Minggu, 14 Juni 2015

JKT48 10th Single: Kibouteki Refrain (Refrain Penuh Harapan) MV Review [and Comparison with AKB48's]

Sejujur-jujurnya jujur, aku nyaris lupa kalo JKT belum lama ini ngerilis single baru. Yah, gimana mau nggak lupa, dengan adanya Sousenkyo AKB, Rena graduate, mini-shuffle di JKT, rilisnya single Jepang baru GOT7 dan BTS, bakal single Nogizaka46, SKE48, dan NMB48, dan sebagainya dan sebagainya.

Berhubung sekarang aku baru inget lagi, mending cepet ditulis deh review-nya daripada keburu lupa lagi. Tadaa, ayo kita segera bahas tentang Refrain Penuh Harapan. Syub syub~



Single ini dirilis sangat cepet, cuma sekitar sebulan (atau mungkin kurang?) dari pengumuman Sousenkyo-nya JKT. Tentu aja tujuannya supaya hype-nya nggak keburu padam.




MV ini diawali dengan pemandangan Veranda yang lagi ngegambar sesuatu. Sesuatu itu ternyata adalah satu set kostum, lengkap dengan warna dan perniknya.


Nah, member yang ngeliat gambar yang dibuat sama Veranda pun bekerja sama untuk membuat kostum impian Veranda terwujud. Mulai dari motong-motong kain sampe finishing-nya.


Aih~ temeen-temen udah baik banget deh mau bikinin kostum itu. Veranda seneng banget jadinya. Lalala~

Yep, bener banget. Cukup segitu aja inti ceritanya mah.


Jujur aja, storyline MV ini lemah luar biasa. Eksekusinya pun bikin MV terkesan rada mellow--sama sekali nggak terasa sesuai dengan tempo lagunya yang cepet dan terkesan menyenangkan.


Ada fans yang beranggapan kalo scene ini, saat Melody menyodorkan kostum yang udah dibikin bareng-bareng ke Veranda, punya makna dalem banget. Ngerti sih, kalo ini jadi mengisyaratkan peralihan posisi center dari Melody ke Veranda, tapi ya cuma itu aja. Nggak lebih dan nggak kurang.


Kostumnya lumayan. Bukan tipe yang aku suka, tapi jelas nggak jelek. Sayangnya, antara pasukan kostum biru (yang dipimpin Veranda) dan pasukan kostum merah (yang diketuai Haruka) agak terlalu mencolok bedanya. Yang biru terkesan penuh dan agak glamor, sementara yang merah terkesan agak terlalu biasa kalau dibandingkan dengan yang biru. Entah ini karena pengaruh warna, atau karena perbedaan jumlah aksesorinya, atau karena wcenter-nya aja. Maksudnya?


Latar di solo shoot-nya keliatan, eh, cheap, dan rasanya udah pernah dipake sebelumnya sama JKT--kalau nggak salah inget sih di KFC. Dan latar model begini juga udah pernah dipake berjuta-juta kali di berbagai MV jadinya terasa nggak oke aja. Warna latar yang biru pun sama sekali nggak bikin visual MV terlihat lebih baik.


Di MV ini, terutama di group shoot, berasa banget bedanya antara member yang jadi langganan Senbatsu sama yang belum pernah jadi Senbatsu. Aku nggak akan nyebut nama, tapi ada member yang setahu aku belum pernah tampil di MV sebelumnya, dan di banyak shoot ekspresinya keliatan blank banget--matanya pun keliatan nggak fokus ke kamera. Jauh beda sama langganan Senbatsu yang udah terbiasa dengan kamera jadinya keliatan ekspresif banget--appeal-nya pun terlihat wajar. Yah, semoga mereka bisa jadi lebih baik seiring berjalannya waktu, deh.


Beberapa fans bilang kalo Ghaida di MV ini keliatan kayak ex member AKB, Mariko. Jujur aja, aku sedikit pun nggak liat di mana letak kemiripannya. Potongan rambut, raut wajah, aura, nggak mirip tuh. Tapi mungkin aku nggak liat karena terbiasa liat Nanamin-nya Nogizaka46, yang jauh lebih mirip Mariko dalam berbagai hal :P


Dance-nya cukup bagus. Nggak sinkron banget juga, tapi lumayan deh kalo mengingat semuanya dipersiapkan dalam waktu yang teramat mepet.
Screentime-nya juga terbagi dengan cukup rata, walaupun tentu aja beberapa frontgirls terutama Veranda dapet ekstra. Ada member dengan peringkat lebih tinggi dapet screentime agak lebih sedikit dari member yang peringkatnya lebih rendah sih, tapi itu udah wajar terjadi dalam setiap MV hasil Sousenkyo kok--jadi sama sekali nggak ada yang luar biasa.


Salah satu hal paling minus yang terjadi adalah kenyataan kalo lagu ini menggunakan double center. Nggak, aku nggak akan ngebahas tentang kekecewaan fans-nya Veranda atau apa. Tapi, yah, coba aja liat gambar di atas.

Veranda dan Haruka sebenernya sama sekali nggak kompatibel buat dipadukan untuk jadi wcenter. Salah satu alasan paling nyata (menurut aku sih) adalah tinggi berikut figur mereka yang sangat timpang. Terlebih dengan kostum Veranda yang terkesan lebih mewah dan menggunakan topi bikin dia keliatan jadi lebih tinggi, sementara hiasan rambut Haruka sama sekali biasa dan kostumnya pun nggak mendukung figurnya. Semuanya jadi tambah nggak enak diliat waktu kamera tiba-tiba fokus ke Veranda mengabaikan Haruka di sebelahnya.

Aku tau, banyak fans, nggak cuma fans Veranda aja seneng dengan banyaknya screentime yang Veranda dapet. Tapi kalo formasinya emang menggunakan wcenter, sebaiknya bikin kedua center itu keliatan lebih setara--bukan malah sengaja dibikin timpang begitu. Hasilnya jadi malah merusak harmoni keseluruhan, deh.


Nah, sekarang bagian perbandingan dengan AKB ...

  • Storyline. Kalo di versi AKB, jalan ceritanya baru bisa dimengerti kalau kamu tau 'sejarah' AKB (berhubung yang keliatan di MV cuma kejar-kejaran doang). Kalo versi JKT sih terpampang jelas di depan mata, tapi nggak pas sama tempo lagunya. Bagi aku sih, untuk kategori ini AKB > JKT.
  • ScreentimeBerhubung versi AKB menitikberatkan pada hal peralihan center (yang sebagian besar udah graduate), sebagian besar Senbatsu cuma dapet sepersekian detik screentime doang--dan sebagian besar malah nyaris nggak keliatan. Jadi dalam hal ini JKT >> AKB.
  • Kostum. Sebenernya sih aku nggak suka-suka amat baik sama kostum versi AKB ataupun JKT. Tapi berhubung kostum Mayu-Sakura terlihat lebih seimbang daripada Veranda-Haruka, jadinya bisa dibilang AKB >= JKT (baca: lebih dari sama dengan).
  • WCenter. Seperti pernyataan aku sebelumnya, Veranda-Haruka sama sekali bukan pilihan yang tepat buat jadi wcenter. Kalo Mayu dan Sakura? Tingginya nyaris sama, struktur wajah pun ada mirip-miripnya. Level performance-nya pun nggak terlalu jauh berbeda. Untuk hal ini, jelas AKB >> >JKT.


  • Visual. Baik versi JKT ataupun AKB sebenernya sama-sama muram MV-nya, dan nggak sesuai banget sama lagunya yang cerah ceria. Dan dua-duanya pun termasuk dalam deretan MV yang nggak akan aku liat ulang dalam waktu dekat. Jadi... AKB = JKT aja deh.


Hmm... gimana pendapatmu tentang MV ini? :D

8 komentar:

  1. Review pv nya blue sky blue nya flower dong,, keren banget lagunyaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tuh, MV-nya juga cantik bangettt.

      Tapi kayaknya nggak sempet deh, banyak idol favorit aku yang dalam waktu dekat ini bakal rilis single/mini album/album baru, jadi kayaknya aku alamat terlalu sibuk jadi fangirl yang baik--plus besok udah Ramadhan pula :3

      Hapus
  2. Gak sekalian review yang MV Boku Dake no Value, katanya lebih mendingan daripada yg MV Kibouteki :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hooh emang bener-bener lebih daripada Kibouteki Refrain sebenernya... tapi kayaknya udah banyak review tentang itu yang nongol juga (sekilas pandang dari Google, sih) jadinya males deh, hehe ^^

      Hapus
  3. Mnurut saya,versi akb menang telak dibnding versi jkt dri sgla aspek.adlh aspek utma yaitu keterkaitan lgu dan pv.mngutip dri ap yg dibilang admin di poin screentime,jelas dong jkt lbih unggul kan sdh shrusnya mrka mnpilkan member senbatsu lbih bnyak krna single ini dri SSK.sdngkn akb lbih mnitikberatkan pda mksud dan tujuan dri lgu ini yaitu peralihan center mmnuhi hrpan dri center sblumnya agr jdi lbih baik.jdi ksimpulan akb lbih dpt mksud fan tujuan dri pv nya.
    support 48 group.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...