Minggu, 01 Desember 2013

SKE48 Election 2012-2013

Buat yang hobi ngikutin hasil Senbatsu Sousenkyo tiap taunnya, mungkin udah familier dengan kabar SKE’s breakthrough taun 2013 ini. Dari 64 peringkat, member AKB menduduki 30 peringkat dan member SKE menduduki 17 peringkat—lebih dari setengahnya.

Perbedaan utama dari Sousenkyo taun 2012 sama taun 2013 adalah sistemnya. Taun 2012, semua member 48 berpartisipasi, sementara di taun 2013 ini cuma member  yang mau doang yang ikutan. Nggak sedikit juga member yang milih untuk nggak ikut berpartisipasi dalam Sousenkyo 2013 ini, karena berbagai alasan.

2012
2013
Matsui Jurina
Matsui Jurina
Matsui Rena
Matsui Rena

Suda Akari
Takayanagi Akane
Shibata Aya
Hata Sawako
Kizaki Yuria
Oya Masana
Takayanagi Akane
Yagami Kumi
Matsumura Kaori
Suda Akari
Furukawa Airi
Furukawa Airi
Oya Masana
Kizaki Yuria
Kimoto Kanon
Ogiso Shiori

Matsumura Kaori
Umemoto Madoka
Mukaida Manatsu
Matsumoto Rina

Saito Makiko

Kobayashi Ami
Kimoto Kanon
Isohara Kyoka
Yakata Miki
Kaneko Shiori
Nakanishi Yuka
Nakanishi Yuka


Di taun 2012, seperti biasa cuma WMatsui, Jurina dan Rena yang berhasil tembus sebagai member Senbatsu. Tapi, di taun 2013, Suda Akari pun berhasil tembus walaupun di posisi tanduk—16. Ajaibnya, Akarin ini bukan termasuk front girls dan nggak terlalu di-push kalo di SKE sendiri. Meski begitu, sebagai fisher terbaik di SKE, dia berhasil membuktikan diri. Kerja keras emang bakal terbayar, ya?

Di taun 2012, ada 8 member yang berhasil jadi Under Girls. Yup, tepat setengahnya, sementara member AKB sendiri cuma ada 6 orang. Meski begitu, tiga dari mereka (Sawako, Kumi, dan Ogiso) udah graduate menjelang Sousenkyo 2013. Kemungkinan besar, vote penggemar mereka ini yang jadi salah satu pendongkrak bagi masuknya member yang awalnya nggak terlalu nongol di SKE ke dalam peringkat Sousenkyo 2013 ini. Alhasil, Shibata Aya yang sebelumnya belum pernah ke-rank berhasil jadi center Under Girls dan Kaotan pun meningkat dari posisi sebelumnya sebagai Future Girls.

Di taun 2012, ada Kaotan dan Manatsu sebagai member Next Girls. Tapi, di taun 2013, Manatsu nggak berpartisipasi dan Kaotan naik jadi Under Girls. Tapi, ada 4 member yang menggantikan posisi mereka ini. Jujur aja, aku nggak begitu tau tentang mereka ini (kecuali Matsurina) karena mereka bukan termasuk member yang tampil di single-MV.

Terakhir, Future Girls. Di taun 2012 dan 2013, sama-sama ada 3 member yang menduduki posisi ini. Yang beda adalah siapa aja membernya. Di taun 2012, Kanon ada di sini, tapi dia melesat ke Under Girls di taun 2013. Yakata Miki juga nggak ada di taun 2013, entah karena dia nggak ke-rank atau dia nggak berpartisipasi. Sebagai gantinya, ada Isohara Kyoka dan Kaneko Shiori yang baru ke-rank taun ini juga. Dan Nakanishi Yuka, meskipun di ujung tanduk (peringkat 64), berhasil membuktikan kalo dia ke-rank di taun sebelumnya bukan karena kebetulan doang.

Banyak banget orang yang nggak suka dengan banyaknya member SKE yang dapet ranking dalam Sousenkyo ini, sementara member AKB sendiri enggak. Apapun yang mereka pikirin, justru hal kayak begini kan, yang bikin Sousenkyo itu seru dan menarik perhatian publik? Malahan ‘peristiwa’ SKE’s breakthrough ini berhasil jadi headline di media Jepang sana. Kalo cuma peringkat AKB doang, si ini dan si anu naik-turun peringkatnya, nggak akan kontroversial begini lah jadinya.

Emang kasian sih member AKB-nya, tapi, gimanapun, pusat dari Jepang itu adalah Tokyo. Hal yang sama berlaku buat industri hiburan. Sister groups nggak akan bener-bener dikenal, cuma dianggap sebagai bagian dari AKB sama publik ketika mereka nggak bisa menampilkan grup mereka di Tokyo. 

Para member dari sister groups sendiri suka minder kalo harus berhadapan sama member AKB. “Kita kan cuma SKE/NMB/HKT, mereka itu AKB.” Dan mereka jadi diem. Padahal, kalo dari segi skill atau apa, mereka sama sekali nggak kalah. Jadi, salah satu cara terbaik untuk ‘ngebawa grup’ adalah saat mereka berhasil jadi member Senbatsu di AKB. Mereka bisa menjadi diri sendiri dan sekaligus menarik perhatian publik. Karya mereka bisa diakui lebih baik, dan mereka nggak lagi sekedar jadi ‘kopian AKB’.



4 komentar:

  1. Kalaupun ada member sister grup di single senbatsu sousenkyou mah ga apa2. Tapi, sekarang hampir semua senbatsu dari single AKB ada member dari sister grup, itu ga adil banget. Kasian kan member2 yg ga dipush sama menejemen atau member2 tua yg udh bangkotan buat bisa masuk senbatsu yg mungkin masih bertahan sampe sekarang. Ini opini gue aja sih. Semoga Aki-P bisa ngerti deh hal2 kaya gini. Dan lagi, pemilihan member tiap team di AKB sekarang sangat ga imbang. Team K bener2 ancur, fix. Member2 jagoannya dari team kennin. Huft

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo tentang Team K aku setuju.

      Tapi kalo dipikir-pikir, sebenernya sama aja sih. Member AKB yang dapet concurrent di sister group biasanya dapet posisi yang lumayan oke meskipun mereka bahkan nggak pernah masuk Senbatsu di AKB.

      Mengenai Senbatsu yang 'mengandung' member dari sister group, menurut aku sih itu nggak masalah juga karena toh sales-nya AKB sekarang bener-bener ditopang sama keberadaan sister group. Member yang populer udah pada pergi (Acchan, Yuko, Mariko-sama, dll) dan new generation-nya masih belum bisa menggantikan posisi mereka di mata publik. Ketimbang nama AKB jadi jatoh (mengingat sekarang aja udah goyang-goyang) mending 'diselamatkan' sama sister groups, mungkin begitu yang dipikirkan sama manajemen. Bagaimanapun, 48G itu kan bisnis, dan di grup sebesar itu tentu aja yang lebih populer-lah yang bakal menghasilkan lebih banyak uang--dan yang menghasilkan lebih banyak uang bakal lebih dipilih buat di-push walaupun dengan 'mengorbankan' member AKB asli. Tapi tentu aja ini cuma pendapat aku ^^

      Hapus
    2. Emang sih ningkatin penjualan, tapi masih mayan banyak member2 famous (Mayuyu, Takamina, Harunyan, Yukirin, Miichan, dll) walaupun si Yukirin kayanya udh ga bener2 dipush sekarang gara2 concurrent di NMB. Kalo misalnya masih ada Erepyon, ah sayang sekali dia udh graduate. Emang dasarnya keperluan bisnis sih yaw hehe. tapi member2 baru kaya Meru sama Mio tuh sebenernya rada ga sudi aja, di HKT mereka bisa jadi center padahal si Haruppi sama Sakura yg gen 1 aja kaga pernah ngerasain itu. kasian jadinya member2 lama harus ketutup sama member baru. *ganyambung

      Hapus
    3. Yah, ngeliat Haruppi aku nggak bisa nggak bersimpati *melanjutkan ke-nggak-nyambungan :P
      Pas masih jadi center popularitasnya kalah telak dari Sakura, pas 2nd gen dateng dia malah digeser ke samping. Haruppi tuh center paling tragis seantero 48G kayaknya -,-

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...