, cuma empat dari mereka dapet rank tahun lalu--selebihnya pendatang baru. Empat member itu pun peringkatnya jatoh banget; jatoh 5 peringkat (Gong ShiQi), 12 peringkat (Xu JiaQi dan Chen GuanHui), serta 15 peringkat (Chen Si).

Sedih sih ngeliat peringkat GuanHui jatoh banget gitu, tapi pada titik ini aku cuma bersyukur karena dia masih berakhir di pertengahan atas (?) UG. Nggak tahu deh gimana dengan tahun depan, apakah peringkatnya akan membaik atau malah... yah... Sebaiknya emang nggak usah dipikirin dulu  -_-




Senbatsu

16. [Team SII] Kong XiaoYin--15 
15. [Team SII] Dai Meng--13
14. [Team SII] Qiu XinYi--2
13. [Team SII] Mo Han--7
12. [Team NII] Feng XinDuo--NEW
11. [Team NII] Zhao Yue--NEW
10. [Team NII] Lu Ting--NEW
9. [Team NII] Zeng YanFen--NEW
8. [Team NII] Yi JiaAi--14
7. [Team SII] Li YuQi--11
6. [Team NII] Wan LiNa--NEW
5. [Team SII] Zhang YuGe--5
4. [Team NII] Huang TingTing--NEW
3. [Team NII] Li Yitong--6
2. [Team NII] Ju JingYi--4
1. [Team SII] Zhao JiaMin--3


Dari enam belas anggota Senbatsu, enam di antaranya adalah pendatang baru. Senbatsu ini diisi oleh Team NII dan SII--nggak ada member Team HII ataupun X yang berhasil tembus ke sini. Frontgirls didominasi NII, walaupun center-nya sih tetap dari SII.

Peringkat di Senbatsu ini cukup bervariasi dibandingkan dengan UG. Ada member yang peringkatnya naik, ada yang turun. Kejatuhan tragis dialami oleh Qiu XinYi dan Mo Han. Tahun lalu mereka dapet peringkat 2 dan 7, tapi tahun ini terjun bebas ke peringkat 14 dan 13.

Di antara member Kami7 tahun lalu, cuma Zhao JiaMin, Ju JingYi, Li YiTong, dan Zhang YuGe yang berhasil mempertahankan kedudukan mereka. Zhao JiaMin, Ju JingYi, dan Li YiTong berhasil meningkatkan peringkat mereka, sedangkan Zhang YuGe berhasil mempertahankan peringkatnya. Oh, di antara seluruh member yang dapet peringkat, cuma YuGe yang berhasil dapet posisi yang sama dengan tahun lalu. Dan ini cukup oke, mengingat level persaingan tahun ini yang lebih panas dari tahun kemaren.


Semua peringkat udah diumumkan, dan fans pun tersadar. Di mana Wu ZheHan?? Tahun lalu dia peringkat pertama, tapi tahun ini dia sama sekali nggak dapet peringkat. Ini adalah kasus pertama dalam sejarah 48G--si peringkat satu tiba-tiba nggak dapet peringkat di tahun berikutnya. Emang sih dia terlibat dalam skandal apa gitu, tapi efeknya bener-bener luar biasa. Aku nggak kebayang gimana perasaannya ZheHan pas tersadar namanya bener-bener nggak akan dipanggil.

Peringkat WanWan (Qiu XinYi) pun sebenernya nggak kalah mencengangkan. Nggak pernah terjadi sebelumnya, peringkat dua di Sousenkyo tiba-tiba terpuruk jadi peringkat empat belas di tahun berikutnya. Tentu aja mungkin ini adalah efek dari jumlah push atau apa, tapi tetep aja dahsyat luar biasa.

Ada lagi satu member yang di tahun lalu dapet peringkat tapi di tahun ini nggak dapet--Xu ChenChen. Tahun lalu ChenChen dapet peringkat 16--ujung Senbatsu sih, mungkin karena itu  juga fans nggak terlalu heboh karenanya.


Beberapa bulan yang lalu, saat JKT mengumumkan hasil Sousenkyo mereka, fans udah geger saat melihat peringkat beberapa banyak member yang jatoh gedebuk. Mungkin karena terbiasa dengan AKB Sousenkyo yang perubahan peringkatnya cenderung lebih stabil dan nggak gila-gilaan.

Tapi hal-hal yang terjadi di SNH Sousenkyo ini terlalu luar biasa dan menjadi rekor tersendiri. Nggak ada yang meragukan kemampuan Savoki (Zhao JiaMin) ataupun Kiku (Ju JingYi) untuk mencapai posisi puncak, karena popularitas mereka udah nggak diragukan lagi. Kejatuhan WanWan dan ZheHan--terutama ZheHan--sampai titik ini yang benar-benar di luar perkiraan.


Sousenkyo kedua emang cenderung lebih berat dari yang pertama, karena fans udah lebih siap dan grup udah lebih terekspos; nggak kayak Sousenkyo pertama di mana nggak semua fans bener-bener tahu apa yang mereka lakukan dan apa efek Sousenkyo bagi member favorit mereka. Hal ini bener-bener tercermin nyata dari hasil Sousenkyo kedua JKT dan SNH.

Tapi selalu ada harapan di Sousenkyo ketiga--di saat fans member yang peringkatnya jatuh berusaha mengembalikan posisinya, fans member lain berusaha mempertahankan posisi favorit mereka, dan fans member yang belum dapet peringkat berusaha mencatatkan nama favorit mereka di sejarah Sousenkyo.


Gimana perasaanmu tentang Sousenkyo kedua SNH ini? :3

2 komentar:

  1. Pantesan aku bolak-balik ke blog ini belum ada posting an baru,hehe
    Menurutku SSK kedua itu hasilnya bisa dibilang ada yang hasilnya mencengangkan,apalagi SSKnya SNH (yang kedua)
    oshiku di SNH (WanWan) peringkatnya juga turun lagi T.T tapi masih mending dia masih di senbatsu,cuma aku shock sih lihat peringkatnya yang turunnya luar biasa mengejutkan (walau enggak semengejutkan Wu ZheHan)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...