Rabu, 08 April 2015

JKT48 9th Single: Pareo wa Emerald (Pareo adalah Emerald) MV Review [and Comparison with SKE48's]

Hai, hai ~

Apa kamu udah ngeliat preliminary result dari Sousenkyo kedua JKT? Gimana perasaanmu pas tau gimana hasilnya? Di mana posisi sementara oshimen-mu?

Dari yang aku liat, kayaknya banyak yang sama sekali nggak puas dengan hasilnya bahkan beneran kecewa. Hei! Toh ini cuma preliminary, hasil akhirnya tentunya akan jauh beda dari ini. Anyway, supaya jadi agak seneng lagi (semoga), tada! Ini review Pareo wa Emerald Pareo adalah Emerald buat kamu semua~



Sejujurnya, aku sebel luar biasa sama fans JKT yang bilang kecewa karena kali ini JKT bakal bikin cover dari lagunya SKE, bukan AKB. Ampun. Cuma karena dibawain sama AKB nggak lantas lagu itu jadi bagus, kali. Huft. Bener-bener, deh.


Jadi, aku bener-bener nunggu MV-nya nongol, dan ini adalah satu dari sekian kasus langka di mana aku liat MV tanpa baca komentar tentang MV-nya dulu saking penasarannya. Sebenernya aku juga berapi-api buat nulis review-nya, tepat setelah aku selesai liat MV-nya, tapi sayang bawaan males lebih mendominasi dan akhirnya kamu baru bisa baca review-nya hari ini deh. Hehe, huhu ...




Translate-an lagu ini bagus, mending banget kalo dibanding yang sebelumnya, tapi bagian pemotongan katanya lebih dari cukup buat bikin alis mengkerut. Misal, 'evolu-si'. Dan beberapa lainnya, tapi aku nggak terlalu inget juga.


Seperti lagu summer sebelumnya, MV ini di-shoot di pantai. Dan seperti sebelumnya juga, MV ini bisa jadi lebih oke seandainya warnanya bisa lebih mencolok--warnanya masih terlalu muram untuk summer yang ceria.


Nggak ada yang sangat istimewa dari storyline MV ini--sekumpulan cewek main-main di pantai tapi ada satu orang yang cuma berdiri di pinggir ngambil foto temen-temennya yang lagi main, dan keliatan tersisih dari yang lainnya.


Pas dia lagi tenggelam dalam pikirannya sendiri, temen-temennya ngeliat foto-foto yang dia ambil sebelumnya--lalu dia diajak gabung deh. Fin. Begitu doang, simpel kan?


Tapi storyline jelas bukan poin paling penting dari MV ini, melainkan visual-nya. Nggak jadi soal gimana jalan ceritanya, toh yang ditonjolkan adalah 'betapa cute-nya member di MV ini'. Adekku yang kecil jadi bosen luar biasa pas lagi liat MV ini bareng, tapi aku sih seneng-seneng aja selama MV-nya enak diliat  xP


Kostumnya bagus, baik yang buat dance scene ataupun seragamnya. Dan kostum dance-nya pun bervariasi, wow! Pertama kali pas aku liat di live performance warna bajunya keliatan kurang mencolok, tapi entah kenapa pas di MV rasanya jadi match sempurna dengan latar dan sebagainya. Humm...


Kostum oke, tatanan rambut oke, dan make up sebagian besar member pun oke! Yah, menurutku make up-nya Naomi dan Rona keliatan rada minus, mungkin karena warna lipstik? Dan entah kenapa aku ngeliatnya kok wajah Rona jadi kayak keabu-abuan gitu, ya?


Salah satu bagian terbaik MV ini adalah setiap member menampilkan appeal mereka lewat beberapa detik solo shoot. Dan ini jadi bener-bener oke karena sekarang setiap member berhasil mempresentasikan diri mereka dengan baik, melalui ekspresi natural yang menonjolkan imej yang mereka bangun. Oh, bagian ini juga udah sukses buat bikin aku jadi tertarik buat nyari tau tentang Andela lebih lanjut :P


Aku sering denger kalo Yuvi itu kurang bagus sebagai center di performance, tapi mata aku bilang dia bakal bisa jadi oke banget sebagai center di MV yang cute. Di scene ini, aku bener-bener ngerasa kayak ngeliat Lemon jadinya (dan gerakan kepala Yuvi yang cepet sama sekali nggak membantu bikin ilusi itu ilang).


Dan Veranda pun rasanya makin lama makin memancarkan Yuki-vibe. Ini cuma aku doang, atau ada yang ngeliat hal in juga?


Nggak ada poin negatif dari MV ini kecuali dance-nya--tepatnya dance-nya Melody. Di awal dia keliatan agak bingung, entah karena ekspresinya atau gerakan tangannya yang keliatan rada awkward. Di beberapa bagian dia kayak kurang greget di bagian yang seharusnya penuh energi, dan melimpahkan terlalu banyak energi di saat yang seharusnya dibawakan dengan lebih santai. Intinya, timing-nya nggak oke. Tentu aja, kenyataan kalo memori tentang center performance Pareo wa Emerald sebelumnya adalah Jurina atau WMatsui atau Yuko sama sekali nggak membantu.


Waktunya untuk perbandingan! Apa kamu siap?
  • Storyline : Baik versi SKE ataupun JKT sebenernya sama aja simpelnya, tapi versi SKE melibatkan beragam aktivitas yang bikin setiap member jadi punya masing-masing cerita. Untuk poin ini, SKE > JKT.
  • Screentime : JKT menampilkan terlalu banyak Melody (nggak kayak ini hal yang luar biasa juga, sih), sementara SKE menampilkan terlalu banyak Rena (walaupun center sebenernya itu Jurina). Positifnya, setiap member dapet cukup screentime di versi JKT, sementara di versi SKE sebagian besar member (termasuk Jurina) cuma kayak jadi figuran di drama aja. Jadi, dalam hal ini JKT >>> SKE.
  • Dance : Lepas dari gimana member di belakang, yang paling jelas keliatan dance-nya adalah frontgirls terutama center. Dan kalo membandingkan antara dance-nya center SKE vs JKT, berarti Jurina vs Melody. Uhm, tentu aja SKE >> JKT.
  • Kostum : Aku sukaaa banget kostumnya Jurina-Rena di MV. Modelnya bagus, warnanya bener-bener cantik--tapi sama sekali bukan fan dari bikini dan pareo yang dipake beberapa member lainnya. Nggak ada kostum member JKT yang aku suka nget-nget di MV ini, tapi seenggaknya semuanya 'aman' diliat di hadapan publik. Jadi, kali ini JKT > SKE.
  • Visual : Ehm, seperti dahulu, versi JKT terlalu suram sedangkan versi SKE cerah ceria--belum lagi lautnya cantik luar biasa. Jadi, yah... SKE > JKT.



Tentu aja ini semua cuma pendapat aku doang. Udah berusaha buat jadi super adil sih, tapi mungkin masih ada kandungan bias di mana-mana.

Jadi, gimana pendapatmu? :3

6 komentar:

  1. kalo ngelihat tali ayunannya,berasa biasa bgt.. cuma tali buat angon wedus yg dikasih kain... coba aja ada variasi :3


    ah,paling ntar yg menag SSK kalo gk melody atau member mainstream..

    BalasHapus
  2. Maslaah buat warna yang kurang cerah setuju banget, kenapa ya JOT teh ;w; . . .
    Memang sih warna baju nya jadi soft dan enak dipandang tapi suasanya itu loh . . .
    Seneng pas bagian kamera berpindah cepat dari sisi kanan, jadi sisi kiri,lupa detik ke berapa . . .
    Terus feel absurd itu waktu Beby keliatan kepalanya cuma setengah, itu sengaja atau gimana sih . . .
    asa kagok

    Masalah Yupi si ace KIII, secara skill dance menurutku dia keren ko.. Tapi iya sih auranya kebih cocok jadi center lagu yg cute, sedangkan Melody punya aura sendiri . . .

    Terus waktu di akhir member muter Dhike entah kenapa tangannya ga keliatan gerak atau gimana ya . . .entahlah . . .

    Untuk SSK hasil sementara kemarin cukup mengejutkan sih, apalagi sekarang melody punya ANTI kaya jaman Acchan di 2nd SSK AKB. . . Fokus Melodi-oshi juga jadi terpecah karena ingin Frieska juga berdampingan dengan kakaknya

    Yaa ini lebih bagus lah daripada Furage . .
    Udah mah MV nya telat keluar translate nya absurd lagi . . .

    BalasHapus
  3. Tuttu san bikin review MV yg NyaaKB with Tsuchinoko Panda dooong ~~
    Idol wa apa sih lupa judulnya jiahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf yaa nggak kesampean bikin review MV-nya. Beberapa bulan belakangan ini lagi rada sibuk sih gara-gara anak sekolah udah mau ujian, huhu ...

      Hapus
  4. wah baru baca review pareo adalah bacan. MV-nya bagus kok menurut saya, memanjakan mata. tapi saya harus bilang setuju 100% sama tuttu chan, kecuali saya tidak suka SNH hehe.
    yap bandingin jurina sama melody emang waduh susah. Jurina sama Beby masih masuk deh. Kelasnya jurina tuh cuman dikit yang bisa nyamain, kalo yang idol lokal cuma beby doang menurut saya, dan kalo yang AKB blom ikutin semua sih tapi menurut saya tano yuka sama yamamoto sayaka paling oke kalo urusan dance

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...