Minggu, 03 Mei 2015

JKT48 2nd Senbatsu Sousenkyo Result + Some Comments


Sebenarnya aku nggak seantusias tahun lalu tentang Sousenkyo kali ini. Mungkin karena minat aku sama 48G udah berkurang drastis? Entahlah. Tapi tetep aja aku mencoba buat streaming Sousenkyo-nya JKT, malah udah nangkring di depan netbuk dari jam setengah sepuluh. Jam sepuluh teng-teng, langsung siap sedia menekan tombol 'play'. Siapa sangka kalo ternyata baru mulai beneran kira-kira tiga abad setelahnya? Bikin gondok aja. Awalnya aku udah mau close aja itu tab-nya, tapi syukurlah tepat pas kesabaran udah sampe limit akhirnya siarannya mulai.

Aslinya aku pingin nulis tentang hasilnya segera, kemaren malem, tapi apalah daya. Salah satu grup favorit aku saat ini--ehm, BTS, ehm--lagi comeback juga dan tentu aja perhatian pun jadi terpecah ke dua arah itu sama sekali nggak oke. Oh, ke tiga arah malah, kalo tentang  single ke-40-nya AKB juga dihitung.

Anyway, ayo kita bahas tentang member yang berhasil dapet ranking di Sousenkyo kali ini--dimulai dari UG. Tededeng~

Under Girls



32. [Team T] Shani Indira--NEW



31. [Team KIII] Lidya Maulidya--NEW



30. [Team J] Rezky Wiranti Dhike--NEW



29. [Team T] Maria Genoveva--NEW



28. [Team KIII] Dwi Putri Bonita--NEW



27. [Team KIII] Sinka Juliani--NEW



26. [Team J] Jessica Vania--16



25. [Team KIII] Viviyona Apriani--10



24. [Team KIII] Shinta Naomi--NEW



23. [Team KIII] Jennifer Hanna--15



22. [Team KIII] Thalia--13



21. [Team KIII] Rona Anggreani--NEW



20. [Team T] Michelle Christo--NEW



19. [Team J] Frieska Anastasia--NEW



18. [Team KIII] Rina Chikano--NEW



17. [Team T] Elaine Hartanto--NEW



Aku masih santai dan tenang di awal, tapi tepat pas peringkat ke-30 dipanggil langsung mangap dengan heboh. Dhike? Peringkat 30?? Aku yakin Dhike bakal dapat rank tahun ini (apalagi dengan adanya UG), tapi aku nggak nyangka peringkatnya akan serendah itu terlebih karena keliatannya fans-nya cukup solid dan kayaknya dia cukup disukai sama manajemen. Oh...



Mangap kedua terjadi pas Jeje dipanggil sebagai peringkat ke-26. Tapi, tapi... tahun lalu dia di Senbatsu? Bukan hal yang nggak wajar sih ada member yang jatoh dari Senbatsu, tapi jatohnya lumayan banget itu sampe sepuluh peringkat. Tapi ternyata dia nggak sendirian. Yona, Hanna, dan Thalia yang tahun lalu di peringkat belasan pun jatoh bareng-bareng (dan jatohnya Yona yang lebih gedebuk, sebenernya, berhubung jumlah vote yang dia dapet turun drastis). Hmm...

Naomi dan Rona dapet peringkat 24 dan 21--sama sekali nggak luar biasa sih karena aku entah kenapa aku yakin mereka berdua bakal dapet peringkat tapi belum akan berhasil nembus Senbatsu tahun ini. Walaupun agak menyedihkan sih sebenernya, berhubung Naomi keliatannya jadi salah satu favorit manajemen.

Frieska dan Chikarina ada di peringkat 19 dan 18. Sejujurnya aku takjub mereka berdua bisa sampe front UG gitu, karena awalnya kupikir mereka maksimal bakal berakhir di pertengahan UG. Tapi, syukurlah mereka berhasil melaju lebih jauh :)

Nggak banyak member Team T yang berhasil dapet peringkat, tapi beberapa dari mereka ini berhasil dapet peringkat yang lebih baik dari beberapa senior yang udah bergabung lebih dulu dan didukung sama manejemen--bahkan Elaine berhasil jadi center UG! Selamat!



Senbatsu



16. [Team J] Gabriela Margareth--NEW


Mata aku nyaris copot saking takjubnya ngeliat nama Gaby di layar. Gaby... Senbatsu... serius? Beneran? Waaah banget! Aku nggak nyangka Gaby bisa berakhir di Senbatsu, karena keliatannya fans-nya nggak terlalu menonjol. Pas nama-nama member yang menempati UG dipanggil pun Gaby keliatan udah hopeless (atau mungkin mata aku yang salah?) aja.


15. [Team J] Sendy Ariani--NEW


Sebenernya aku cukup pesimis pas beberapa fans berharap Sendy berhasil masuk Senbatsu, tapi ternyata bener-bener jadi kenyataan! Syukurlah~~


14. [Team J] Ayana Shahab--14


Di saat beberapa member lain yang tahun lalu berada di peringkat belasan kompak jatoh ke UG, Ayana berhasil bertahan tetap di peringkat yang sama. Butuh perjuangan untuk menaikkan peringkat, tapi butuh usaha yang nggak kalah gigih untuk bisa mempertahankan peringkat. Terlebih belakangan ini Ayana tersingkir dari Senbatsu. Selamat~


13. [Team J] Ghaida Farisya--9


Jumlah vote yang Ghaida dapet meningkat sekitar 30% dari tahun lalu, tapi jelas peningkatan ini nggak cukup untuk mempertahankan peringkatnya.


12. [Team J] Beby Chaesara--5


Kejatuhan Beby dari peringkat 5 ke 12 ini... tragis banget. Bukan apa-apa, karena dari Kami7 berakhir di baris terakhir Senbatsu itu dalam jangka waktu satu tahun itu belum pernah terjadi sebelumnya. Aku jadi penasaran deh, gimana jadinya ya posisi Beby setelah single ke-10 nanti?


11. [Team KIII] Riskha Fairunnisa--NEW


Ini bukan kali pertama aku denger sesuatu tentang Ikha dari Team KIII, tapi (jujur aja) ini adalah kali pertama aku bener-bener ngeliat yang mana orangnya. Anyway, selamat buat Ikha~


10. [Team J] Nabilah Ratna Ayu--6


Aku nggak kebayang gimana perasaannya Nabilah. Dia adalah salah satu member JKT paling populer, punya baaanyak penggemar, tapi ternyata popularitasnya sama sekali nggak berpengaruh nyata terhadap jumlah vote yang berhasil dia dapet. Mungkin karena kebanyakan fans-nya adalah casual fans yang nggak terlalu peduli sama Sousenkyo? Atau karena Nabilah nggak punya power voter? Tapi kalo jumlah peningkatan vote-nya terus nggak seimbang dengan rasio peningkatan vote keseluruhan, bisa-bisa tahun depan Nabilah berakhir di peringkat belasan atau malah jadi penjaga gerbang Senbatsu.


9. [Team KIII] Cindy Yuvia--12


Seneng deh ngeliat Yuvia berhasil melangkah sedikit demi sedikit menuju Kami7, dan meskipun keliatannya peningkatannya nggak terlalu luar biasa tetep aja dia berhasil melipatgandakan votes yang dia dapet! O-ye!! Semoga tahun depan Yuvia bisa men-tiga kali lipat-kan votes-nya dan berhasil tembus ke Kami7 ^^


8. [Team KIII] Priscillia Sari--NEW


Denger-denger dari sana-sini, fans berusaha ngasih posisi Senbatsu sebagai hadiah ulang tahun Sisil. Dan nggak sekedar Senbatsu, tapi posisi yang cuma satu peringkat di bawah Kami7. Oke banget deh fans-nya Sisil!


7. [Team KIII] Ratu Vienny--11


Sama kayak Yuvia, tahun ini pun Viny berhasil melipatgandakan votes-nya dan melaju menuju Kami7. Tahun lalu Viny berhasil dapet peringkat tertinggi di antara seluruh Team KIII, dan tahun ini pun bukan perkecualian. Apa tahun depan dia bisa bertahan?


6. [Team J] Shania Junianatha--4


Meskipun masih bertahan di Kami7, peringkat Shanju turun dari 4 ke 6. Bukan masalah besar sih, asalkan tahun depan Shanju nggak turun dua peringkat lagi--minimal bisa bertahan, deh.


5. [Team J] Devi Kinal--8


Kinal adalah salah satu member JKT yang populer, dan fans-nya pun punya kekuatan yang lumayan banget untuk menghadapi Sousenkyo kali ini. Dengan peningkatan votes sekitar 60%, Kinal pun berhasil maju ke Kami7.


4. [Team T] Andela Yuwono--NEW


Peringkatnya Andela ini bener-bener amazing, apalagi mengingat kenyataan kalo dia belum lama beredar di hadapan publik. Terlebih temen-temennya di Team T nggak ada satupun yang berhasil tembus Senbatsu. Terlebih karena center dan ace dari Team KIII sejauh ini belum ada yang bisa mencapai titik ini. Nggak tau sih yang membawa Andela sampe peringkat ini tuh Andela-oshi aja atau dibantu sama Team T-oshi juga, tapi pencapaiannya ini bener-bener luar biasa. Selamat, Andela!!

3. [Team J] Melody Nurramdhani--1


Kayaknya nggak ada yang nyangka seorang Melody bisa jatoh ke peringkat 3 gini. Jatoh ke peringkat 2, mungkin, tapi 3???
Aku nggak tau gimana perasaan fans-nya, karena entah kenapa aku ngerasa kalo ada bagian dari votes Melody yang dikasih buat Frieska. Nggak berarti semua votes-nya Frieska dateng dari fans Melody, tapi mungkin ada deh kontribusi sepersekiannya. Melody jelas nggak terlalu keberatan dengan hal ini, tapi bagi fans kan biasanya lain lagi ceritanya.


2. [Team J] Haruka Nakagawa--3


Harugon berhasil jadi runner up, sesuatu yang mungkin nggak akan pernah dia bayangkan akan dia dapet sebelumnya seandainya dia masih di AKB. Pertanyaannya, apa tahun depan dia bakal berhasil seenggaknya mempertahankan posisi ini? Hum hum...


1. [Team J] Jessica Veranda--2


Veranda nomor satu!!! Lalala~ persis seperti yang aku harapkan, tapi kupikir mustahil karena Melody masih 'terlalu kuat'. Tapi syukurlah akhirnya bisa jadi nyata, lalala~
Tentu aja ini jadi beban sendiri bagi Veranda, tapi semoga dia bisa bersinar sebagai center ^^


Kesimpulannya? 

Ada banyak drama di Sousenkyo kali ini, tapi justru itu kan yang bikin seru? Ada banyak 'Cinderella' kali ini, tapi apa mereka berhasil mempertahankan posisi mereka tahun depan? Atau posisi mereka tahun ini didapet karena keberuntungan?

Ada banyak member yang peringkatnya jatoh bruk gedebuk buk, apa fans mereka menyerah begitu aja atau malah tertantang untuk berjuang lebih keras? Gimana manajemen memperlakukan member langganan Senbatsu yang berakhir di Under Girls? Apa mereka akan tetap di Senbatsu untuk single ke-11 dan seterusnya, atau tergantikan?

Apakah Team T akan terus melampaui Team KIII?

Apakah Frieska bakal berhasil pake kostum yang sama dengan kakaknya, Melody?

Apakah fans Melody bisa mengembalikan favorit mereka sebagai #1?

Pertanyaan-pertanyaan itu cuma bisa dijawab tahun depan, tapi ada pertanyaan yang bisa dijawab akhir bulan ini; seberapa besar pengaruh Veranda di MV single ke-10 nanti? Apakah Harugon bakal dapet lebih banyak screentime dari Melody? Berapa detik screentime yang bakal Gaby dan Sendy dapet nanti?

Dan seterusnya, dan seterusnya.


Have a nice dream~

5 komentar:

  1. Ralat, tahun kemarin tim KIII yang peringkatnya tertinggi itu Yona, dengan peringkat 10, sedangkan Vieny peringkat 11. Kaget banget juga denger nama Yona dipanggil secepat itu, kirain dia bakal senbatsu lagi..
    Tapi sosenkyo tahun ini emang lebih banyak yang peringkatnya turun sih.. Jumlah votenya meningkat drastis soalnya, jadi untuk mempertahankan aja rasanya susah. Sempat dagdigdug juga oshi saya bakal keluar dari senbatsu, syukurlah ga :)

    Dan ternyata emang belum ada yang bisa menjadi center senbatsu sosenkyo selama dua tahun berturut-turut ya.. Kirain Melody akan bisa, ternyata ga juga. Ya gapapa sih, malah jadi seru lol Semoga Veranda bisa menjadi center yang kalah bersinar dari Melody..
    Jadi penasaran single ke-10nya apa ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh kurang ngetik, maksudnya yang ga kalah bersinar dari Melody.

      Hapus
    2. Aih, iya lupa gara-gara Yona jatohnya drastis banget. Kalo MV yang bocor dijadiin acuan, Veranda nggak kalah saing sama Melody sih, tapi kualitas MV-nya bikin aku jadi rada kasian sama Ve.

      Btw, oshimen-mu siapa emangnya? :3

      Hapus
    3. Dan lagu double center yang dijadikan single sosenkyo.. kasian fans Veranda dan Veranda nya sendiri. Padahal banyak lagu dengan single center tapi malah memilih lagu double center. Entah apa yang dipikirkan JOT..

      Oshimenku? Ghaida. Posisi dia mengkhawatirkan, tapi syukurlah masih di senbatsu :)

      Hapus
    4. Mungkin manajemen pilih pake double center sebagai antisipasi kalo-kalo Melody tersingkir dari #1, berhubung bisa jadi si member yang jadi #1-nya ternyata kurang familier di mata publik.

      Ghaida-oshi hebat deh, bisa mempertahankan Ghaida di Senbatsu meski peringkatnya harus turun--tapi berhubung dia bisa dibilang satu member yang (kayaknya sih) nggak terlalu diekspos, itu adalah prestasi yang oke! :D

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...